Sunday, 11 March 2018

Cara Menggunakan Screenshot Editor Android P Markup Di Semua Tipe Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menggunakan fitur screenshot editor yang ada di Android P di semua tipe OS Android.

Agan mungkin sedikit iri saat mengetahui bahwa iOS 11 dirilis dengan dibekali fitur screenshot editor. Namun belum lama ini muncul kabar bahwa pihak pengembang dari Google juga sedang mengerjakan fitur screenshot editor yang akan dibekalkan pada Android P. Menurut informasinya hingga saat ini, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna smartphone Google Pixel saja.

Namun berkat seorang pengguna XDA yang bernama Quinny899, tool Markup screenshot editor ini telah berhasil dicuri teknologinya dan dibuatlah aplikasi yang mempunyai fungsi yang sama. Aplikasi ini mengambil fungsi berdasarkan pratinjau aplikasi Markup screenshot editor dari Google Pixel, namun didesain dapat digunakan pada semua smartphone Android, sehingga agan bisa merasakan fitur edit screenshot seperti pada iOS. Yang perlu agan lakukan hanyalah mendownload aplikasinya secara gratis di XDA, namun tampilannya agak rumit sehingga agan perlu sedikit cermat.


Menggunakan Fitur Screenshot Editor Di Semua Perangkat Android


Langkah #1

Untuk langkah pertama, silahkan agan download aplikasinya di XDA karena memang tidak tersedia di Google Play Store.


Jika agan merasa bingung untuk mengunduh aplikasinya di XDA, akan saya kasih tahu letak link downloadnya. Silahkan agan cari tulisan Attached Files, untuk mengunduh aplikasinya silahkan agan klik tulisan com.google.android.markup.apk.

Langkah #2

Setelah proses download aplikasi sudah selesai, silahkan install aplikasinya. Silahkan lihat notifikasi download, lalu buka aplikasinya dan ketuk Pasang. Tunggu sampai proses instalasi aplikasi, umumnya tidak sampai 5 menit.

Langkah #3

Untuk menggunakan aplikadi Android P Markup yang baru, dipasang tadi, mulailah dengan mengambil tangkapan layar seperti biasanya. Namun tidak seperti pada Android P, versi Android yang lebih lawas tidak memiliki tombol Edit pada pemberitahuan screenshot. Tapi ini tidak menjadi masalah kok, cukup ketuk tombol Share pada notifikasi, lalu pilih Markup pada menu yang muncul.


Dengan aplikasi ini agan bisa melakukan editing screenshot sesuka hati. Ada tool pena, soft, ataupun efek-efek lain yang bisa mengubah tampilan menjadi lebih menarik. Agan juga bisa menggunakan fitur drag, crop, redo, dan juga tombol-tombol lainnya.


Setelah selesai, ketuk tanda centang di pojok kanan atas untuk menyimpan semua hasil editing agan.

Itulah tutorial singkat tentang cara menggunakan fitur editor screebshot Android P Markup pada semua perangkat Android.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon