Cara Mematikan Paksa Smartphone Baterai Tanam Saat Error

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mematikan smartphone Android secara paksa untuk yang menggunakan baterai tanam atau un-removable battery.

Yang namanya smartphone sesekali pasti mengalami error entah itu stuck, lag, hang, atau bootloop. Hal tersebut memang wajar karena ada kesalahan sedikit saja pada sistem Android maka umumnya akan terjadi error semacam itu. Biasanya jika terjadi error stuck atau bootloop bisa diakali dengan mencopot baterai lalu smartphone di restart.

Namun sayangnya hal tersebut tidak berlaku bagi smartphone yang menggunakan baterai tanam. Pilihan paling mudah adalah ditunggu sampai mati sendiri karena kehabisan daya baterai, namun jika persentase daya baterai masih sekitar 80% pastinya akan sangat lama menunggunya. Hal ini pernah terjadi pada saya sendiri, oleh karena itu akan saya bagikan cara untuk mematikan smartphone Android baterai tanam secara paksa.


Cara Mematikan Smartphone Android Baterai Tanam Secara Paksa


1. Menggunakan Tombol Navigasi


Tombol navigasi yang saya maksud disini adalah tombol Power, Volume Atas, Volume Bawah, dan Home (jika ada). Kalau menurut pengalaman pribadi saya waktu terjadi error pada smartphone saya yaitu Sony Xperia Z1, saya mematikan secara paksa menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Atas yang ditekan bersama-sama selama kurang kebih 3 hingga 5 detik. Untuk smartphone merk lain bisa sama bisa beda kombinasi tombolnya, agan coba-coba saja.

Untuk Asus Zenfone 5 caranya agan cukup menekan tombol Power selama 10 hingga 15 detik. Namun untuk merk Meizu M2 Note agan perlu menekan tombol Power selama kurang lebih 30 detik.
Silahkah agan coba-coba dengan mengkombinasikan tombol-tombol lain seperti Volume Atas dengan Home, Power dengan Volume Bawah, dan seterusnya.


2. Menggunakan Tombol Off Emergency Khusus


Ini sebenarnya adalah cara yang paling mudah untuk mematikan smartphone baterai tanam secara paksa karena tombol ini hanya ada satu sehingga tidak perlu melakukan percobaan kombinasi beberapa tombol.
Tombol tersebut biasanya tersembunyi, sehingga agan harus mencarinya. Silahkan agan buka tutup casing belakang dan cari tulisan Off, lalu tekan tombolnya menggunakan kawat atau jarum hingga smartphone Android agan mati.

Karena smartphone yang saya pakai menggunakan baterai tanam dan pernah nengalami stuck, jadi saya pernah mempraktekkan hal ini. Namun untuk smartphone yang pakai (Sony Xperia Z1) tombol Off tersebut terletak disamping slot SIM Card, jadi akan terlihat kalau penutup slot SIM Card dibuka. Soalnya Sony Xperia Z1 semuanya rapat water proof, sehingga tidak mempunyai casing belakang yang bisa dibuka tutup.


Itulah beberapa cara yang bisa agan lakukan untuk mematikan smartphone Android baterai tanam secara paksa ketika terjadi error.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....