Wednesday, 18 April 2018

Cara Mencari Atau Mendeteksi Port Terbuka Pada Komputer Linux

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara mendeteksi port yang terbuka pada Linux.

Tentunya kita perlu mengetahui status komputer atau server kita bukan? Agar kita merasa aman, kita harus tahu port mana saja yang terbuka. Karena salah satu faktor keamanan server/komputer adalah terbukanya port. Maka dari itulah saya menulis artikel tentang cara mendeteksi port yang terbuka ini agar agan bisa tahu port yang sedang terbuka di Linux.

Ada beberapa cara untuk mengetahui port yang terbuka di Linux, banyak ragam aplikasinya. Namun yang akan saya bahas disini adalah cara melihat port yang terbuka di Linux menggunakan netstat . Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar tentang netstat, jika belum mari kita lanjutkan pembahasannya. Berikut pembahasan penggunaan netstat untuk mendeteksi port yang terbuka di Linux

Cara Untuk Melihat Port yang Terbuka di Linux


Langkah #1

Pastikan perintah netstat sudah terinstall di server atau komputer agan. Untuk mengecek apakah sudah teristall atau belum, gunakan perintah  man netstat  
Perintah ini akan menghasilkan output halaman menggunakan netstat seperti ini:

Langkah #2

Jika belum terinstall silahkan install dulu netstat-nya dengan menggunakan perintah:
  •  sudo apt-get install netstat (untuk Ubuntu)
  •  yum install netstat  (untuk Centos, RedHat, Suse)

Langkah #3

Jika sudah terinstall langsung saja ketik perintah dibawah ini:

1. netstat -tulpn | less  

2. Maka akan muncul list IP yang sedang terkoneksi beserta port nya. Contohnya sebagai berikut:


2. Jika agan lihat gambar di atas, kolom pertama adalah nama protokolnya (contoh: tcp, tcp6, udp), kemudian ada juga IP local (Local Address), IP luar (foreign address jika ada), statusnya, kemudian kolom terakhir adalah PID (process ID) atau bisa juga aplikasi yang melakukan / membuka port tersebut. Dalam contoh di atas aplikasinya adalah (postgresql, aplikasi Java dan lain-lain). Port yang terbuka bisa dilihat di bagian kolom Local Address.

Mengetahui port yang terbuka itu sangat penting, agar kita memastikan bahwa tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan orang lain untuk mengakses server / komputer kita secara sembarangan. Selain itu, dengan mengetahui port yang terbuka maka kita bisa tahu program apa saja yang jalan dan menggunakan port tersebut. Misalkan agan menggunakan PostgreSQL dan ingin melihat statusnya, agan bisa lihat dengan perintah di atas.

Mematikan Program yang Menjalankan atau Membuka Port

Jika agan ingin mematikan, stop, atau kill program yang menggunakan port tersebut, agan cukup melakukannya dengan perintah kill diikuti dengan proses ID program tersebut. Contohnya, di atas ada program java yang menjalankan port 8080 dengan process ID 26307, maka untuk mematikannya tinggal ketik perintah:  kill 26307  maka program tersebut akan berhenti atau mati.


Sekian pembahasan tentang cara mencari port yang terbuka di Linux.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon