3 Alasan Firefox Quantum Layak Menjadi Browser Terbaik Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu aplikasi browser Android yang digadang-gadang menjadi aplikasi browser Android terbaik, aplikasi tersebut adalah Mozilla Firefox Quantum.

Saat membahas masalah browser, nama Mozilla Firefox pasti muncul nomor satu. Hal ini memang wajar karena Firefox sudah menjadi browser paling populer dan paling banyak digunakan, bersanding dengan Google Chrome. Performa yang apik didukung dengan ribuan ekstensi yang menarik menjadi daya tarik kuat untuk aplikasi ini. Tapi yang namanya ciptaan manusia selain memiliki kelebihan juga tidak lepas dari kekurangan. Salah satu kelemahan besar dari Mozilla Firefox yang masih membayanginya yaitu masalah kecepatan. Dari kekurangan tersebut akhitnya pihak perusahaan Mozilla mengrluarkan browser Firefox Quantum yang bisa menambal kekurangan tersebut.

Firefox Quantum terdiri dari beberapa komponen yang mengoptimalkan engine rendering Gecko untuk kecepatan dan performa yang lebih baik. Bila agan menggabungkan fitur kecepatan yang ditingkatkan dan kelengkapan fitur ekstensi maka tidak diragukan lagi browser ini akan menjadi browser paling baik.


Alasan Firefox Quantum Layak Menjadi Browser Terbaik Android



1. Peningkatan Kinerja


Firefox Quantum menerapkan sejumlah perubahan yang berfokus pada peningkatan kinerja secara keseluruhan. Ini termasuk dukungan CPU multi-core yang lebih baik, penggunaan memori lebih rendah, dan antarmuka yang lebih cepat. Pembaruan secara berkala akan menggabungkan mesin rendering Servo dan memperbaiki kinerja browser.

Photon UI adalah antarmuka yang ditingkatkan yang memperbaiki tampilan browser dan membuat semuanya menjadi lebih baik daripada browser biasa umumnya. Dengan Foton, navigasi di seluruh menu dan tab jauh lebih baik daripada dengan UI lama.

Perubahan yang dibawa ke Firefox untuk Android telah membuat dampak positif yang signifikan terhadap keseluruhan kinerja. Agan perlu menunggu update engine Servo dalam beberapa bulan kedepan untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat dari Chrome, namun dalam keadaan saat ini, Firefox Quantum menawarkan kinerja kompetitif yang bisa dinikmati para penggunanya.


2. Fitur Ad Blocking dan Keamanan Privasi


Firefox adalah browser open-source dengan prioritas tinggi untuk masalah privasi. Pelindung pelacakan dibuat untuk melindungi pengguna dari perusahaan yang menggunakan pelacak untuk mengumpulkan informasi tentang kebiasaan browsing. Firefox juga memungkinkan agan untuk secara otomatis menghapus riwayat penjelajahan dan data pribadi agan setiap kali keluar dari browser.

Fitur guest session memungkinkan agan meminjamkan smartphone ke seseorang tanpa mereka memiliki akses ke info login yang tersimpan atau dapat melihat riwayat penjelajahan aga . Ini juga akan menyimpan data penjelajahan yang dikumpulkan dari penyimpanan data penjelajahan agan sendiri. Data penjelajahan guest dihapus secara otomatis saat keluar.

Namun, keunggulan utama Firefox di bidang privasi dan keamanan berasal dari penggunaan ekstensi. Ekstensi seperti aplikasi mini yang dapat ditambahkan ke browser agan untuk mengubah fungsinya, dan fitur tersebut dapat ditemukan di menu "Add-on". Beberapa ekstensi terbaik lainnya yang tersedia adalah pemblokir iklan. Pengguna dapat memilih dari berbagai ekstensi pencekalan iklan yang tidak hanya menghapus iklan pengganggu namun juga melindungi pengguna dari kerentanan yang terkait dengan adware.

Ada juga seluruh kategori yang didedikasikan untuk privasi yang mencakup banyak nama populer dan tepercaya. Beberapa contohnya adalah HTTPS Everywhere, Disconnect, dan LastPass Password Manager. Namun, Firefox memiliki lebih banyak lagi selain ekstensi yang telah saya sebutkan sebelumnya.



3. Ekstensi dan Tema


Ekstensi Firefox jauh lebih banyak daripada alat privasi. Pengguna dapat menemukan berbagai program yang akan meningkatkan pengalaman penjelajahan mereka (fitur bookmark yang lebih baik, pembaca RSS, dan pengaya antivirus hanyalah beberapa contoh fitur yang dapat ditambahkan pengguna ke Firefox). Meskipun banyak ekstensi yang tersedia untuk browser versi desktop, fitur ekstensi ini sudah sangat bagus untuk Android dan hanya segelintir browser yang memiliki fitur ini. Faktanya tidak ada browser lain di Play Store yang menawarkan koleksi ekstensi yang besar seperti Firefox.

Tema adalah kategori pengaya lain yang membuat Firefox banyak diminati. Tema dibuat oleh pengguna dan akan mengubah elemen antarmuka pengguna, termasuk laman alamat dan tampilan awal. Tema memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan browser mereka dan mengubah tampilan defaultnya, yang terkadang tidak terlalu pas dengan selera penggunanya.




Itulah beberapa keunggulan browser Mozilla Firefox Quantum yang membuatnya layak disebut sebagai aplikasi browser terbaik pada smartphone Android. Jika agan ingin menggunakannya, silahkan download melalui salah satu link dibawah ini.




Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....