U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan buku panduan untuk belajar membuat animasi 3D menggunakan software Blender. Buku yang akan saya bagikan ini berformat PDF dan bisa agan download secara gratis tanpa perlu membayar.

Buku yang berjudul Open Source 3D Animation: Blender Publisher Unleashed Ebook ini ditulis oleh Fidelis Josaphat Soekahar yang berisi panduan-panduan untuk belajar membuat film animasi 3D menggunakan software bernama Blender.
Kenapa menggunakan Blender?
Karena software ini open source sehingga dapat digunakan oleh siapapun secara gratis dan mempunyai fitur yang sangat bagus.

Animasi yang dihasilkan oleh software gratis ini pun bisa bersain dengan animasi yang diciptakan dengan software berbayar. Tampilan Blender yang sederhana sangat cocok digunakan untuk belajar, misalnya untuk mengedit suatu objek agan hanya perlu menggunakan mouse dan keyboard saja tanpa perlu menggunakan tool atau prosedur yang rumit. Karena software Blender sudah dioptimalkan dengan shorcut-shortcut dan tombol-tombol yang mudah dimengerti bahkan bagi orang yang baru belajar sekalipun.


Di Blender sudah dilengkapi dengan tool-tool yang memberikan efek tertentu misalnya air, hembusan angin, api, dan masih banyak lagi.
Jika agan belum mempunyai software Blender, agan bisa download melalui link dibawah ini.


Untuk mempermudah pembelajaran dalam pembuatan animasi 3D, saya sarankan agan untuk mempelajari dahulu fungsi-fungsi dan fitur dasar dari software Blender agar mudah dalam prakteknya.

Salah satu fitur dari software Blender adalah Grease Pencil yang berguna untuk membuat sketsa dari objek yang akan agan bentuk. Fitur-fitur lain dari Blender adalah Physic Force Field, FX and Effect Support, HDRI Support, Add-Ons Support, Compositing and Node, 3 Render Engine, Import Export 3d, Video Editing, Animating dan Rigging, 3D Modelling, UV Mapping, dan masih banyak lagi.

Blender 3D dapat juga membuka file dari aplikasi sejenis lainnya seperti 3Dsmax, Maya, dan Modo dengan menggunakan fitur import dan exportnya. Jadi agan bisa mengedit file tersebut di aplikasi Blender jika aplikasi tersebut berjalan lambat atau terlalu berat.
Semua materi pembelajaran dalam pembuatan animasi 3D dengan media Blender sudah terdapat dalam buku yang bisa agan download melalui link dibawah ini.

Silahkan download buku ini dan jangan lupa share ke teman atau kerabat agar mereka juga tahu.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...