U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara untuk melakukan download cepat di browser Google Chrome dengan paralel download seperti IDM namun tanpa menggunakan IDM.

Fitur baru yang akan hadir di Google Chrome akan sangat berguna bagi banyak pengguna yaitu dukungan untuk download paralel. Jika agan telah lama menjadi pengguna perangkat lunak bernama Internet Download Manager (IDM), agan mungkin sudah bisa mengetahui tentang download paralelnya. Download paralel berarti Google Chrome dapat membuat beberapa koneksi untuk mendownload satu file di beberapa bagian. Ini dapat meningkatkan kecepatan download secara keseluruhan bila dibandingkan dengan cara download reguler.



Seperti yang dilansir oleh XDA, download paralel di Google Chrome dapat diaktifkan dengan mengaktifkan flag di Chrome. Namun, fitur ini saat ini baru tersedia untuk pengujian di Chrome Dev, Canary, dan juga di Chrome Beta build. Flag Chrome pertama kali ditambahkan sekitar tiga bulan yang lalu, dan saat itu masih dalam perbaikan sana sini.

Fitur flag download paralel Chrome tersedia untuk Android, Windows, macos, Linux, dan Chrome OS. Di Android, tiga threed download paralel bisa dikerjakan untuk download file saat fitur paralel download diaktifkan.


Cara Mengaktifkan Fitur Flag Paralel Download Chrome Di Android


Pastikan perangkat Android agan sudah menjalankan Chrome Canary atau Dev terbaru. Jika belum silahkan download melalui link dibawah ini.




Setelah terinstal, agan hanya perlu mengaktifkan flag Chrome "chrome-parallel-download" untuk membuat fitur ini berfungsi. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka halaman "chrome: // flags".
2. Pada halaman flag Chrome, ketik "parallel" di kotak pencarian untuk menampilkan flag yang disebut parallel downloading.
3. Ketuk Default dan pilih opsi Enable dari menu drop-down.
4. Silakan restart aplikasi Chrome untuk menerapkan perubahan pengaturan.

Sekarang, download paralel diaktifkan. Agan dapat melakukan haly ang sama di Chrome stable saat Chrome 64 sudah hadir. Fitur ini bekerja untuk setiap download yang melebihi durasi 2 detik. Jadi, dalam kehidupan nyata, penerapanya mungkin tidak berlaku untuk file-file ukuran kecil. Tapi agan akan melihat perbedaannya saat mendownload file berukuran besar seperti software, film, audio, dan sebagainya.

Itulah tutorial dan pembahasan singkat mengenai fitur baru, paralel download yang dihadirkan oleh Google Chrome.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...