Monday, 1 January 2018

3 Sistem Operasi Linux Paling Aman Dan Sulit Untuk Dihack

3 Sistem Operasi Linux  Paling Aman Dan Sulit Untuk Dihack

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi beberapa sistem operasi dari distro linux dengan keamanan privasi yang paling aman dan sulit dihack.

Mungkin agan juga sudah tahu bahwa Linux merupakan sistem operasi komputer yang paling aman sehingga sulit diretas dan terserang virus. Kita bisa menggunakan VPN dan TOR untuk menjelajah secara anomymous, namun tetap saja tidak bisa menjadi jaminan bahwa kita bisa selalu aman. Ada beberapa distro Linux yang mempunyai keamanan privasi yang sangat bagus karena mengutamakan keamanan privasi sebagai prioritasnya.



Daftar Sistem Operasi Linux Dengan Keamanan Privasi Terbaik Tahan Retas


1. Qubes OS


Pada Linux, setiap ingin memasang atau memodifikasi suatu program maka diperlukan kata sandi khusus agar bisa melakukannya kecuali agan masuk sebagai pengguna yang sudah mendapat akses root. Sehingga otomatis tidak ada pihak ketiga yang bisa mengotak-atik program pada Linux dengan mudah.

Semua program yang berjalan di distro Linux ini mempunyai "kotak" sendiri yang kedap dan tidak bocor. Sehingga jika ada satu program yang mengalami ganguan entak itu karena pihak ketiga atau yang lain maka hanya bisa mmerusak program itu saja. Karena sudah terisolasi dari program lainnya, itulah mengapa dinamakan Qubes OS yang artinya "Kubus".

Distro Linux ini sama dengan yang lainnya, agan dapat menginstal banyak program dan mengaksesnya langsung dari dekstop. Header windown akan menampilkan warna sesuai kerentanan navigaai dari program yang agan jalankan tersebut sehingga bisa memantaunya setiap saat.

Distro Linux ini menggunakan browser TOR sebagai sarana utama berkomunikasi di jaringan internet, jadi agan tidak perlu khawatir masalah anonimitas dan privasi. Jika agan ingin menggunakam distro ini agan bisa download melalui link yang saya sediakan dibawah.
Namun salah satu kekurangan terbesar dari distro Qubes OS adalah membutuhkan sumber daya komputer yang besar, minimal RAM komputer 8 GB.

Download Linux Qubes OS


2. Subgraph OS


Distro Linux ini sampai sekarang masih dalam pengembangan dan belum ada versi yang stabil. Walaupun begitu, agan bisa mendownload yang versi Alphanya yang juga sudah bagus sambil menunggu versi finalnya.

Subgraph OS adalah distro Linux yang aman dan privasi, walaupun untuk saat ini masih dibawah Qubes OS. Enkripsi file dalam sistem bersifat wajib dan tidak bisa dilepaskan dari saat instalasi, seperti halnya komunikasi, baik melalui browser maupun email. Untuk mengenkripsi email menggunakan software Enigmail, sedangkan untuk navigasi adalah Tor Browser yang bertanggung jawab untuk menyembunyikan semua data pribadi agan.

Distro Linux aman ini menggunakan Oz, sebuah aplikasi yang memungkinkan agan menjalankan layanan lainnya secara terpisah dari sistem mirip Qubes OS. Metode ini lebih dikenal sebagai sandbox yang umum digunakan pada kebanyakan suite keamanan komputer.

Firewall built-in di Subgraph OS akan memantau dan memberi tahu agan saat sebuah aplikasi mencoba mengirim atau menerima data tanpa otorisasi.
Sebagai versi Linux yang ditujukan untuk pengguna yang lebih masif daripada Qubes OS, Subgraph OS membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi, yaitu minimal RAM 2 GB agar dapat berjalan dengan lancar, meskipun di segmen pengembang memerlukan minimal 4 GB dan 20 GB ruang penyimpanan.

Download Linux Subgraph OS


3. Linux Tails OS


Tails merupakan salah satu Linux yang sangat aman dan tidak perlu menginstalnya dikomputer, karena dapat di boot menggunakan USB ataupun CD Live. Sehingga lebih fleksibel dan bisa dipakai dimana saja. Sehingga tidak akan meninggalkan jejak bekas ekstraksi file pada komputer.

Untuk pengamanannya tidak jauh berbeda dengan distro Linux pada umumnya. Yaitu masih menggunakan Tor Brwser sebagai program wajib untuk menjaga privasi serta koneksi I2P yang cukup untuk menjaga kerahasiaan aktivitas agan di internet. Juga sudah dilengkapi program canggih yang bisa mengenkripsi email agan.

Distro Linux Tails dikembangkan dengan basis Linux Debian yang sudah terkenal ringan karena hanya memerlukan komputer dengan RAM 2 GB agar bisa berjalan dengan lancar. Untuk program prainstal yang sudah ada kurang lebih sama dengan distro Linux pada umumnya seperti LibreOffice, GIMP, Brasero, dan beberapa program Linux pada umumnya.

Download Linux Tails OS


Itulah beberapa OS Distro Linux yang mempunyai keamanan privasi ekstra kuat dan tahan hacking.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

3 komentar

kalo bicara soal linux jadi inget drak net yang katanya aman kalo di akses pake linux tapi ane ga pernah buka buka drak net jadi cukup pakai windows aja yang lebih nyaman hehe...
kalo sempet mampir gan
#gambate

Iya gan, dari segi keamanan windows emang kalah dari Linux. Untuk masalah dark net atau deep web sebenarnya untuk keamanannya tidak jauh beda dg mengakses situs biasa. Cukup pake proxy, hide ip, sama firewall. Tapi cuma kalo web biasa kan udah di filter sama mesin pencari dan browser, tapi kalo untuk deep web tidak ada filter. Oke gan tunggu kunbalnya

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/menghilangkan-flek-hitam-diwajah/

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon