Monday, 22 January 2018

3 Software Game Engine Terbaik Untuk Membuat Gane Dengan Mudah




Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi beberapa software game engine terbaik yang bisa agan gunakan untuk membuat game sendiri.

Game engine sendiri adalah sebuah alat atau software yang diciptakan khusus untuk mendesain dan membuat sebuah game. Nah game ini bisa berjalan pada beragam platform, namun untuk saat ini yang paling populer adalah platform Android. Jadi jika agan ingin menjadi pengembang game maka cara termudah membuat game adalah dengan menggunakan software game engine.

Saat ini game sudah sangat pesat perkembangannya seperti dari awal game diciptakan dimana tampilannyamasih sangat sederhana hingga saat ini yang tampilannya sudah sangat bagus dan mendekati nyata. Bisa dibilang saya ini hidup di jaman peralihan, yaitu dari jaman teknologi masih sederhana hingga saat ini yang sudah sangat maju. Sehingga saya sudah mencoba banyak varian game mulai dari Game Bot, Playstation, Nitendo, Symbian, Java, Android, hingga komputer Windows.

Jika agan ingin menciptakan maka agan juga bisa menyisipkan nilai-nilai atau pesan-pesan tertentu, sehingga game tersebut tidak hanya bisa menghibur, namun ada nilai tambahnya. Misalkan agan membuat suatu game dengan tema petualangan dan pemeran utama adalah Indonesia dan melawan Belanda dengan setting masa penjajahan misalnya. Dengan begitu secara tidak langsing agan sudah mengajarkan nilai cinta tanah air dan nilai sejarah negara kita. Dengan berbagi ilmu maka bisa menjadi ladang amal bagi agan.

Jika game tersebut sukses bukan tidak mungkin bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi agan. Ayo jangan sia-siakan kesempatan ini, apalagi bagi agan yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Karena dalam game agan bisa menenpatkan sebuah iklan baik iklan afiliasi mandiri maupun iklan dari Google Admob.

Untuk agan yang baru mulai, tak usah memikirkan masalah penghasilan, karena yang paling penting adalah kualitas dan inovasi. Jika game tersebut bagus maka yang namanya pengguna dan penghasilan akan otomatis mengikuti. Jadi yang pertama adalah jangan takut mencoba dan mulailah sekarang. Nah salah satu cara untuk membuat game dengan mudah, game Android misalnya, agan dapat menggunakan salah satu software game engine populer dibawah ini.

Daftar Software Game Engine Terbaik Untuk Membuat Game



1. Unity



Saya yakin agan sudah sangat familiar dengan nama ini. Karena logo ini sudah sangat sering tampil di banyak sekali game di platform Windows, iOS, dan Android.
Software game engine Unity menggunakan bahasa pemrograman C++ dan C#. Jadi sangat saya sarangkan agar agan juga mempelajari kedua bahasa pemrograman tersebut karena mayoritas game menggunakannya.

Untuk pengoperasian game engine Unity saya rasa tidak terlalu susah jika agan sudah mengetahui fungsional dari masing-masing icon toolnya. Karena yang paling susah menurut saya adalah menciptakan karakter unik yang ikonik dan nuansa dari game yang akan menjadi cirikhas. Jadi saya sarankan untuk mempelajari fungsi dasar dari tool-tool yang ada dalam software ini dulu.

Dengan menggunakan game engine ini, agan bisa membuat berbagai macam game seperti FPS (First Person Shooter) dan TPS (Third Person Shooter) dengan format 2D maupun 3D.
Ditambah lagi game yang dihasilkan dari Unity mampu memberikan tampilan grafis yang sangat memukau.

Untuk dapat menggunakan software ini dengan lancar menang membutuhkan spesifikasi komputer yang agak tinggi. Nah jika agan ingin menggunakan game engine Unity untuk membuat gane, maka agan bisa download melalui link dibawah ini dan dapat agan gunakan secara gratis seumur hidup.

<<Download Game Engine Unity>>



2. Unreal Engine 4



Game engine terbaik untuk membuat game kedua adalah Unreal Engine 4 yang memiliki fitur yang tidak kalah bagus dengan Unity. Jika dilihat dari tampilan grafisnya maka game engine ini lebih unggul jika dibandingkan dengan Unity. Untuk informasi saja, Unreal Engine 4 dan Unity adalah dua game engine yang saling bersaing. Dikalangan para developer game, nama Unreal Engine 4 sudah memikili reputasi yang baik berkat konsistensinya yang menyediakan update secara berkala.

Jika dibandingkan dengan Unity, Unreal Engine 4 memiliki satu fitur istimewa yang sangat coccok dengan para developer game pemula. Yaitu fitur Blueprint yang bisa membantu para pemula untuk membuat game. Pemula disini adalah orang yang minimal sudah mengetahui fungsi dasar dan bisa mengoperasikan fitur-fitur dasar Unreal Engine 4 ya. Dan jika agan menguasai bahasa pemrograman C# dan C++ maka akan sangat membantu. Bagi agan yang ingin menggunakan Unreal Engine 4, silahkan mengikuti link dibawah ini.

<<Registrasi Unreal Engine 4>>



3. CryEngine 3



Software game engine untuk membuat game selanjutnya adalah CryEngine 3. Secara umum sama kok dengan 2 game engine yang sudah saya sebutkan diatas dari segi fitur dan kualitas.
Yang berbeda mungkin hanya tampilan pengguna atau user interface saja.

Terus bagaimana dengan grafis? Nah saya meemukan sesuatu yang menarik nih dari game engine ini. Yaitu memiliki efek daun yang bergerak oleh hembusan angin dan gelombang air yang memanjakan mata saya sehingga membuat saya terpukau. Pemandangan tersebut terlihat sangat detail dan nyata.

Masih sama seperti dua game engine sebelumnya, jika agan ingin menggunakan CryEngine secara maksimal setidaknya agan harus menguasai bahasa pemrograman C# dan C++. Untuk agan yang ingin menggunakan CryEngine 3, agan bisa menggunakan link dibawah ini.

<<Download CryEngine 3>>


Oh iya 3 game engine diatas adalah gratis, sehingga bisa digunakan oleh siapa saja. Sebenarnya masih banyak game engine untuk membuat game lainnya namun ya itu, mayoritas berbayar, agan bisa melihatnya melalui link ini.
Oh iya, dari tadi saya memberikan keterangan bahwa menguasai bahasa pemrograman C++ dan C# akan sangat membantu.
Terus bagaimana bagi yang belum menguasainya?
Agan tidak usah khawatir, karena saya menyediakan banyak buku pemrograman dalam bentuk PDF yang dapat agan download secara gratis.
Caranya? Tinggal klik saja menu Download Buku Pemrograman di menu blog, nanti akan muncul banyak buku dengan bermacam-macam kategori bahasan seperti PHP, C#, C++,JAVA, CSS, Python, dan lain-lain. Masih kurang lengkap? Agan bisa request melalui form yang sudah saya sediakan di menu blog.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.




Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....