7 Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kanker payudara, yaitu beberapa cara efektif untuk mencegah kanker payudara.

Kanker payudara. Salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, khususnya para wanita. Hal ini memang wajar, karena kanker payudara adalah penyakit ganas yang mayoritas penderitanya adalah para wanita.

Kanker payudara merupakan kanker penyebab kematian kedua pada wanita setelah kanker paru-paru. Yang mengherankan, tingkat kematian akibat kanker payudara telah menurun sedikit dalam beberapa tahun terakhir, mungkin karena kesadaran yang lebih besar dan sosialisasi untuk jenis kanker ini, serta perawatan yang lebih baik.

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi ketika sel-sel di jaringan payudara berubah atau bermutasi dan terus bereproduksi. Sel-sel abnormal ini biasanya berkelompok lalu membentuk tumor. Tumor bersifat kanker ganas ketika sel-sel abnormal ini menyerang bagian lain dari payudara atau ketika mereka menyebar ke area lain dari tubuh melalui aliran darah atau sistem limfatik, jaringan pembuluh dan kelenjar di dalam tubuh yang memainkan peran dalam memerangi infeksi.

Kanker payudara biasanya mulai menjangkit di kelenjar penghasil susu pada payudara yang disebut dengan lobulus atau saluran berbentuk tabung yang membawa susu dari lobulus ke puting. Sangat sedikit kasus kanker payudara yang dimulai dari jaringan ikat lemak dan fibrosa dari payudara.

Kasus kanker payudara memiliki perbandingan sekitar 100 kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria, itu artinya pria juga bisa terkena kanker payudara. Kanker payudara pada pria sangat jarang terjadi, tetapi siapa pun yang mempunyai jaringan payudara dapat berpotensi terkena kanker payudara.

Ada banyak kabar baik tentang kanker payudara saat ini. Perawatan di rumah sakit terus membaik, dan kita tahu lebih banyak tentang cara mencegah penyakit. Nah dibawah ini ada 7 cara yang cukup efektif untuk mencegah penyakit kanker payudara.



Cara Efektif Mencegah Kanker Payudara


1. Mempertahankan Berat Badan Ideal


Banyak orang yang mengabaikan tentang berat badan, namun mempertahankan berat badan ideal adalah sesuatu yang penting bagi semua orang. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko terkena berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara, terutama setelah masa menopause.


2. Aktif Beraktifitas Fisik


Olahraga yang menggerakan seluruh anggot badan itu sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan wanita yang aktif secara fisik selama setidaknya 30 menit sehari memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Olahraga teratur juga merupakan salah satu cara yang terbaik untuk membantu menjaga berat badan agan.


3. Konsumsi Buah & Sayuran Serta Hindari Alkohol


Diet sehat dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Cobalah agan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran, serta jauhkan dari minuman beralkohol. Minum minuman beralkohol tidak baik untuk tubuh, bahkan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Jika agan tidak minum, jangan coba-coba untuk memulai.


4. Jangan Merokok


Orang yang merokok dan yang tidak merokok sama-sama tahu betapa tidak sehatnya merokok. Selain menurunkan kualitas hidup dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan juga setidaknya berpotensi terkena 15 jenis kanker, termasuk kanker payudara. Selain itu merokok juga menyebabkan bau mulut, gigi yang rusak, dan masih banyak lagi.


5. Menyusui


Menyusui selama satu tahun atau lebih ternyata dapat menurunkan risiko kanker payudara. Hal ini juga memiliki manfaat kesehatan yang bagus untuk anak.


6. Hindari Pil KB Setelah Usia 35 tahun atau Jika Merokok


Pil KB sebenarnya memiliki manfaat dan juga efek samping. Semakin muda seorang wanita yang menggunakannya, semakin rendah pula resikonya. Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi pil KB, memiliki resiko terkena kanker payudara sedikit lebih tinggi dari yang tidak mengonsumsi pil KB. Risiko ini akan hilang dengan cepat setelah agan menghentikan penggunaan pil ini.

Resiko stroke dan serangan jantung juga meningkat saat minum pil KB, terutama jika wanita tersebut merokok. Namun, penggunaan jangka panjang juga dapat memiliki manfaat penting, seperti menurunkan risiko kanker ovarium, kanker usus besar dan kanker rahim, jadi sebenarnya juga banyak manfaatnya. Jika agan sangat khawatir tentang kanker payudara, menghindari penggunaan pil KB adalah salah satu pilihan untuk menurunkan risiko.


7. Menggunakan Obat Tamoxifen dan Raloxifene


Walaupun bukan sesuatu yang alami, menggunakan obat tamoxifen dan raloxifene dapat secara signifikan menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang berisiko tinggi terkena kanker payudara. Obat ini sudah disetujui oleh FDA untuk pencegahan kanker payudara.

Itulah beberapa cara yang bisa agan lakukan untuk mencegah kanker payudara. Gunakan cara diatas sebagai kebiasaan, agar menjadi lebih efektif untuk mencegah kanker payudara.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....