Wednesday, 21 March 2018

Cara Memindahkan Video (RIP) Dari DVD ke Harddisk Komputer

Cara Memindahkan Video (RIP) Dari DVD ke Harddisk Komputer

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara memindahkan video atau Ripping dari DVD ke harddisk komputer.

Seiring perkembangan teknologi, khususnya perkembangan layanan streaming seperti Youtube, penjualan DVD kini semakin merosot. Hal ini mungkin menjadi tanda bahwa DVD akan menyusul tenggelam seperti pendahulunya, VHS dan kaset audio. Jika hal itu terjadi, DVD player sendiri mungkin sudah tak akan laku lagi di pasaran.

Sebelum itu terjadi, akan lebih baik jika agan memindahkan file video dari DVD yang agan punya ke harddisk agan. Hal ini hanya untuk menjaga file, mengingat DVD ini memang sangat rentan mengalami kerusakan. Tentunya agan tidak mau kan jika kehilangan video kesayangan agan gara-gara kaset DVD agan tersebut rusak. Apalagi videonya itu video berisi kenangan penting seperti peristiwa-peristiwa pernikahan, reunian, dan yang lain, pasti sangat sedih jika itu seluruh kenangan itu hilang.

Selain itu dengan agan memindahkan video dari DVD, ini akan memudahkan agan untuk menonton video itu kapan saja dan dimana saja. Agan dapat menonton di laptop ataupun di smartphone agan. Jadi menonton video akan jadi lebih mudah dan efisien dibandingkan ketika harus menggunakan DVD Player.

Lalu bagaimana cara memindahkan video DVD ke harddisk?
Jika agan penasaran, silahkan baca artikel ini hingga selesai. Karena saya sudah menuliskan langkah-langkah untuk memindah video dari DVD ke harddisk komputer secara lengkap.


Cara Memindahkan Video Dari DVD Ke Harddisk Komputer


Perlu diingat, untuk memindahkan file video dari DVD ke harddisk tak semudah mengcopy file lain seperti yang umum agan lakukan. Jika biasanya agan cukup dengan menekan CTRL+C kemudian CTRL+V untuk memindahkan file tertentu, maka hal itu tak akan berlaku untuk memindahkan file video dari DVD. Agan memerlukan bantuan software pihak ketiga untuk melakukannya.

Ada banyak software DVD ripping yang dapat agan pakai. Dari mulai yang berbayar sampai yang gratis pun juga ada. Untuk software berbayar tentunya agan harus mau mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk beberapa software DVD ripping tertentu, agan dapat menghabiskan uang lebih dari $50. Namun agan tidak usah khawatir, software gratisan juga tidak kalah kok dengan software yang berbayar.

Salah satu software gratisan yang bisa agan gunakan adalah Handbrake. Software ini telah tersedia untuk diaplikasikan di Windows, Mac, dan juga Linux. Hebatnya lagi, software ini juga bisa diaplikasikan untuk mengkonversi video ke format dan codec lainnya. Ini adalah software yang sangat saya rekomendasikan. Sebelum melakukan tutorial untuk memindahkan video dari DVD ke harddisk komputer ini, agan harus download dulu bahan-bahannya. Silahkan agan download melalui link dibawah ini.


Untuk apa libdvdcss? Ini untuk masuk ke DVD Copy Protected. Tanpa file ini, agan tidak akan bisa memindahkan file video DVD agan. Karena DVD Copy Protected ini biasanya tertanam di dalam DVD untuk mencegah pembajakan.

Download dan install Handbrake. Kemudian pindahkan file libdvdcss ke folder instalasi Handbrake. Biasanya berlokasi di C:\Program Files atau Program Files(x86)\Handbrake. Bila sudah, mari kita ke langkah memindahkan video DVD ke Harddisk


Langkah #1 Memindai DVD


Sebelum menjalankan software, masukkan dahulu DVD ke DVD Room pada laptop maupun komputer agan kemudian buka software Handbrake.

Setelah software terbuka, agan akan melihat sebuah menu Source Selection di sisi kiri layar. Double klik pada ikon DVD dan abaikan pilihan Folder dan File.


Handbrake akan memakan waktu beberapa detik untuk memindai konten. Disinilah ke file libdvdcss, seandainya agan salah dalam meletakkan file ini, maka akan muncul pesan Error. Seandainya tidak muncul, agan akan dibawa ke me.



Langkah #2 Pilih File


Handbrake memungkinkan agan untuk memilih konten apa yang ingin agan pindahkan dari DVD. Agan bisa menjalankan seluruh pengaturan ini di menu Source.

Video DVD bisa dipecah menjadi beberapa bagian. Hal ini dilakukan untuk memudahkan navigasi dan Angle (sudut). Pada DVD modern, Angle umumnya diterapkan untuk menyimpan dubbing atau subtitle yang ada pada video. Aturlah Angle dan Chapters sesuai dengan keinginan agan. Agan juga bisa merubah Chapters menjadi Frame atau Second dalam proses pemotongan video.


Langkah #3 Pilih Direktori Penyimpanan Video


Disini agan tinggal memilih lokasi dimana agan ingin menyimpan video hasil ripping. Klik Browse untuk memilih direktori dan pastikan agan memberikan nama yang sesuai.


Langkah #4 Mengatur Kualitas dan Resolusi Video


Di sisi kanan layar, agan akan melihat menu Presets. Secara default, handbrake akan menyesuaikan sendiri kualitas output video dengan kualitas asli DVD agan. Selain itu, agan juga bisa mengatur sendiri kualitas output video yang ingin agan pakai.


Ada banyak opsi yang bisa agan pilih. Namun yang perlu diingat, semakin tinggi kualitasnya maka akan semakin lama juga bagi handbrake dalam melakukan progres pemindahan video dan tentunya ukurannya pun semakin besar.


Langkah #5 Menentukan Audio dan Subtitle


Di bagian bawah tampilan handbrake, agan akan melihat enam buah menu: Picture, Filters, Video, Audio, Subtitles, dan Chapters.

Pada menu Picture, Filter dan Video, agan bisa bebas mengontrol bagian ini sesuai dengan keinginan agan. Yang perlu agan perhatikan yaitu pada menu Audio dan Subtitles. Pilihlah audio dan juga subtitle yang sesiai dengan bahasa yang agan gunakan.




Langkah #6 Jalankan Proses Ripping Video DVD


Nah setelah agan menyesuaikan settingan output video, kini tinggal saatnya untuk memindahkan video dari DVD agan. Agan cukup klik tombol Start Encode yang ada di bagian atas layar.

Progres ripping (pemindahan video dari DVD) dapat memakan waktu cukup lama, hal ini tergantung pada durasi video dan pengaturan kualitas yang telah agan pilih tadi. Untuk memantau progres pemindahan file, agan dapat mengeceknya lewat menu Activity Log.


Itulah tutorial tentang cara memindahkan video dari DVD ke harddisk komputer.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon