Monday, 1 January 2018

5 Situs Layanan Scan Virus Online Gratis Terbaik

5 Situs Layanan Scan Virus Online Gratis Terbaik

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Selamat tahun baru 2018, semoga tahun ini kita bisa menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Dan juga harapan dan keinginan yang belum tercapai bisa tercapai tahun ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai antivirus. Namun antivirus yang akan saya bahas ini sangat praktis karena agan tidak perlu mendownload dan menginstalnya karena tersedia secara online.

Layanan antivirus ini berupa website yang bisa agan gunakan untuk menscan virus pada berkas di komputer maupun maupun alamat URL web. Sehingga jika agan ragu akan keamanan suatu web atau link yang mencurigakan, langsung scan saja untuk mendeteksi ancaman-ancamannya.



5 Situs Scan Virus Online Terbaik Gratis untuk Scan File dan Web


1. Jotti


Jotti adalah layanan scan virus file online gratis terbaik yang sudah bertahun-tahun menyediakan jasa scan virus sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Karena kemudahan penggunaannya bahkan bagi pengguna yang baru pertamakali menggunakan layanan ini maka ini bisa menjadi salah satu alternatif antivirus.

Cara penggunaannya pun sangat sederhana, agan hanya perlu menyeret atau drag file yang akan di scan ke browser di mana halaman antivirus online Jotti terbuka maka secara otomatis mengenalinya dan mulai memindai untuk mencari malware dan ancaman lainnya terhadap keamanan komputer agan.

Jotti sangat bagus karena mampu mengunggah file hingga 100 MB, jauh di atas alat deteksi virus online lainnya yang ada di Internet. Jotti juga memiliki klien desktop yang dapat agan instal di komputer Windows dan akan memungkinkan agan untuk menganalisis file dengan lebih mudah karena perangkat lunak ini bertanggung jawab untuk mengirimkannya dan menampilkan hasil dari scan berbagai tool antivirus online yang akan menganalisis file dan agan. Bahkan bisa mengunggah beberapa file secara bersamaan tanpa harus membuka browser.


2. Thread Expert


Scanner virus online terkenal lainnya adalah Threat Expert, yang memanfaatkan formula upload file pada layanannya untuk memindai secara online dengan berbagai layanan antivirus.

ThreatE xpert diposisikan sebagai salah satu situs terbaik untuk memindai dan menghilangkan virus gratis berkat kemampuanyya, meski memiliki kekurangan besar karena tidak bisa upload file lebih besar dari 5 MB, itu menjadi kendala karena mayoritas virus malware disisipkan di dalam file exe yang sebagian besar berukuran diatas 5 MB.

Layanan antivirus online Threat Expert ini juga memiliki klien desktop yang memungkinkan agan mengupload file langsung dari komputer agam, namun tetap membatasi ukuran file  maksimal 5 MB.


3. ESET Online Scanner


Layanan online gratis untuk pemindaian dan penghapusan virus tidak hanya bekerja pada file dan menganalisisnya dengan berbagai alat deteksi. Perusahaan keamanan yang terkenal seperti ESET juga menawarkan layanan analisis perangkat di cloud untuk mendeteksi dan menghilangkan virus di komputer agan secara gratis.

Untuk melakukan hal ini, agan hanya perlu mengakses ESET Online Scanner, lalu mendaftarkan nama dan alamat email agan.
Kemudian, agan hanya perlu menjalankan alat yang tidak memerlukan instalasi apapun. Sebelum memulai pemindaian, ESET Online Scanner akan mendownload database signature untuk menemukan virus, worm, malware, dan trojan yang diketahui.

Dari pengaturan program, agan bisa mengaturnya untuk langsung menghapus malware yang terdeteksi, sehingga akan mempermudah pengamanan perangkat. Untuk alasan ini, ESET Online Scanner dianggap sebagai salah satu layanan online terbaik untuk memindai dan menghilangkan virus.


4. Metadefender


Metadefender adalah salah satu situs terbaik untuk memindai dan menghilangkan virus karena memungkinkan agan untuk mengunggah file hingga ukuran 140 MB untuk memindainya dengan lebih dari 40 layanan antivirus teratas, seperti Kaspersky, McAfee, AVG, atau BitDefender.

Selain itu, layanan pemindaian ancaman dan malware ini memungkinkan agan mengunggah file yang digunakan untuk menyebarkan perangkat lunak ilegal seperti file Zip 7Z, file RAR, gambar, dokumen atau file EXE yang termasuk berbahaya. Dengan begitu, jika aga mencurigai file yang telah agan download, maka agan dapat menganalisisnya di Metadefender tanpa perlu melakukan dekompresi.

Cara mengunggah file untuk analisis di Metadefender sangat sederhana dan memungkinkan analisis langsung file, seperti URL atau Hash.
Hasil analisis ditunjukkan dengan sangat jelas, yang memudahkan bagi penggunanya yang baru pertamakali menggunakannya.

Metadefender juga memiliki klien desktop yang beroperasi dari cloud. Jadi, jika komputer agan dicurigai terinfeksi oleh virus atau perangkat lunak perusak, agan dapat mendownload layanan klien dekstop dari situs web Metadefender dan menjalankannya tanpa perlu memasangnya untuk memindai seluruh komputer agan. Jika mau, agan juga dapat memasang ekstensi Metadefender untuk Chrome dan menganalisis lebih cepat file.


5. Virus Total


Sebenarnya layanan scan virus online yang paling banyak digunakan secara luas adalah Virus Total. Virus Total sendiri adalah portal web untuk menganalisa virus yang dimiliki oleh perusahaan raksasa Google. Dikembangkan oleh para pakar keamanan komputer Google yang berkompeten dibidangnya, sehingga kredibilitas situs ini tidak perlu diragukan lagi.

Virus total juga sangat mudah dalam pengoperasiannya dan dapat mengunggah file maksimal berukuran 128 MB. Tidak hanya itu, Virus Total mampu mendeteksi berbagai macam virus seperti trojan, worm, malware, ransomeware, dan virus-virus lainnya karena discan menggunakan 58 layanan antivirus dan anti-malware terbaik saat ini.

Layanan pemindaian virus online juga memiliki ekstensi yang dapat agan pasang di Google Chrome atau Mozilla Firefox untuk menganalisis halaman web yang agan kunjungi atau memindai URL tertentu dengan Virus Total.

Seperti banyak layanan pemindaian dan analisis online lainnya, Virus Total juga memungkinkan melakukan pengiriman file melalui e-mail dan berkat klien desktop Windows, MacOS serta Linux dari VirusTotal. Hal ini memungkinkan agan untuk mengirim beberapa file sekaligus atau memindai semua proses aktif di komputer pada saat itu untuk membuka kedok malware yang mencoba menyamarkan dirinya sendiri sebagai proses sistem.


Itulah beberapa website layanan scan virus online terbaik dan gratis dengan kemampuan hebat.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon