5 Search Engine Privat Yang Tidak Melacak Aktivitas Penggunanya

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi beberapa search engine atau mesin pencari yang menjaga privasi kita dan tidak pernah melacak aktivitas penggunanya.

Kita tahu bahwa Google adalah layanan search engine paling banyak digunakan di dunia saat ini, setiap detik ada jutaan query yang ditelusuri oleh penggunanya. Namun tahukah agan bahwa Google itu sebenarnya mencatat seluruh aktivitas kita di internet. Mulai dari lokasi agan, kata kunci yang paling sering dicari, history penelusuran, data-data pribadi, hingga minat kita pada sesuatu. Tujuan utamanya tidak lain dan tidak bukan hanyalah demi marketing bisnis. Sehingga Googke bisa mengarahkan iklan yang tepat untuk agan. Walaupun ini hanya untuk marketing namun menurut saya akan sangat mengganggu dalam hal privasi.

Tetapi agan jangan khawatir, karena diluar sana masih ada mesin pencari lain selain Google yang sama sekali tidak mencatat hal apa saja yang agan lakukan di internet, mereka mengedepankan privasi. Sejauh ini saya menemukan 5 search engine atau mesin pencari privat yang tidak pernah melacak aktivitas para penggunanya sehingga tetap anonymous.



Daftar Search Engine Privat yang Tidak Pernah Melacak Aktivitas Penggunanya



1. DuckDuck Go


DuckDuck Go adalah salah satu search engine atau mesin pencari pribadi terbaik yang bisa menjadi pilihan utama bagi agan yang ingin tetap menjaga privasi.
Mesin pencari ini tidak mengumpulkan atau menyimpan query penelusuran agan di servernya. Selain itu, menggunakan DuckDuck Go juga bisa meminimalisir jejak penelusuran ke beberapa website yang agan kunjungi.


2. StartPage


Nama StartPage mungkin tidak begitu populer di telinga agan. Namun, ini adalah salah satu search engine atau mesin pencari privat yang efektif untuk agan gunakan. StartPage menyediakan fitur bagus yang bisa diakses oleh para pengguna melalui server proxy.

Browsing melalui server proxy memastikan bahwa tidak ada situs web yang dapat melacak alamat IP atau lokasi agan. Untuk personalisasi, agan bisa mengubah warna tema pada search engine StartPage.


3. Wolfram Alpha


Wolfram Alpha adalah search engine atau mesin pencari terbaik lainnya yang tidak melacak pencarian penggunanya. Mesin pencari ini bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Terlebih lagi hasil pencarian dari search engine ini juga akurat dan bagus.

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, WolframA lpha tidak pernah melacak apapun yang pengguna cari dan menggunakan beberapa algoritma inbuilt untuk memberikan hasil akurat tentang apa yang orang cari.


4. MetaGer


Jika agan mencari proses enkripsi terkuat di antara mesin pencari privat, tidak ada yang bisa mengalahkan MetaGet. MetaGer memastikan bahwa penggunanya tidak akan pernah meninggalkan jejak yang bisa membuat mereka dapat dilacak.

MetaGer juga memiliki opsi untuk membuka tautan secara anonymous melalui server proxy. Melalui server proxy ini, agan dapat menyembunyikan Alamat IP agan dari pelacak online.


5. Disconnect Search


Sebenarnya Disconnect Search kurang tepat dusebut search engine atau mesin pencari karena hanya memberikan keoada pengguna untuk melihat konten hasil dari mesin pencari lain seperti Bing, Google, dan Yahoo. Namun layanan ini menambahkan fitur yang membuat agan berselancar di internet menggunakan lokasi palsu sehingga tidak ada pelacak online yang dapat melacak Alamat IP agan yang sebenarnya.

Pada dasarnya, Disconnect Search memberikan pengaman privasi ekstra saat menggunakan mesin pencari web lainnya seperti Yahoo, Bing atau Google.


Itulah beberapa search engine atau mesin pencari yang memberikan pengamanan privasi ekstra sehingga aktivitas agan di internet menjadi tidak terlacak.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....