Cara Mudah Backup Semua Data, Foto, Dan Status Facebook

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara backup semua data, foto, dan status Facebook untuk mencadangkan data.

Facebook saat ini menjadi akun yang penting karena banyak layanan-layanan lain yang menggunakan Facebook untuk login. Belum lagi Facebook menyimpan kenangan-kenangan peristiwa penting berupa status, foto, maupun video bersama orang-orang terdekat kita. Jika sampai akun Facebook hilang maka akan sangat disayangkan, karena terdapat kontak-kontak penting yang tersimpan.

Sebenarnya Facebook sendiri sudah menyediakan fitur backup data secara manual, hanya saja belum banyak pengguna yang mengetahuinya. Fitur ini menjadi cara efektif untuk mengamankan semua data Facebook kita. Dibawah ini akan saya jelaskan langkah demi langkah cara melakukan backup semua data, foto, dan status Facebook dengan mudah.


Cara Mudah Backup Semua Data, Foto, Dan Status Facebook


Langkah #1


Silahkan agan masuk Facebook dan lakukan login seperti biasa. Lalu masuk ke Pengaturan dengan menklik tanda panah kebawah pada navigasi bar Facebook atau melalui link ini.

Langkah #2


Setelah masuk ke Menu, buka dengan melakukan klik pada pilihan Pengaturan dan kemudian agan akan masuk ke Pengaturan Akun Umum seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas.
Di bagian bawah pengaturan di atas, agan akan melihat link dengan tulisan Unduh salinan data Facebook Anda. Klik link tersebut untuk memulai proses pembuatan data backup. Sebagai bagian dari proses ini, Facebook akan meminta aglan untuk memasukkan kata sandi agan sebelum membuat arsip data. Setelah itu Facebook baru akan mulai membuat cadangan backup data agan. Ketika sudah selesai, pihak Facebook akan mengirim email kepada agan yang isinya bahwa cadangan backup data sudah siap untuk diunduh.

Langkah #3


Agan sekarang bisa kembali ke halaman Pengaturan Akun Umum dan klik link Unduh Salinan Data Facebook. Disini agan akan dihadapkan dengan tampilan yang menyatakan bahwa cadangan data agan sudah siap. Jika agan mengklik tombol Unduh Arsip , agan akan diminta memasukkan kata sandi agan lagi dan kemudian cadangan data akan diunduh.

Unduhan ini akan disimpan dalam bentuk file arsip ZIP yang berisi banyak folder dan file yang berisi data-data agan. Setiap data tekstual akan disimpan dalam file HTML dan foto akan disimpan dalam file gambar secara terpisah. Misalnya, semua kiriman status agan akan dimuat dalam file html yang disebut timeline.htm seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.


Sekarang agan sudah memiliki cadangan semua data penting Facebook agan. Jadi jika agan ingin menonaktifkan atau menghapus akun Facebook agan, agan dapat melakukannya tanpa kehilangan data penting agan.

Sekian tutorial singkat tentang cara backup semua data, gambar, dan status Facebook kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....