Tuesday, 6 February 2018

10 Website Terbaik Untuk Belajar Linux Secara Online




Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi beberapa situs website yang bisa agan gunakan untuk mempelajari berbagai hal seputar Linux.

Mungkin Linux saat ini masih menjadi sistem komputer yang masih jarang orang yang mengusai, padahal nama Linux sudah sangat populer. Salah satu penyebab sedikitnya orang yang menguasai Linux karena sejak kita sekolah yang diajarkan pertama kali tentang konputer pasti Windows, bahkan di kehidupan sehari-hari mayoritas menggunakan komputer Windows.

Nah bagi agan yang ingin mempelajari seluk beluk tentang Linux maka agan bisa mengunjungi beberapa situs website yang sudah saya rangkum dibawah ini. Situs-situs ini sudah lengkap membahas materi untuk belajar Linux dari mulai pengenalan hingga tinggak pemrograman mahir.


Daftar Situs Website Terbaik Untuk Mempelajari Linux


1. Linux Programming


Linux Programming merupakan sebuah situs website resmi yang memberikan materi tentang pemrograman Linux dan Unix. Situs ini menberikam materi yang bisa agan gunakan untuk mempelajari tentang pengembangan aplikasi Linux. Disini juga banyak penjelasan-penjelasan yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan seputar Linux seperti kerangka dasar Linux, pentingnya Linux, perbedaan Linux dengan Unix, dan lain sebagainya.


2. Panduan Penggunaan Linux Untuk Pemula


Saat ini sebenarnya penggunaan sistem Linux sudah sangat luas karena kebebasan dalam pengembangannya. Jadi seseorang atau suatu perusahaan bisa menciptakan Linux versinya sendiri sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang mereka kehendaki. Tidak bisa dipungkiri, sistem komputer yang membutuhkan keamanan tinggi pasti menggunakan Linux sebagai sistem operasinya, misalnya komputer server dan komputer untuk sistem ATM. Nah jika agan memang baru mulai belajar menjalankan Linux, agan bisa mengunjungi situs website ini untuk mempelajari dasar-dasar dan pengoperasian Linux.


3. Linux Security Untuk Pemula


Situs website ini membahas mengenai sistem security Linux atau keamanan Linux. Agan sudah tahu kan bahwa mayoritas peretas atau hacker menggunakan Linux?
Nah sebenarnya Linux ada beberapa distro yang memang menpunyai kemampuan untuk membobol suatu sistem. Sebenarnya distro tersebut dibuat dengan tujuan uji keamanan namun malah disalah gunakan untuk melakukan kejahatan hacking. Nah di situs ini agan akan mendapat materi belajar khusus seputar keamanan dengan Linux seperti firewall, keamanan jaringan, dan sebagainya. Saya rasa situs website ini sangat cocok digunakan sebagai media belajar seputar Linux.


4. Konsep Dasar Linux


Untuk website ini memang ditunjukan khusus bagi agan yang memang masih belum memahami dasar-dasar Linux.
Materi yang dipelajari mengenai Linux di website ini adalah dasar-dasar dari Linux meliputi perbedaan Linux dengan Windows, sistem admin Linux, linux server VPS hosting, command Linux sederhana, hostname, DNS, dan lain-lain


5. nixCraft


nicCraft merupakan salah satu situs website tertua yang membahas mengenai seluk beluk Linux. Situs website ini telah ada sejak Mei 2002. Terdapat ribuan artikel yang membahas seputar Linux. Segala hal tentang Linux sudah ada lengkap menyeluruh mulai dari dasar-dasar Linux, command Linux, tool backup, paket instalasi, tutorial instalasi, penanganan masalah Linux, dan lain-lain. Sehingga website ini wajib agan kunjungi jika agan ingin mempelajari Linux secara menyeluruh.


6. edX


edX adalah situs website edukasi yang bertujuan memberikan akses pendidikan yang berkualitas untuk semua orang dimanapun berada.
Lembaga yang didirikan oleh Harvard University dan MIT menawarkan pembelajaran yang berkualitas dan efektif.
Sistem pembelahjaran disini adalah kursus dengan pengajar yang berkualitas, dan tentunya agan bisa mengikutinya secara gratis. Agan pasti sudah tidak asing kan dengan nama Harvard University?
edX bisa menjadi media referensi untuk belajar Linux.


7. ArcWiki


Linux adalah perangkat lunak opensource yang bisa agan gunakan secara gratis, dan tentu saja agan juga bisa mempelajarinya secara gratis.
Tidak peduli distro Linux apa yang agan gunakan, disini semuanya sudah ada lengkap sepeti menejer paket, config, desktop, editor, boot, dan lain-lain.


8. Tutorials Daddy


Tutorials Daddy merupakan situs website online yang bisa agan gunakan untuk belajar Linux, juga sangat cocok untuk pelatihan seputar teknologi secara tertanam. Di Tutorials Daddy, sudah ada banyak para ahli Linux Kernel, Linux Driver, Linux Program, Web Development, dan Marketing yang siap berbagi pengalaman. Situs ini saya rasa layak digunakan  sebagai media pembelajaran Linux.


9. Linoxide

Linoxide merupakan situs website tentang Linux yang berdiri sejak 2006, dan terkenal dengan sebutan ExpertLogin. Di situs ini pembahasannya tidak terlalu lengkap, karena mengkhususkan pada panduan tutorial. Namun jika masalah tutorial Linux, situs ini tidak ada tandingannya.


10. Compute Freely


Compute Freely adalah tempat yang sangat friendly untuk mempelajari segala hal tentang Linux. Bahkan untuk agan yang baru mulai belajar Linux alias pengetahuan tentang Linux masih nol, agan bisa mengunjungi situs ini untuk mempelajari seputar Linux.
Disini agan akan dijelaskan tentan software open source, macam-macam distro Linux, dan alasan lain mengapa agan harus menggunakan Linux.


Itulah beberapa situs website yang membahas seputar Linux dan bisa agan gunakan untuk mempelajari Linux.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....