U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang siklus hidup dan cara kerja virus komputer.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dasar virus komputer sekaligus ciri dan kemampuannya. Namun bagi agan yang belum membaca pebahasan tersebut akan saya ulang sedikit tentang pengertian virus komputer. Secara umum virus komputer adalah program perusak yang masuk kedalam sistem komputer secara ilegal dengan cara menyusup kedalam celah keamanan.

Virus memiliki banyak kemampuan unik seperti mampu menggandakan diri, mengubah pengaturan komputer, mencuri data, menyembunyikan file, dan lain sebagainya. Nah virus sendiri memiliki siklus hidup dan cara kerja yang unik. Pada artikel ini secara khusus saya akan membahas tentang siklus hidup dan cara kerja virus komputer.


Siklus Hidup Dan Cara Kerja Virus Komputer


Siklus Virus Tidur (Dormant Phase)


Siklus ini adalah siklus awal saat virus baru menginfeksi komputer agan. Walaupun virus dalam keadaan tidur, namun sebenarnya virus ini sudah menyebar di dalam komputer agan. Hanya saja virus ini belum aktif beroperasi, dengan kata lain masih menjadi virus pasif. Pada fase ini adalah waktu yang cepat untuk membunuh virus dengan antivirus, jika memang agan sudah menyadari keberadaannya.

Virus tersebut akan aktif apabila terpicu oleh sesuatu yang memang sudah diprogram oleh si pembuatnya. Misalnya saja virus tersebut akan aktif pada tanggal tertentu, aktif apabila semua program ativirus dikomputer agan mati, atau pemicu-pemicu lainnya yang tiap virus berbeda-beda.


Siklus Penyebaran Virus (Propagation Phase)


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, virus mempunyai kemampuan untuk menggandakan diri sehingga akan langsung beroprasi menggandakan diri dan mulai menyebar dan menginfeksi sistem. Mulai dari memasuki RAM (Random Access Memory) dan mulai memasuki program Start Up agar virus langsung berjalan saat komputer baru dinyalakan.


Siklus Virus Aktif (Triggering Phase)


Setelah virus terpicu maka dia akan menjadi aktif dan akan mulai mengotak-atik data agan dan bisa menyusup ke sistem komputer. Biasanya virus menyamar sebagai file seperti software, gambar, video, mp3, atau yang lainnya untuk menarik pengguna komputer unuk menjalankan program tersebut.

Itulah tipu muslihat virus untuk memicu agan agar menjalankan virus tersebut sendiri. Sehingga bisa disimpulkan bahwa virus tersebut diaktifkan oleh user. Sehingga agan harus selalu waspada dan tidak mudah tertarik dengan file yang ada di komputer, bisa jadi itu adalah program virus yang sedang menyamar.


Siklus Saat Virus Mulai Beraksi (Execution Phase)


Pada fase ini virus sudah mulai beraksi, alurnya yaitu VIRUS AKTIF >> MEMBUAT INDUK >> MENULISKAN INFORMASI DI REGISTRY >> MELAKUKAN MANIPULASI. Setelah sampai pada proses MANIPULASI, umumnya virus akan melakukan 2 hal, yaitu MENYERANG dan BERTAHAN.

Saat virus melakukan aksi MENYERANG, biasanya yang dilakukan adalah melakukan enkripsi program, mengganti fungsi sistem komputer, menghapus program, menghentikan task antivirus, dan lain sebagainya. Untuk virus jenis enkripsi, dia akan mulai menggunakan resources komputer (RAM) secara penuh untuk mulai mengenkripsi semua file yang ada di dalam harddisk selain di Drive C.

Hal ini bisa diketahui dengan kinerja komputer yang menurun dan sangat berat karena RAM bekerja secara penuh.
Namun ketika virus melakukan aksi BERTAHAN, dia akan melakukan kamuflase dan menyamar sebagai program sistem agar tidak mudah terdeteksi.

Itulah pembahasan singkat tentang siklus hidup dan cara kerja virus komputer.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...