Teknik Penyamaran Virus Komputer Dan Jenisnya Berdasarkan Kategori Sistem Yang Diserang

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang teknik penyamaran virus komputer dan jenisnya berdasarkan sistem yang diserang.

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, secara khusus saya akan membahas tentang beberapa jenis virus komputer dan juga teknik penyamarannya untuk menyembunyikan diri dari deteksi user.


Teknik Penyamaran Virus Komputer Dan Jenisnya


Teknik Penyamaran Virus Komputer


Menyamar adalah keahlian utama dari virus komputer. Dengan begitu virus bisa dengan leluasa menyebar dan mengecoh agan agar mengaktifkan virus tersebut dengan menyamar. Bahkan saya sendiri pernah terkecoh dan secara tidak sengaja mengaktifkan virus.

Hal itu memhang bisa dimaklumi, karena virus sangat sering menyamarkan dirinya menjadi berbagai macam file, antara lain:
Menyamar menjadi ikon teks seperti Notepad serta menggunakan nama yang unik, aneh, menarik, dan kadang jorok. Tujuan penamaan tersebut supaya menarik perhatian pengguna dan menjalankannya. Contohnya Vcybe, Parent, dan lain sebagainya.

  • Virus komputer menyamar sebagai file dokumen DOC Word. Agan perlu berhati-dengan penyamaran ini, karena banyak virus yang menggunakan penyamaran dokumen DOC Word untuk mengecoh pengguna komputer. Pertama-tama, virus akan mencari file dokumen DOC World, lalu akan mengubah nama dirinya seperti file dokumen tersebut dan menggunakan icon dokumen DOC. Lalu file dokumen DOC yang asli akan disembunyikan atau dihapus oleh virus tersebut. Dengan begitu agan tidak akan menyadari bahwa dokumen yang agan buka tersebut adalah virus yang sedang menyamar.
  • Virus komputer menyamar sebagai file gambar. File gambar merupakan jenis file populer yang di komputer jumlahnya sangat banyak. Sehingga virus memilih menyamarkan dirinya sebagai file gambar. Agan perlu berhati-hati bila menemui file gambar yang dirasa agan tidak pernah mempunyai dan memiliki nama aneh, misalnya Tanteku.jpg. Karena bisa jadi itu adalah virus yang sedang menyamar menjadi file gambar. Saya sendiri pernah menjumpai file gambar yang ternyata itu adalah virus komputer, file tersebut bernama melissacantik.jpg.
  • Virus menyamar sebagai file video. Kasus virus yang menyamar sebagai file video sangat sering terjadi. Mayoritas menggunakan nama yang menggoda, misalnya Gadis SMA.3gp, Dipaksa Tante.mp4, dan sejenisnya. Atau juga menggunakan nama yang sedang populer pasa masa itu, misalnya Ria Bali.3gp dan Video Dillapyee.mp4
  • Kadang virus juga menyamar sebagai folder, namun folder itu hanya sebatas icon saja. Sehingga kalau dilihat detailnya di properti, itu bukan folder, melainkan hanya file biasa.
  • Virus menyamar sebagai shortcut program populer seperti Microsoft Word, Corel Draw, Mozilla Firefox, dan lain-lain.


Jenis-Jenis Virus Berdasarkan Kategori Penyerangan


• Virus Komputer Jenis Boot Sector

Virus jenis ini menyerang pada sistem booting komputer agan. Sederhananya virus ini menyerang perangkat penyimpanan yang digunakan untuk booting komputer seperti flash disk dan harddisk. Virus ini pada umumnya tidak bisa menyebar melalui jaringan komputer, namun hanya menyebar melalui media penyimpanan tersebut ketika digunakan pada beberapa perangkat komputer.

Sistem kerjanya, virus akan mengganti boot sector asli dengan program boot virus tersebut. Sehingga virus tersebut akan dengan leluasa menyebar dan beroperasi. Pada sistem operasi Windows, virus ini akan menetap pada sebuah master folder tersenbunyi yang berisi induk virus agar mudah untuk menginfeksi seluruh media penyimpanan. Contoh virus komputer jenis ini adalah:

  • Virus wyx.c (B), memiliki ukuran hanya sebesar 520 byte dan menetap pada media penyimpanan dalam keadaan terenkripsi. Virus ini menyerang boot record dan floppy.
  • Virus jenisi V-sign yang juga memiliki ukuran sebesar 520 bytes dan sasaran utamanya adalah sistem MBR (Master Boot Record).


• Virus Komputer Jenis Makro

Semua sistem operasi kemungkinan bisa diserang oleh virus jenis ini. Karena virus Makro ini tidak dibuat dengan bahasa pemrograman sisten operasi, namun menggunakan bahasa promrograman universal. Sebenarnya virus ini lebih populer disebut dengan virus Macro Microsoft Word karena kemampuannya menginfeksi file dokumen DOC Word. Namun sebenarnya virus ini tidak hanya bisa menyerang file dokumen DOC Word saja, tetapi bisa menginfeksi semua file yang menggunakan bahasa pemrograman yang sama dengan yang digunakan untuk pembuatan virus.

• Virus Komputer Jenis Multi Partition

Sebenarya virus ini sangat mirip dengan virus Boot Sector. Namun bedanya selain virus ini bisa mengganggu proses booting komputer, tetepai juga mampu merusak program-program komputer agan.

• Virus Komputer Jenis Script

Virus script ini dibuat dari batch file, sehingga sering disebut dengan virus batch. Penyebaran utamanya melalui internet dengan menyisipi halaman web HTML (Hyper Text Markup Language), baik yang menggunakan Javascript, Visual Basic, atau gabuang dari keduanya.

• Virus komputer Jenis Stealth

Virus ini bekerja dengan menguasai perintah-perintah DOS dengan mengendalikan table interrupt. Maka dari itu virus ini juga populer dengan sebutan virus Interrupt Interceptor.

• Virus Komputer Jenis Polymorphic

Virus ini terkenal akan kelihaiannya dalam menyamar. Sangat sulit untuk memberantas virus ini, karena mampu berubah menjadi bentuk yang lain. Untuk pembahasan lebih kengkap akan saya bahas pada kesempatan yang akan datang.


Itulah pembahasan singkat tentang teknik penyamaran virus komputer dan jenisnya berdasarkan kategori yang diserang.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....