U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian ISP internet beserta contohnya lengkap.

Jaringan internet adalah jaringan komputer yang menjangkau seluruh dunia, dengan adanya jaringan internet ini segala informasi yang agan butuhkan dapat agan peroleh dengan cepat dan mudah. Untuk mengakses jaringan internet ini agan harus mempunyai akses internet, dimana koneksi internet ini dapat agan peroleh dengan membeli paket tertentu pada layanan ISP.

Jika agan ingin mengetahui lebih dalam seputar ISP internet, silahkan baca artikel sampai selesai. Dibawah ini akan saya bahas secara lengkap dan tuntas pengertian ISP internet beserta fungsi, jenis, dan contohnya


Pengertian ISP Internet Beserta Jenis, Fungsi, dan Contohnya Lengkap


1. Pengertian ISP Internet


ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Apabila diistilahkan satu per satu, Internet adalah media komunikasi dan berita berbasis online, Service adalah layanan yang diberi, dan Provider adalah penyedia maupun pemberi layanan. Jadi, bila diistilahkan dari kumpulan arti kata yang ada pada ISP, maka Pengertian ISP adalah penyedia layanan yang memberikan jalan masuk ke media informasi dan komunikasi berbasis online.

Jika diartikan secara singkat, maka ISP adalah penyedia layanan internet. ISP diperlukan oleh setiap orang untuk bisa terhubung ke jaringan internet. Tanpa penyedia jasa penyedia layanan internet ini, setiap orang tidak akan bisa mengakses internet melalui media atau perangkat apapun.

Di Indonesia sendiri, ISP sering juga disebut dengan sebutan PIJI yakni “Penyelenggara Jasa Internet”. Pemilik maupun penyelenggara dari ISP merupakan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang telekomunikasi. Mayoritas perusahaan penyedia layanan internet merupakan perusahaan penyedia layanan telepon. Keterkaitan antara kedua bidang usaha ini disebabkan karena cenderung lebih mudah untuk dijalankan bersama-sama.


2. Fungsi ISP Internet



  • Melakukan pembatasan akses internet dan pembatasan kuota internet bagi pengguna.
  • Sebagian penyedia ISP juga juga mempunyai layanan Internet call, Video Call, dan juga layanan TV kabel, satu paket dengan layanan akses internet.
  • Mempermudah akses internet bagi pengguna dimanapun, dan kapanpun.
  • Dapat digunakan sebagai koneksi WLAN (Wireless Local Area Network).
  • Memajukan teknologi internet dan juga teknologi informasi pada daerah-daerah tertentu yang belum melek akan teknologi.
  • Mendukung program Internet di sekolah-sekolah.
  • Memberikan troubleshooting atau pemecahan masalah dari koneksi internet pengguna.
  • Dapat membantu pengguna dan pelanggannya agar memperoleh akses internet dari gateway terdekat.
  • Memungkinkan para pengguna untuk mengirim email.


3. Macam-Macam ISP Internet


• Dial Up

Layanan akses internet jenis ini berjalan menggunakan media kabel telepon sehingga agan memerlukan modem dial up. Umumnya agan harus membeli modem dial up namun ada juga provider yang menawarkan atau meminjamkan fasilitas ini untuk agan secara free sebagai komponen dari layanan mereka. Sistem dari layanan ini adalah agan diharuskan mendaftar di perusahaan penyedia layanan jenis ini, lalu agan akan disuruh untuk melengkapi data administrasi. Selanjutnya, agan akan mendapat nama akun dan password untuk mengakses sambungan internet.

• Mobile Access

Layanan akses internet ini sangat mudah dan praktis. Pada umumnya dipakai oleh mahasiswa, online shop atau UKM (Usaha Kecil Menengah). Agan cukup menggunakam smartphone atau modem Mobile Access bagus yang bertipe GSM atau CDMA untuk dapat menjalankan layanan ini. Pada umumnya pembayaran dibayar dengan pulsa yang pengisiannya lebih praktis. Akan tetapi layanan ini mempunyai beberapa kekurangan antara lain hanya dapat digunakan di wilayah yang terjangkau sinyal dari provider, menggunakan batasan kuota akses dan cuaca buruk bisa menggangu sinyal sehingga berpengaruh pada kecepatan akses internet.

• Hot Spot

Istilah Hot Spot digunakan untuk menyebut sebuah area yang ada jaringan internet sehingga agan dapat terhubung ke jaringan internet. Agan dapat memanfaatkan layanan dengan komputer, smartphone, atau peralatan lain yang mendukung koneksi WiFi. Layanan hot spot umumnya terdapat di tempat publik seperti kafe, mall, universitas, taman kota, rumah sakit, dan lain-lain.

• DSL (Digital Subcriber Line)

DSL adalah sebuah layanan internet yang juga menggunakan media kabel telepon. Layanan ini mempunyai frekuensi yang berbeda sehingga agan dapat menjalankan akses internet berdampingan dengan saluran telepon dalam satu waktu. Dari segi kecepatan DSL termasuk cepat, melebihi layanan dengan Dial Up.

• BPL (Broadband over Power Lines)

BPL (Broadband over Power Lines) adalah layanan internet yang menerapkan jaringan tv kabel. Perangkat yang dipakai berupa modem broadband. Nah, disini agan dapat menonton tv sambil berinternetan selama 24 jam nonstop dengan kecepatan 384kb – 3mb. Kelemahan dari layanan internet BPL yaitu keterbatasan area. Hanya pengguna yang dilalui oleh TV kabel yang bisa menggunakan layanan ini.

• T1 dan T3 Line

T1 adalah layanan internet berkecepatan tinggi yang menggunakan kabel telepon terdedikasi dan mampu mentrasfer data mencapai 1.544 Mbps. Pada umumnya yang menggunakan layanan internet ini adalah perusahaan besar atau instansi pemerintah yang membutuhkan saluran internet berkecepatan tinggi. Nah, T1 ini dapat memiliki 24 saluran. Sedangkan T3 kecepatannya mencapai 44.736 Mbps. T1 line disalurkan melalui jaringan kabel Twisted-pair, kabel coaxial atau kabel fiber optik. Sedangkan T3 hanya bisa menggunakan kabel fiber optik.

• Satelite VSAT (Very Small Aperture Terminal)

VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan menerapkan antena piringan (seperti parabola) yang berfungsi mengirim dan mendapatkan data ke satelit. VSAT ditembakan menuju posisi satelit geostasioner yang merupakan satelit berposisi tetap relatif kepada perputaran bumi sehingga berorbit pada lokasi yang sama. Pemakaian layanan ini memerlukan dana yang besar tetapi sepadan dengan kualitas layanannya dimana kecepatannya dapat mencapai lebih dari 6 Mbps.

• Fiber Optik

Layanan internet fiber optik menggunakan media kabel fiber optik sehingga bisa mengalirkan data dengan kecepatan sangat tinggi, mencapai 1 Gbps. Umumnya yang menggunakan layanan ini adalah perusahan besar dan instansi pemerintahan.

• Gelombang Radio

Gelombang radio adalah sejenis dari radiasi elektromagnetik. Jadi saluran yang mengaplikasikan sistem ini hanya dapat beroperasi pada tempat yang ada pemancarnya dalam radius tertentu. Transfer data dapat mencapai kecepatan 512 kbps dimana peralatanya menggunakan modem khusus. Layanan ini sudah jarang digunakan saat ini.


Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian ISP internet beserta fungsi, jenis, dan contohnya.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...