Friday, 22 December 2017

Cara Mencegah Mata Tegang Karena Radiasi Layar Smartphone Dan Komputer Malam




Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk mencegah mata kita sakit karena terkena radiasi sinar layar smartphone dan komputer.

Jika pembahasan kali ini saya kasih judul Cara Mencegah Mata Tegang Karena Radiasi Layar Smartphone Dan Komputer Malam sebenarnya terlalu panjang nggak sih? 😂 Soalnya saya agak bingung ngasih judulnya.
Ah sudah lah, kita lanjut saja pembahasanya biar cepat selesai dan tidak terlalu pangjang. 😂

Layar pada smartphone dan komputer sebenarnya dirancang untuk meniru spektrum cahaya matahari agar nyaman digunakan di siang hari. Tapi setelah matahari terbenam, hal  ini akan membuat mata agan merasa mudah lelah, terutama jika lingkungan tempat agan jauh lebih redup daripada kecerahan layar smartphone atau komputer agan. Dalam jangka panjang, paparan sinar terang yang secara terus menerus menghantam mata agan di malam hari dapat mengurangi kemampuan mereka untuk berfungsi secara normal.

Agan bisa mencegah hal ini dengan mengurangi kecerahan layar, melembutkan cahaya layar, dan meningkatkan kecerahan ruangan. Hal-hal sederhana seperti itu bisa mengurangi rasio kontras antara lingkungan agan dan layar.

Dan ternyata paparan cahaya dari display layar smartphone dan komputer sendiri akan meningkatkan risiko agan mengalami gangguan tidur karena menggeser ritme alami tubuh. Atau dengan uraian yang lebih sederhana, beraktifitas dengan smartphone dan komputer di malam hari akan mengurangi kemampuan agan untuk tidur nyenyak, dan mengacaukan jam alami tubuh.

Tubuh manusia menghasilkan hormon tidur yang disebut melatonin. Bagian gelombang pendek dari sinar matahari (di sekitar spektrum biru) menekan produksi hormon ini. Itu sebabnya kita lebih waspada dan terjaga di siang hari. Karena cahaya dari layar gadget agan dirancang untuk meniru sinar matahari, itu juga memiliki efek serupa sampai tingkat tertentu.

Mencegah Radiasi Layar Komputer Dan Smartphone by Nagisa
[Foto: Nagisa]

Cara Mengurangi Resiko Mata Tegang Karena Paparan Sinar Layar Smartphone Dan Komputer Pada Malam Hari


1. Mengurangi Kecerahan Layar


Solusi yang paling jelas adalah mengurangi kecerahan layar smartphone dan komputer agan ke tingkat yang tidak melukai mata. Hampir setiap perangkat modern dengan layar mempunyai fitur penyesuaian kecerahan layar. Beberapa diantaranya memiliki tombol khusus untuk melakukannya, tetapi beberapa yang lain bergantung pada perangkat lunak.

Jika agan menggunakan Mac, agan bisa mengurangi kecerahan layar lebih rendah dari tingkat minimum standar. Dengan menggunakan kombinasi Shift + Option + F1/F2, agan dapat meningkatkan atau mengurangi kecerahan layar. Dengan cara ini agan bisa mengatur dari 1 sampai 3/4, lalu 1/2, dan kemudian 1/4 tingkat kecerahan layar sebelum mencapai tingkat kegelapan total 0.


2. Menggunakan Mode Malam


Ada beberapa aplikasi baik untuk smartphone atau komputer yang memiliki fitur Mode Malam. Biasanya, mereka adalah aplikasi yang tidak terlalu bergantung pada grafis berwarna, seperti editor teks atau browser. Ada beberapa variasi fitur, namun umumnya akan membalikkan warna dominan. Latar belakang aplikasi akan menggunakan warna yang lebih gelap dari latar depan, misalnya teks putih dengan warna latar belakang hitam.

Dengan menyalakan mode malam, mata agan akan mendapatkan paparan cahaya yang jauh lebih sedikit dari mode normal, dan agan dapat beraktifitas dengan lebih nyaman. Sayangnya, mode tidak selalu tersedia di semua aplikasi.


3. Menggunakan Aplikasi Khusus


Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi, penyebab utama dari mata lelah dan tegang adalah spektrum biru pada warna sinar layar. Jadi sederhananya kita bisa menyelesaikan permasalahanya dengan menghilangkan spektrum warna biru. Hal ini akan membuat layar agan terlihat lebih hangat dan kemerahan, sehingga lebih ramah di mata. Beberapa aplikasi menggunakan prinsip ini untuk membantu mengurangi ketegangan mata dan menjaga jam tubuh agan. Aplikasi tersebut antara lain:


f.lux (MAC, Windows, Linux, iOS, Android)


Aplikasi ini mungkin salah satu yang paling populer. Aplikasi ini dikembangkan oleh dua mantan karyawan Google Michael dan Lorna Herf. Awalnya, pasangan suami istri ini mulai membangun aplikasi dengan alasan yang berbeda. Mereka berdua menyadari bahwa cahaya dari perangkat mereka di malam hari memberikan tampilan kurang nyanan. Jadi mereka mengerjakan solusinya untuk mengurangi warna biru, meninggalkan warna merah, dan membuat tampilan terlihat lebih baik dan lebih alami di malam hari. Dari latar belakang itulah f.lux lahir.

Selama ini, f.lux berevolusi dari rancangan sederhana yang bersember dari layar biru, menjadi aplikasi yang akan disinkronkan dengan terbit dan terbenamnya sinar matahari berdasarkan letak geografis penggunanya. Secara perlahan akan menyesuaikan warna layar agan agar lebih nyaman di mata sesuai waktu.

Setelah instalasi, f.lux akan meminta agan untuk memilih skema warna dan waktu bangun agan. Kemudian agan dapat mengatur aplikasi untuk menentukan lokasi agan secara otomatis, atau agan dapat mencarinya secara manual. f.lux akan melakukan tugasnya secara otomatis dari latar belakang.

Aplikasi ini gratis dan tersedia untuk Mac, Windows, Linux, perangkat iOS yang sudah di jailbreak, dan perangkat Android di root.




Red Shift (Linux dan Windows)


Red Shift adalah alternatif open source untuk f.lux. Pihak pengembang mengakui bahwa aplikasi tersebut terinspirasi oleh f.lux, namun dia ingin membuat versinya karena merasa tidak puas dengan versi klon f.lux untuk Linux yang disebut xflux. Meskipunsaat ini f.lux secara resmi sudah tersedia untuk Linux, namun pengembangan Red Shift masih tetap berlanjut.

Instalasi Red Shift mengharuskan agan untuk memiliki pengetahuan tentang baris perintah. Jika agan ingin menyesuaikan fungsionalitas aplikasi, agan bisa mengaturnya sendiri. Tapi itu tidak disarankan untuk agan yang buta coding seperti saya. Red Shift tersedia untuk Linux dan Windows.




Twilight atau Bluelight Filter (Android)


Bagi aga pengguna Android non-root yang ingin merasakan fitur seperti f.lux di smartphone, agan dapat memasang Twilight atau Bluelight Filter. Mereka menggunakan prinsip serupa untuk mengurangi emisi cahaya biru dan melakukan sinkronisasi dengan siklus matahari.
Twilight dan Bluelight Filter tersedia untuk perangkat Android.







Itulah beberapa cara mencegah mata tegang karena radiasi layar smartphone dan komputer.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....