U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tuturial cara untuk mempercepat kecepatan transfer data flashdisk USB. Namun salah satu yang menjadi faktor adalah port USB yang agan gunakan.  Karena secara teoritis USB 2.0 hanya menawarkan kecepatan sebesar 35 Mbps, sedangkan secara teoritis USB 3.0 menawarkan kecepatan hingga 625 Mbps. Namun yang namanya kecepatan teoritus tidak selalu tercapai pada kenyataanya karena kemampuan kerja perangkat dalam hal ini CPU juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan transfer data.

Bahkan kualitas dari Flashdisk yang digunakan pun juga banyak mempengaruhi kecepatan transfer. Misalnya merk Transcend yang harganya lebih miring jika dibandingkan dengan lainnya pun memiliki kecepatan transfer yang agak lambat. Masih lebih lebih cepat dengan kompetitornya Sandisk yang memang memiliki harga yang lebih mahal.
Nah tips yang akan saya berikan dibawah ini tidak bisa menjamin menaikan kecepatan transfer 100 Mbos misalnya, namun hanya mengoptimalkan kecepatanya saja.



Cara Meningkatkan Kecepatan Transfer Data Flashdisk


1. Merubah Sistem Berkas atau Partisi Flashdisk


Cara ini adalah dengan merubah sistem berkas flashdisk agan yang bertanggung jawab atas alokasi data di memori. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini. Namun backup dulu data-data yang ada di Flashdisk sebelum melakukan cara ini.

1. Pertama-tama pasang flashdisk agan di port USB komputer.
2. Sekarang klik kanan pada drive di My Computer.
3. Lalu klik pada Properties dan pilih Format.
4. Sekarang di daftar drop-down File System pilih NTFS .
5. Terakhir klik pada Format, flashdisk agan sekarang akan bekerja lebih baik.


2. Menggunakan TerraCopy Untuk Mempercepat Transfer Data Flashdisk


TeraCopy adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk memindahkan atau menyalin file di komputer agan dengan kecepatan yang sangat maksimal. Ini adalah yang terbaik jika agan ingin meningkatkan kecepatan transfer data agan dalam flashdisk USB dan komputer.
Fitur-fiturnya antara lain:


  • TeraCopy menggunakan buffer yang disesuaikan secara dinamis untuk mengurangi waktu. Asynchronous copy mempercepat transfer file antara dua hard drive fisik.
  • Jeda proses penyalinan kapan saja untuk membebaskan sumber daya sistem dan lanjutkan dengan sekali klik.
  • Dalam kasus kesalahan salin, TeraCopy akan mencoba beberapa kali dan dalam kasus yang lebih buruk hanya melewatkan file, tidak mengakhiri seluruh transfer.
  • TeraCopy menunjukkan transfer file gagal dan memungkinkan agan memperbaiki masalah dan hanya menyalin file yang bermasalah.
  • TeraCopy sepenuhnya bisa menggantikan fungsi copy dan move Explorer, memungkinkan agan bekerja dengan file manager seperti biasa.




3. Menggunakan FastCopy Untuk Meningkatkan Kecepatan Transfer Data


FastCopy adalah alat mengagumkan lainnya yang menawarkan beberapa fitur. Ini adalah salah satu alat transfer file terbaik yang bisa agan miliki di komputer Windows agan. Sebenarnya software ini sangat mirip dengan Teracopy. Aagan akan melihat peningkatan signifikasi dalam kecepatan transfer setelah menggunakan FastCopy.



4. Menggunakan Ultra Copier Untuk Meningkatkan Kecepatan Transfer


Ultra Copier adalah salah satu software terbaik lainnya untuk transfer file di komputer Windows. Alat mini berjalan di baki sistem dan dengan ini agan dapat menyalin/memindahkan file di komputer Windows hanya dengan satu atau dua klik saja.

Dengan Ultra Copier agan juga dapat mentransfer beberapa file sekaligus. Kecepatan transfer dengan Ultra Copy juga sangat bagus. Jadi, ini adalah alat terbaik lain yang dapat agan miliki di komputer Windows jika agan ingin meningkatkan kecepatan transfer data flashdisk.


Itulah beberapa cara yang dapat agan lakukan untuk mempercepat transfer data flashdisk.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...