Monday, 25 December 2017

Cara Mengatasi Smartphone Android Tiba-Tiba Mati Tidak Mau Di Charge




Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tutorial cara mengatasi smartphone Android yang tiba-tiba mati sendiri dan baterai tidak mau mengisi ketika di charge.

Yang akan saya sampaikan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang pada waktu itu smartphone Android saya tiba-tiba mati sendiri padahal daya baterai waktu itu masih sekitar 10%. Seharusnya pada kondisi seperti itu smartphone masih bisa menyala. Nah penyebab dari smartphone Android yang tiba-tiba mati sendiri bisa diakibatkan baterai yang butuh di kalibrasi ulang, baterai yang sudah tidak sehat, suhu perangkat yang terlalu panas, dan penyebab-penyebab lainnya.

Nah jika agan mengalami smartphone Android yang tiba-tiba mati sendiri dan masih mau di charging maka agan beruntung. Namun jika tidak mau di charger yaitu tidak merespon adanya daya masuk atau smartphone merespon namun daya hanya 0% terus tidak mau bertambah, maka agan bisa mencoba trik yang akan saya jabarkan dibawah ini.


Cara Mengatasi Smartphone Mati Sendiri Dan Tidak Mau Di Charging



1. Dinginkan Perangkat Sesaat


Ketika perangkat smartphone agan tiba-tiba mati, bisa saja karena suhu perangkat terlalu panas. Jika baterai smartphone agan bisa dilepas maka dilepas saja. Jika tidak bisa dilepas cukuo di diamkan saja. Diamkan selama 5 - 10 menit smartphone agan.


2. Charging Menggunakan Charger Portable


Jika baterai smartphone Android agan bisa dilepas, maka coba charging dengan charger portable selama kurang lebih 10 menit atau sekitar 25% saja. Tidak perlu sampai penuh, karena ini hanya untuk memancing saja. Selanjutnya pasang di smartphone dan charging sampai penuh. Maka baterai kembali bisa di charging. Namun sebaiknya gunakan untuk sementara waktu saja karena kemungkinan baterai sudah tidak sehat dan sewaktu-waktu bisa kambuh lagi.


3. Charging 2 Tahap


Nah cara nomor 2 di atas hanya berlaku bagi agan yang mempunyai charger portable dan baterai smartphone agan bisa dilepas. Jika agan seperti saya yang menggunakan smartphone dengan baterai non-removable maka bisa menggunakan cara ini yaitu charging 2 tahap. Seperti apa caranya? Caranya yaitu dengan melakukan charging pada smartphone selama 15 - 30 menit. Walaupun daya pada baterai tidak mau bertambah 0% terus, tetap charging perangkat agan. Nah ketika sudah sekitar 15 - 30 menit silahkan cabut lalu charging lagi untuk mengisi daya.

Saya sudah beberapa kali menggunakan cara ini dan berhasil untuk smartphone Xperia non-removable. Silahkan agan coba barang kali juga berhasil.


4. Baterai Di Kejut Listrik


Nah jika beberapa cara diatas sudah tidak berhasil maka agan bisa mengejut baterai agan dengan arus listrik. Namun untuk melakukannya agan harus membawanya ke konter karena mereka yang punya alatnya. Biasanya baterai akan dikejut dan dipaksa mengisi daya dengan charger khusus berarus besar. Dalam waktu hanya sekitar 5 menit daya baterai sudah langsung penuh. Cara ini jangan terlalu sering dilakukan karena bisa merusak baterai. Sekali dua kali dilakukan tidak masalah.


Itulah beberapa cara yang bisa agan lakukan ketika smartphone Android agan tiba-tiba mati dan tidak mau di charge.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....