Pengertian Virus Komputer Sekaligus Ciri Dan Kemampuannya

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian virus komputer sekaligus ciri dan kemampuannya.

Virus sudah menjadi sesuatu yang akrab ditelinga karena mayoritas orang yang biasa menggunakan perangkat komputer dan smartphone pernah berurusan dengan yang namanya virus. Sebenarnya virus itu sangat luas, seperti virus pada manusia, komputer, hewan, dan lain sebagainya. Namun pada artikel ini saya hanya akan membahas tentang pengenalan dan pengertian dasar tentang virus komputer.


Pengertian Virus Komputer Sekaligus Ciri dan Kemampuannya


Pengertian Dasar Virus Komputer


Secara umum, virus komputer adalah suatu program atau perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk menyusup pada sistem komputer melalui media atau dokumen tertentu dan dapat mengendalikan diri. Virus tersebut umumnya menyerang sistem keamanan komputer, dan ikut berjalan menyamar sebagai operasi sistem sejak komputer tersebut dinyalakan.

Virus didesain dengan kemampuan untuk bisa menggandakan diri, memanipulasi, mengubah, dan merusak suatu sistem data komputer seperti yang sudah diprogramkan oleh sang pembuatnya. Setiap pembuatan virus biasanya mempunyai tujuan dan sasaran tertentu, antara lain:

  • Menyerang sistem partisi hard disk
  • Menyusup ke boot sector pada media penyimpanan (hard disk, flask disk, dll)
  • Menghapus data tertentu pada komputer korban
  • Melakukan perusakan dalam sistem komputer
  • Untuk spam iklan atau sponsor
  • Menginfeksi program-program yang ada di dalam komputer korban
  • Menjalankan operasi-operasi tertentu seccara ilegal misalnya memutar lagu,mengeluarkan suara tertentu, menampilkan gambar, dan lain sebagainya.


Ciri-Ciri dan Kriteria Virus Komputer


Walaupun virus komputer itu kadang menyamarkan diri sebagai file dan program biasa, namun kita masih bisa mengenalinya berdasarkan ciri-cirinya. Memang kita akan kewalahan jika harus memeriksa semua file komputer satu-satu, namun ciri-ciri ini anggap saja sebagai pengetahuan dasar tentang virus komputer yang diterapkan pada program antivirus untuk mengenali virus. Suatu program dapat disebut sebagai virus komputer apabila memenuhu kriteria-kriteria dibawah ini.

  • Memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data-data atau informasi tertentu
  • Memiliki untuk memeriksa detail dan mengakses suatu file pada komputer
  • Memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dan bisa menularkan diri ke perangkat lain melalui berbagai media
  • Memiliki kemampuan untuk menyembunyikan diri, biasanya menyamar sebagai file sistem


Kemampuan Virus Komputer


Virus komputer bukan hanya program sederhana yang hanya mampu berbuat jail. Sudah banyak virus komputer yang di program dengan algoritma canggih, sehingga mampu melakukan tugas tertentu dan sulit untuk dibasmi. Kemampuan dari virus komputer tersebut akan saya jelaskan satu-persatu secara singkat dibawah ini.

Virus Mampu Memperbanyak Diri

Kemampuan dasar dari virus komputer adalah memperbanyak diri. Hal ini menyebabkan virus tersebut sangat sulit untuk diberantas. Walaupun virus tersebut lemah dan bisa dihapus, namun kalo sudah terlanjur banyak ya cukup merepotkan. Apalagi kalau virus tersebut sudah menginfeksi banyak perangkat komputer, akan lebih sulit lagi pemberantasannya.

Skema penyebaran dari virus komputer dimulai saat suatu virus masuk ke komputer dan menginfeksi sebuah file. Kalau sudah seperti itu maka akan sangat mudah bagi virus tersebut untuk menginfeksi file lainnya dan mulai menyebar. Tidak jarang virus tersebut menyembunyikan atau menghapua suatu file yang terinfeksi dan virus akan menyamar sebagai file tersebut. Disitulah awal mula penyebaran virus ke komputer lain dengan media flash disk atau media penyimpanan yang lain dimana digunakan untuk menyalin file yang sudah terinfeksi virus.

Virus Mampu Mencuri dan Mengumpulkan Data

Virus juga bisa digunakan sebagai mata-mata untuk mengumpulkan informasi tertentu. Virus tersebut secara otomatis akan mengumpulkan berbagai informasi dalam komputer seperti dokumen penting, foto privasi, log internet, dan lain sebagainya.

Virus Mampu Mengenali Virus Lain

Kemampuan ini sangat unik, karena virus tersebut seperti bisa berinteraksi satu sama lain. Ketika virus menemukan file yang masih bersih maka dia akan langsung menginfeksi file tersebut, namun jika menemukan file yang sudah terinfeksi virus maka dia akan melewatkannya. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi infeksi ganda pada suatu file.

Virus Mampu Menyenbunyikan Diri

Virus mampu berkamuflase untuk menyembunyikan dirinya dari pengguna komputer maupun dari software antivirus. Virus akan membuat dirinya memiliki ukuran yang kecil, sehingga agan tidak curiga saat menemukannya. Secara default, virus akan membuat dirinya tersembunya (hidden), sehingga jika agan tidak mengatur untuk menampilkan file tersembunyi maka agan juga tidak akan bisa melihatnya.

Untuk virus level rendah, agan masih bisa melihat operasinya melalui Task Manager. Namun untuk virus yang sudah canggih maka agan akan sulit melihatnya, karena menyamarkan diri sebagai operasi sistem. Bahkan ada yang mampu mematikan fungsi dari Task Manager.

Virus Memiliki Kemampuan Manipulasi

Tiap virus memiliki tingkatan yang berbeda-beda, ada yang hanya jail, membuat kita emosi, sampai ada yang berbahaya. Virus yang berbahaya tersebut mampu mengubah pengaturan komputer dan melakukan sesuatu pada data-data agan, misalnya:

  • Menampilkan pesan-pesan aneh di windows, mengubah tampilan layar, dan lain senagainya.
  • Menyembunyikan atau menghapus file yang ada di dalam komputer agan.
  • Mengacau komputer dengan mematikan layanan-layanan tertentu seperti keyboard, mouse, printer, dan lain sebagainya.


Itulah pembahasan singkat tentang pengertian virus komputer sekaligus ciri dan kemampuannya.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....