Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Online Dan Offline Tanpa Mengurangi Kualitas

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial cara untuk mengurangi atau mengecilkan ukuran file gambar tanpa mengurangi kualitas.

Bagi agan yang beraktifitas di dunia blogging, pasti berusaha agar laman web nya bisa lebih cepat dimuat dan ringan. Salah satu metodenya yaitu dengan mengurangi ukuran gambar yang terlampir di blog. Hal ini bisa mempercepat loading laman sekaligus membuat blog agan bernilai bagus di mata Google dan pengunjung.

Tidak hanya untuk agan yang berkecimpung di dunia blogger saja sebenarnya tips ini. Namun untuk semua orang yang melakukan akrifitas upload foto di Internet, bisa Whatsapp, Facebook, Line, dan lain-lain. Fungsinya untuk mempercepat proses upload gambar sekaligus menghemat konsumsi data internet. Dalam tutorial kali ini saya akan memberika beberapa metode, yaitu metode tanpa aplikasi namun membutuhkan koneksi internet dan metode tanpa membutuhkan koneksi internet namun harus menggunakan aplikasi. Silahkan pilih mana saja yang menurut agan paling mudah.


Cara Mengecilkan Ukuran Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas


1. Menggunakan Aplikasi Photo Compress


Untuk tutorial yang pertama ini membutuhkan aplikasi Android bernama Photo Pro dan tanpa koneksi internet, aplikasi ini gratis kok. Agan bisa memilih kualitas kompresnya berdasarkan persentase, dari skala 1% hingga 99%. Pengoprasianya cukup mudah, tinggal pilih gambar yang ingin agan kurangi kualitasnya lalu klik Compress. Dicoba-coba aja persentasenya. Jika ukuran masih terlalu besar bisa dikurangi lagi persentasenya atau dikecilkan ukuran resolusinya. Aplikasi ini mampu melakukan resize dan crop juga. Jika agan belum mempunyai aplikasinya silahkan download melalui salah satu link dibawah ini.




2. Mengurangi Ukuran Gambar Secara Online Dengan TinyPNG


Untuk metode ke-2 ini menggunakan jasa website pihak ketiga. Keuntunganya agan tidak perlu menginstal aplikasi apapun, tinggal mengunjungi situs website TinyPNG. Namun kekuranganya agan harus mengupload file gambar asli dan mendownload lagi file gambar yang sudah dikurangi ukurannya. Disini agan juga bisa menyimpan gambar yang sudah dikurangi ukurannya ke DropBox.

Kunjungi TinyPNG


3. Mengurangi Ukuran Gambar Secara Online Dengan ILoveIMG


Untuk cara ke-3 sama dengan cara ke-2 sebenarnya, hanya saja menggunakan situs website yang berbeda. Situs yang saya gunakan kali ini adalah ILoveIMG. Ada yang bilang bahwa situs ILoveIMG lebih mudah digunakan daripada situs TinyPNG. Tapi menurut saya sih sama saja, cuma bedanya situs ILoveIMG mampu mengompres gambar tipe animasi atau GIF.

Prosesnya sama, tinggal upload gambar yang ingin dikurangi ukurannya dan tunggu proses kompresi selesai. Sebenarnya agan juga bisa mengecilkan gambar tanpa proses upload, yaitu tinggal masukan file gambar yang akan di kecilkan ukurannya melaui Google Drive atau DropBox. Setelah itu download gambar yang sudah dikompres tadi. Jika masih kurang kecil ukuranya, agan bisa mengulangi proses ini hingga mendapatkan hasil yang sesuai keinginan agan.

Kunjungi ILoveIMG


Itulah sekilas pembahasan tutorial cara menguraingi ukuran file gambar secara online maupun offline tanpa mengurangi kualitas.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 comments:

  1. mantap gan tips nya, suapaya gambar bisa dikurangi ukurannya tanpa perubahan mencolok pada kualitas gambar

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....