Sunday, 14 January 2018

5 Cara Untuk Melindungi Akun Facebook Dari Hacker




Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara untuk melindungi akun Facebook agan dari para hacker.

Saat ini akun facebook menjadi akun yang banyak diincar oleh para hacker karena harga jual dan peminatnya yang banyak. Banyak orang yang memperjualbelikan akun Facebook untuk berbagai macam tujuan. Ada yang digunakan untuk media promosi, untuk menyebar phising, spam, dan bahkan penipuan.

Namun agan bisa sedikit tenang karena keamanan pada Facebook selalu diperbarui dan Facebook sudah memberikan beberapa pilihan fitur yang bisa agan gunakan untuk meningkatkan keamanan akun Facebook. Semuanya sudah disediakan oleh pihak Facebook dan bisa agan gunakan.

cara mengamankan akun dari serangan hacker


Tips Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker



1. Menghidupkan Pemberitahuan Perangkat


Facebook memiliki notifikasi instan yang akan memberikan pemberitahuan ke alamat email dan nomor telepon agan yang terdaftar apabila ada aktifitas mencurikagan dari akun Facebook agan seperti ada perangkat lain yang mengakses akun Facebook agan. Dengan begitu agan bisa mengambil tindakan cepat seperti mengganti password Facebook misalnya. Agan bisa menghidupkan Alert Notification melalui link dibawah ini.

Menghidupkan Alert Notification Facebook


2. Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor


Otentikasi dua faktor yaitu ketika agan ingin mengakses akun Facebook maka pihak Facebook akan mengirimkan kode akses ke nomor telepon yang sudah terdaftar. Jadi jika ada hacker yang ingin mengakses akun Facebook agan maka mereka tidak akan bisa mengaksesnya karena kode akses akan dikirim ke smartphone agan. Jika agan ingin mengaktifkan fitur Two-Factor Authentication Facebook, agan bisa mengunjungi link dibawah ini.

Aktifkan Two-Factor Authentication


3. Menggunakan Kata Sandi atau Password yang Kuat


Kata sandi atau password yang kuat itu berbeda dengan kata sandi yang panjang. Kata sandi pedek namun kuat itu lebih baik daripada kata sandi yang panjang namun lemah. Kata sandi panjang namun lemah contohnya "qwertyuuiopasdfghjkl". Sekilas kata sandi tersebut kuat karena panjang dan acak, namun itu sebenarnya kata sandi yang lemah.
Kenapa?
Karena sebenarnya kata sandi tersebut urut sesuai abjad pada tombol keyboard. Kata sandi tersebut juga lemah terhadap serangan Brute Force Attack karena hanya berupa satu jenis huruf.
Contoh kata sandi yang kuat adalah "Indo-Blogger007" misalnya. Kata sandi tersebut terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf kapital, angka, dan simbol. Sehingga sangat lama jika dibobol dengan metode Brute Force.


4. Batasi Informasi Profil Facebook


Seperti yang sudah saya sampaikan pada point nomor 2, yaitu menggunakan otentikasi dua faktor dimana kode akses tersebut dikirim ke nomor telepon agan yang sudah terdaftar di Facebook. Nomor telepon tersebut sangat penting, jadi jangan sampai nomor telepon tersebut agan tulis di profil agan, takutnya nanti bisa diketahui orang lain. Karena yang namanya nomor telepon masih bisa di kloning. Karena otentikasi 2 faktor saat ini sudah menjadi standar keamanan yang umum, jadi tips ini tidak hanya berlaku untuk Facebook saja. Tetapi juga bisa agan gunakan untuk melindungi akun gmail dan akun agan lainnya dari serangan hacker.


5. Batasi Akses Aplikasi


Saat ini banyak sekali aplikasi Android baik itu berupa program maupun game dan juga situs web yang menggunakan akun Facebook sebagai identitas. Hal ini mengharuskan agan melakukan login menggunakan akun FB agan dan memberikan ijin terhadap situs atau aplikasi tersebut untuk mengakses akun Facebook agan. Hal ini sangat berbahaya, karena secara jelas agan memberikan ijin pihak lain untuk melihat data-data agan termasuk email, nomor telepon, dan password. Jadi agan harus benar-benar teliti dan selektif agar tidak tertipu oleh situs atau aplikasi phising. Dengan cara ini agan bisa mengamankan akun Facebook melalui HP. Jika agan menemukan aplikasi dengan aktifitas memcurigakan yang mempunyai akses ke akun Facebook agan, agan bisa mengecek dan menutup akses dari aplikasi tersebut melalui link dibawah ini.

Cek Daftar Aplikasi Yang Memiliki Hak Akses Facebook


Sebenarnya masih ada beberapa cara agar akun agan.misal saat agan curiga ada orang lain yang ingin meretas maupun report akun Facebook agan, agan bisa mengunci FB agan sementara waktu agar tidak bisa dilihat orang lain.
Nah itulah beberapa tips yang bisa agan lakukan untuk mengamankan akun Facebook agan dari serangan hacker.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait:





Artikel Terkait

2 comments:

  1. artikelnya keren gan. ditunggu kunjungan dan subnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, segera meluncur 😂

      Delete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....