Tuesday, 12 December 2017

Cara Mengatasi Layar Smartphone Android Bergerak Sendiri

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai layar smartphone Android yang bergerak sendiri dan sulit di kontrol.

Pasti susah kan jika layar Android bergerak sendiri dan susah diatur, apa lagi disaat kita membutuhkan smartphone Android seperti ingin mengirim SMS misalnya. Pasti hasil tulisannya tidak karuan karena layarnya bergerak sendiri. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti ada kesalahan sistem, sensor layar sentuh yang rusak, ataupun faktor lainnya yang akan saya bahas satu persatu dibawah ini.



Cara Mengatasi Layar Smartphone Android Bergerak Sendiri


Sebenarnya pembahasan ini berlaku pada semua jenis smartphone tidak hanya Android, namun sebagai sampel saya menggunakan Android karena hanya itu yang saya punya 😂.


1. Layar Basah


Penyebab layar smartphone bergerak sendiri yang paling umum adalah karena ada air di permukaan layar sehingga membuat kinerja sensor layar sentuh error. Bisa karena layar memang sudah basah ataupun tangan kita yang basah. Perlu diperhatikan, hal ini juga berlaku untuk sebagian smartphone anti air. Saya juga menggunakan smartphone Xperia Z yang anti air, namun jika layar basah juga bergerak-gerak sendiri layarnya. Jadi untuk mengatasinya keringkan permukaan layar dan juga tangan agan.


2. Restart Smartphone


Sepertinya melakukan restart bisa menjadi hal yang umum dilakukan untuk memperbaiki masalah tidak hanya di smartphone, namun juga berlaku untuk perangkat lain seperti komputer. Bahkan mesin-mesin besar yang terprogram pun biasanya jika terhadi kesalahan bisa pulih kembali setelah di restart, seperti mesin CNC misalnya. Penyebab dari layar yang bergerak sendiri bisa jadi karena kesalahan system, sehingga restart menjadi pilihan pertama untuk mengatasinya.


3. Pilih Charger Yang Ori


Penyebab layar bergerak-gerak sendiri juga bisa dikarenakan arus output dari charger yang tidak sesuai. Biasanya layar akan bergerak-gerak sendiri saat posisi dicharger menggunakan charger yang tidak sesuai. Solusinya ya gunakan charger yang sesuai atau lebih baik gunakan yang ori walaupun harganya lebih mahal.


4. Hindari Overheat


Overheating atau panas berlebih pada komponen bagian mesin dapat terjadi disebabkan karena penggunaan perangkat smartphone yang melebihi batas penggunaan. Overheating pada perangkat smartphone bisa menyebabkan gangguan kinerja termasuk pada sensor layar sentuh.

Untuk itu, hindari overheating dengan menggunakan perangkat smartphone dengan bijak. Apabila sudah terlanjur maka matikan perangkat smartphone agan dan istirahatkan beberapa saat sebelum digunakan lagi.


5. Cek Casing Smartphone


Coba agan cek casing smartphone apakah ada yang kendor atau malah lepas. Karena casing yang kurang pas posisi pemasanganya bisa mempengaruhi layar sentuh karena layar sentuh diapit oleh casing. Pengalaman saya casing yang kendor bisa menyebabkan layar sentuh bergerak-gerak sendiri.


6. Factory Reset


Cara lain untuk mengatasi masalah pada layar sentuh yaitu dengan mengembalikan setelan smartphone ke bawaan atau di reset ulang. Secara umum, metode ini bisa diaplikasikan untuk menuntaskan berbagai masalah sehingga perangkat smartphone agan akan kembali seperti saat baru beli. Tapi ingat, cara ini bisa menghapus seluruh pengaturan perangkat dan juga semua data di penyimpanan internal.


7. Mengganti Layar


Jika semua cara diatas tidak berhasil maka hal tersebut mengindikasikan sudah ada kerusakan pada layarnya sehingga harus diganti. Dulu saya pernah mengganti layar Android Lenovo A516 di konter waktu itu kena biaya Rp300000. Tempat servis tersebut bukan di gerai resmi Lenovo, untuk yang di gerai resmi saya kurang tahu harganya.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi layar yang bergerak sendiri.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

3 komentar

PAs bgt kebetulan ini... Thanks, charger yg bermasalah ternyata....

Nah memang mayoritas bermasalah di charger. Terimakasih sudah berkunjung

punya ane udah ane restart dan bisa kembali seperti semula dan nggak mencet sendiri, thanks min infonya
solder blower digital

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon