Tuesday, 12 December 2017

Fitur Baru Android 8.1 Oreo Yang Sangat Menarik

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fitur-fitur menarik dari versi Android baru yang sedang ramai dibicarakan akhir-akhir ini yaitu Android versi 8.1 Oreo.



Hampir seminggu sejak Google mengumumkan Android 8.1 yang merupakan update besar berikutnya setelah rilis Android Oreo kembali pada bulan Agustus. Sama seperti setiap rilis Android baru sebelumnya, Pixel dan Nexus buatan Google adalah perangkat pertama yang menerima pembaruan.
Google telah mulai mendorong pembaruan secara perlahan ke perangkat termasuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL, Pixel C, dan lain-lain. Pengguna perangkat Google yang kompatibel dapat mendownload pembaruan secara manual dengan memberikan informasi pabrik untuk perangkat Android masing-masing.


Fitur-Fitur Baru Yang Didapatkan Di Android 8.1 Oreo


Perubahan Visual


Hal pertama yang pengguna perhatikan dalam pembaruan adalah perubahan yang bisa dilihat mata pada pandangan pertama. Android 8.1 dengan cepat menunjukkan kehadirannya pada perangkat Pixel generasi pertama. Bilah pencarian sekarang ada di bagian bawah layar, mirip dengan apa yang sudah tersedia pada perangkat Pixel 2 dan dapat diaktifkan pada perangkat lain.



Setelah menelusuri tampilan layar dan pilihan denganlebih jauh maka agan akan mulai menyadari bahwa panel pengaturan cepat pemberitahuan telah menjadi tembus pandang dengan sedikit lebih gelap pada bagian atas sehingga tidak bisa melihat apa yang ada di baliknya. Tapi nampaknya sedikit mengganggu.



Tombol navigasi sekarang akan memudar jika tidak digunakan selama dua detik. Layar Pengaturan juga telah menerima desain ulang dengan warna panel navigasi yang menjadi putih.



Selain itu, opsi pencarian di bagian atas layar, tidak seperti tombol yang ada sebelumnya, sekarang telah dirubah menjadi bilah penelusuran lengkap. Ini akan terlihat lebih ramping jika bilah pencarian berbelok di tikungan seperti ada di layar awal.



Menu Power juga merupakan area di mana agan akan melihat perubahan visual yang drastis. Fitur Pixel 2 lainnya dari yang banyak sampai menemukan jalan ke Android 8.1 adalah kemampuan untuk mengubah tema secara otomatis. Jika agan memilih wallpaper dengan warna yang cenderung mengarah ke sisi gelap, tema juga akan berubah menjadi gelap.

Selain itu, agan akan melihat bahwa panel notifikasi dan hal-hal lain seperti beberapa lapisan layar memiliki sedikit warna dari wallpaper yang agan miliki. Hal ini dimungkinkan karena API Wallpaper Colors baru yang memungkinkan aplikasi mengirimkan informasi warna ke UI sistem.


Label kecepatan WiFi


Daftar jaringan WiFi yang tersedia sekarang menunjukkan apakah jaringan tersebut cepat atau lambat dengan menampilkan 'label' (Sangat cepat, cepat, OK, lambat) di bawah nama jaringan nirkabel. Hal ini akan membantu pengguna Android 8.1 menemukan jaringan WiFi yang cepat dengan mudah.

Label jaringan dapat dinonaktifkan dengan mengunjungi Settings > Network & Internet > WiFi > WiFi Preferences > Advanced > Network rating provider. Lalu pilih None.


Status baterai Bluetooth


Perangkat yang menjalankan Android 8.1 sekarang dapat menampilkan tingkat baterai perangkat yang tersambung ke Bluetooth seperti headphone, speaker, dan lain-lain. Status baterai terlihat di panel Pemberitahuan, terkait dengan ikon Bluetooth. Menu Bluetooth juga menunjukkan persentase baterai perangkat.


AI di perangkat menjadi lebih baik


Google telah mulai memberikan dorongan besar untuk meningkatkan kemampuan AI perangkat mobile. Jadi, salah satu fitur Android 8.1 adalah Neural Networks API yang menyediakan pemrosesan AI di perangkat dengan bekerja dengan kerangka kerja ML termasuk TensorFlow Lite, Caffe2, dan lain-lain.


Apa Yang Diperbaiki Di Android 8.1 Oreo?


Android 8.1 juga dilengkapi sejumlah perbaikan bug untuk meningkatkan konektivitas Bluetooth auto Android, sensitivitas layar sentuh, peningkatan audio selama perekaman video, dan berbagai perbaikan untuk stabilitas dan hal lainnya.

Berbicara lebih banyak tentang fitur Android 8.1, banyak perubahan under-the-hood tidak terkait langsung dengan pengguna sehari-hari seperti peningkatkan kinerja, kemampuan aplikasi, dan sistem Android. Hal yang baik adalah kedatangan Android Oreo Go edisi yang akan membawa fitur modern ke perangkat yang didukungnya.

Saat ini, update Android 8.1 sedang didorong ke perangkat Pixel. Tidak jelas sampai kapan pengguna perangkat non-Google harus menunggu Android 8.0 saja, bukan Android 8.1. Pengguna telah mulai memperbarui perangkat dan masalah mereka sudah mulai muncul. Beberapa pengguna C Pixel telah melaporkan tentang hilangnya data setelah pembaruan Android 8.1. Untungnya, Google telah cepat memperbaiki masalah ini.

Itulah beberapa fitur-fitur baru yang muncul pada Android versi 8.1 Oreo.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon