U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu jenis hacking yaitu Brainjacking yang sangat berbahaya dan mematikan.

Brainjacking adalah istilah untuk peretasan otak manusia. Melakukan hacking pada otak manusia bukanlah cerita karangan yang hanya berupa fantasi saja. Disaat konsep hacking otak sering digunakan sebagai bahan cerita di film fiksi, para ilmuan di Belgia juga melakukan penelitian dengan konsep hacking otak atau Brainjacking.


Brainjacking: Jenis Hacking yang Sangat Berbahaya dan Mematikan


• Brainjacking: Hacking Otak

Para ilmuwan di Belgia telah menemukan bahwa implan otak nirkabel, yang dikenal sebagai neurostimulator, dapat diretas menggunakan alat-alat tertentu. Saat para hacker berhasil melakukan hacking, maka mereka dapat mengubah tegangan dari jarak jauh yang dapat menyebabkan gangguan sensorik, kecacatan, dan yang paling parah adalah kematian.

Deep Brain Stimulation (DBS) adalah prosedur yang digunakan untuk menanamkan neurostimulator. Dengan neurosimulator, kemudian impuls listrik dikirim ke otak. DBS telah digunakan untuk meringankan gejala penyakit Parkinson, nyeri kronis, tremor, dan gangguan medis lainnya. Alat ini juga sudah digunakan untuk mengobati penyakit seperti depresi dan gangguan obsesif-kompulsif.

Informasi medis yang bersifat pribadi juga dapat dicuri karena kurangnya enkripsi dan otentikasi perangkat implan ini. Neurotransmitter di masa depan diharapkan untuk bisa memanfaatkan informasi yang diambil dari gelombang otak seperti P-300 untuk tujuan penyesuaian terapi. Jadi, jika peretas mampu menangkap dan mengevaluasi gelombang sinyal tersebut, maka para hacker bisa membaca pikiran korbannya.

Pada umumnya perangkat medis, termasuk pompa insulin dan defibrillator, dapat dihack orang luar. Setelah perangkat ini terhubung ke internet, semua orang memungkinkan untuk memaksa masuk dan mendapatkan hak akses.

Ada sejumlah alasan mengapa serangan-serangan Brainjacking banyak dilakukan, misalnya dengan motif pemerasan, balas dendam, peperangan, motivasi politik, dan lain sebagainya. Itu juga bisa digunakan sebagai taktik bullying. Seperti yang dilaporkan oleh Fast Company, “Motifnya kadang tidak rasional, pada tahun 2008 sebuah situs web untuk penderita epilepsi diserang menggunakan gambar flash yang dirancang untuk memicu kejang, dengan tujuan hanya untuk hiburan semata"

• Mengamankan Perangkat Medis

Para peneliti di Belgia menjelaskan metode yang mereka lakukan untuk mengamankan peralatan medis dalam makalah mereka yang berjudul Securing Wireless Neurostimulators. Makalah ini dipresentasikan pada Konferensi ACM Kedelapan yang melibatkan rekayasa terbalik dari perangkat medis implan yang tidak disebutkan namanya dan menggunakan peralatan murah untuk menerima dan mengirimkan pesan. Peralatan antena murah yang digunakan para peneliti adalah seperti gambar dibawah ini.


Sekian pembahasan tentang Brainjacking yang termasuk jenis hacking berbahaya dan sangat mematikan.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Source:

https://www.fastcompany.com/3061323/brainjacking-or-how-hackers-can-remote-control-your-medical-implants
https://www.theregister.co.uk/2018/04/18/boffins_break_into_brain_implant/
https://www.esat.kuleuven.be/cosic/publications/article-2803.pdf

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...