Cara Mematikan Akses Internet Untuk Salah Satu Aplikasi di Android

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara mematikan akses internet pada salah satu aplikasi Android.

Android termasuk smartphone yang termasuk boros dalam konsumsi data internet. Hal terserbut juga berdampak pada banyaknya pengeluaran hanya untuk membeli paket data internet dan juga borosnya konsumsi daya baterai. Mayoritas aplikasi Android akan menyedot kuota jika data pada smartphe Android agan dihidupkan, karena setiap aplikasi mempunyai server sendiri yang membuatnya terhubung dengan internet misalnya Facebook, BBM, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Bahkan aplikasi offline pun juga menyedot kuota internet seperti RAR, MX Player, KingRoot, dan sejenisnya untuk memberitahukan pembaruan aplikasi serta menampilkan iklan mereka. Jadi tanpa sadar kita telah membuang banyak kuota internet secara sia-sia. Sebenarnya agan bisa mematikan koneksi interne, tetapi aplikasi penting lain seperti Whatsapp juga jadi tidak bisa bekerja.

Cara terbaik adalah dengan memblokir atau mematikan akses internet pada aplikasi tertentu saja yang agan kehendaki. Lalu bagaimana caranya?
Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa agan lakukan supaya aplikasi tersebut tidak bisa mengakses internet. Caranya dengan melakukan patch untuk membuat aplikasi itu menjadi offline selamanya atau memblokir akses intenet aplikasi tersebut dengan menggunakan firewall.

Namun kali ini saya akan memberikan metode kedua, yaitu menggunakan firewall untuk membatasi akses internet pada aplikasi tertentu. Saya memilih cara ini karena agan bisa mematikan dan menghidupkan kembali hak akses internet pada aplikasi tertentu dengan mudah.

Saya akan menggunakan Mobiwal untuk memblokir akses internet pada aplikasi. Sebenarnya banyak juga aplikasi lain yang memiliki fungsi yang sama. Namun saya merekomendasikan Mobiwal karena penggunaannya yang mudah dan ukuran aplikasinya yang kecil. Untuk lebih jelasnya, silahkan agan simak tutorial mematikan akses internet pada aplikasi dibawah ini.


Cara Mematikan Akses Internet Pada Salah Satu Aplikasi di Android


Langkah 1

Silahkan agan download dan install aplikasi untuk mematikan akses internet pada aplikasi, Mobiwol: NoRoot  Firewall melalui link ini.

Langkah 2


Buka aplikasi Mobiwal, lalu hidupkan proteksi firewall dan masuk ke Firewall Rules.

Langkah 3


Didalam menu Firewall Rules ini terdapat semua aplikasi yang terpasang pada smartphone Android agan. Silahkan agan matikan akses internet dengan tap pada bagian gambar Signal dan Wireless  sampai berwarna hitam pada aplikasi yang agan inginkan. Selesai.

Jika agan ingin menghidupkan akses internet pada aplikasi tersebut maka tap lagi bagian logo Signal dan Wireless sampai berubah warna jadi biru. Dengan mematikan akses internet pada aplikasi yang tidak penting, maka agan bisa lebih menghemat kuota internet, menghemat daya baterai, dan penyimpanan tidak cepat penuh dengan cache aplikasi.

Sekian pembahasan tentang cara mematikan akses internet pada aplikasi tertentu smartphone Android.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....