Arti Kode Error Google Play Store Dan Cara Mengatasinya

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang arti kode error pada Google Play Store sekaligus cara mengatasinya.

Google Play Store merupakan tempat mendownload berbagai macam aplikasi Android yang secara khusus dibuat oleh Google untuk memfasilitasi para pengguna Android. Sampai saat ini Play Store masih menjadi tempat utama untuk mendownload jutaan aplikasi Android, walaupun diluar sana banyak website lain yang juga menyediakan layanan download aplikasi.

Walaupun Play Store dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google, namun tetap tidak lepas dari yang namanya error dan gangguan. Setiap terjadi error maka akan muncul kode tertentu sesuai dengan penyebab masalah tersebut.


Daftar Kode Error Google Play Store Dan Cara Mengatasinya


Error 919

Jika Play Store agan mengalami error dan menampilkan kode ini, berarti ada masalah dengan pengaturan APN (Access Point Name) agan. Untuk mengatasinya silahkan agan mensetting ulang APN agan dengan settiangan resmi sesuai provider yang agan gunakan.

Error 101

Jika Play Store agan error dan menampilkan kode Error 101 berarti aplikasi yang terpasang pada smartphone agan sudah terlalu banyak. Cara mengatasinya agan bisa mencopot beberapa aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting.

Error 927

Jika Play Store agan menampilkan kode ini berarti pihak Play Store sedang melakukan update.
Agan tidak perlu melakukan apa-apa, tunggu saja proses updatenya selesai maka nanti Play Store agan juga pulih sendiri.

Error 403

Dalam kasus ini, agan sepertinya sedang menggunakan dua akun Google dalam satu perangkat. Silakan gunakan akun Google agan yang pertama kali agan daftarkan atau log out salah satu akun tersebut.

Error 919

Jika muncul kode ini berarti ruang penyimpanan agan tidak mencukupi. Untuk mengatasinya silahkan agan hapus cache dan juga hapus file yang dirasa tidak penting.

Error 498

Error 498 ada kode yang menandakan bahwa ada masalah dengan cache di smartphone agan. Untuk mengatasinya silahkan agan hapus cache aplikasi Google Play Store. Jika masih keluar kode tersebut maka silahkan agan hapus semua cache di smartphone Android agan.

Error 923

Kode ini artinya ada masalah dengan sinkronisasi akun Google atau cache penuh sehingga menyebabkan gagal download. Cara mengatasinya yaitu silahkan agan logout akun Google yang tersinkron dengan Android agan lalu login ulang. Jangan lupa untuk membersihkan cache pada smartphone agan.

Error DF-BPA-30

Jika muncul kode tersebut biasanya terjadi error pada server Google Play Store, jadi agan hanya bisa menunggu sampai masalah tersebut diperbaiki oleh pihak Google Play Store. Sambil menunggu agan bisa mencoba untuk menghapus cache Play Store.

Error 8

Masalah ini diakibatkan saat agan ingin mendownload aplikasi ternyata proses download berhenti.
Pastikan aplikasi Google Play Service agan sudah terpasang. Kalau masih juga tidak bisa mendownload , buka Pengaturan > Aplikasi > Google Play Service, lalu pilih "Matikan Aplikasi".
Akan muncul pop up yang menanyakan apakah yakin aplikasi akan kembali ke versi awal , klik Ya, setelah itu seharusnya semua berjalan normal.

Itulah beberapa arti kode error pada aplikasi Google Play Store beserta cara mengatasinya.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....