U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas penyebab dari layar smartphone yang menjadi kuning dan beberapa cara untuk mengatasinya.

Layar merupakan komponen vital pada smartphone, karena dengan komponen inilah semua aktivitas smartphone dilakukan dan ditampilkan seperti sebagai pusat kontrol, media penampil utama, dan sebagai lembar kerja.

Dengan adanya layar ini dapat membuat pengguna smartphone lebih mudah melakukan kegiatan dan menjalankan fitur dengan baik karena dapat dilihat secara visual. Bisa dibilang telpon seluler masa kini sudah menghadirkan tampilan antarmuka yang memanjakan mata ketika dilihat di layar.

Jadi bisa disimpulkan bahwa layar menjadi penopang utama smartphone saat ini. Sehingga jika ada masalah sedikit saja pada layar smartphone, maka bisa mengganggu kinerja seperti layar yang meredup, layar sentuh tidak merespon, warna kabur, ada dead pixel, ataupun warna layar menjadi memnguning misalnya.

Banyak sekali kasus layar smartphone yang mengalami perubahan warna yaitu layarnya menjadi agak kuning warnanya. Nah secara khusus saya akan membahas tentang penyebab layar smartphone Android yang warnanya menguning dan cara mengatasinya.


Panyebab Yellow Tint Layar Dan Cara Mengatasinya


1. Penyebab Layar Menguning (Yellow Tint)


Layar kuning atau yellow tint sebenarnya sudah dari dulu ada, namun belum lama ini muncul kembali kasus layar smartphone yang menguning. Khususnya adalah smartphone yang menggunakan layar teknologi Super AMOLED. Teknologi ini memang terkenal rentan terkena yellow tint ketika sudah digunakan dalam waktu lama.

Saat digunakan terlalu sering maka layar smartphone akan mengalami panas yang berlebih atau over heat, sehingga bisa membuat pixel terbakar atau burn pixel. Melakukan proses charging daya sambil digunakan juga berpotensi menyebabkan pixel terbakar karena panas berlebih.

Saran saya sih lebih baik smartphone dalam kondisi mati saat sedang melakukan pengisian daya. Tetapi jika terpaksa harus menggunakan smartphone sambil dicharge, alangkah baiknya hanya digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti SMS, jangan sambil bermain game.

Jadi intinya penyebab layar menjadi kuning adalah karena pixel layar yang terbakar. Jadi jika tidak ingin terkena dead pixel maka hindarilah panas yang berlebih pada smartphone, layar khususnya.


2. Cara Mengatasi Layar Smartphone Menguning (Yellow Tint)


Yellow tint jenisnya berbeda-beda setiap kasusnya. Ada yang hanya yellow tint sementara, ringan, hingga berat. Penanganannya pun berbeda-beda tergantung tingkat keparahannya. Yang termasuk kategori yellow tint sederhana yaitu apabila layar smartphone agan menguning sementara dan nanti pulih lagi. Biasanya penyebab dari yellow tint sementara adalah terjadi panas yang berlebih pada layar, sehingga nanti pulih sendiri saat suhu sudah turun.

Untuk yellow tint tingkat sedang, umumnya agan bisa mengatasinya dengan mengkalibrari ulang layar, misalnya dengan menggunakan Screen Balance. Silahkan agan download aplikasinya melalui link ini.
Nantinya agan dapat mengikuti step by stepnya untuk mengembalikan layar seperti sedia kala.

Pada kasus layar menguning tingkat berat bisanya pixel memang sudah benar-benar terbakar. Sehingga jalan satu-satunya untuk memperbaikinya yaitu dengan melakukan penggantian. Langsung saja bawa ke gerai servis smartphone terdekat.

Itulah beberapa penyebab darui layar smartphone menguning (yellow tint) beserta cara mengatasinya.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...