Wednesday, 4 April 2018

Cara Menghapus Virus, Trojan, Malware, Worm, Dan Sejenisnya Di Komputer

Cara Menghapus Virus, Trojan, Malware, Worm, Dan Sejenisnya Di Komputer

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara menghapus virus, trojan, malware, worm dan sejenisnya di komputer.

Jika agan menggunakan komputer, membaca koran, atau menonton berita, agan akan tahu tentang virus komputer atau malware lainnya. Ini adalah program jahat yang begitu mereka menginfeksi komputer agan akan mulai menyebabkan masalah di komputer agan. Apa yang banyak orang tidak tahu adalah bahwa ada banyak jenis infeksi yang dikategorikan dalam kategori umum Malware.


Pengertian Malware

Malware adalah pemrograman atau file yang dikembangkan untuk tujuan melakukan kejahatan. Dengan demikian, yang termasuk malware adalah virus, worm, trojan horse, spyware, hijacker, dan adware jenis tertentu.

Artikel ini akan fokus pada malware, trojan, worm, dan virus, meskipun informasi ini dapat digunakan untuk menghapus jenis malware lainnya juga. Saya tidak akan membahas secara spesifik tentang satu infeksi tertentu, tetapi lebih memberikan gambaran luas tentang bagaimana infeksi ini dapat dihapus.

Untuk sebagian besar instruksi ini memungkinkan agan untuk menghapus banyak infeksi, tetapi ada beberapa yang perlu langkah-langkah khusus untuk dihapus dan ini tidak akan dibahas pada tutorial ini, mungkin akan saya bahas pada artikel lain. Sebelum melanjutkan, penting untuk memahami lebih dahulu pengertian istilah-istilah seputar Malware yang nantinya akan agan baca.

• Ransomware

Ransomware adalah program yang mengenkripsi file di komputer dan kemudian meminta tebusan untuk mendekripsi mereka. Tebusan biasanya dalam bentuk mata uang digital yang disebut Bitcoin.

• Adware

Adware adalah program yang bisa menampilkan iklan di komputer agan. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua program adware dianggap sebagai malware. Ada banyak program resmi yang diberikan secara gratis untuk menampilkan iklan dalam program mereka untuk menghasilkan pendapatan. Selama informasi tentang adanya adware ini jelas maka mereka umumnya tidak dianggap malware.

• Tech Support Scams 

Tech Support Scams adalah program yang berpura-pura menjadi peringatan keamanan dari Microsoft atau perusahaan lain. Peringatan palsu ini menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan komputer agan dan bahwa mereka mengunci agan hingga agan menghubungi nomor telepon yang mereka sediakan atau mengunjungi situs mereka. Setelah agan menghubungi nomor itu, para scammer akan mencoba untuk menjual layanan dan perangkat lunak pendukung jarak jauh yang memang tidak penting.

• Backdoor

Backdoor adalah program yang memungkinkan pengguna jarak jauh untuk menjalankan perintah dan tugas di komputer agan tanpa izin agan. Jenis program ini biasanya digunakan untuk meluncurkan serangan pada komputer lain, mendistribusikan perangkat lunak atau media yang dilindungi hak cipta, atau meretas komputer lain.

• Dialer

Dialer adalah program yang biasanya memanggil nomor dengan tarif premium yang memiliki biaya per menit melebihi biaya panggilan biasa. Panggilan ini dengan maksud untuk mendapatkan akses ke materi pornografi.

• Hijacker

Hijacker adalah sebuah program yang mencoba untuk membajak fungsi-fungsi internet tertentu seperti mengarahkan halaman awal agan ke halaman awal pembajak, mengarahkan permintaan pencarian ke mesin pencari yang tidak diinginkan, atau mengganti hasil pencarian dari mesin pencari populer dengan informasi mereka sendiri.

• Spyware

Spyware adalah program yang memonitor aktivitas atau informasi agan di komputer dan mengirimkan informasi itu ke komputer lain jarak jauh tanpa sepengetahuan agan.

• Trojan

Trojan adalah program yang dirancang untuk tampak tidak bersalah tetapi sengaja dirancang untuk menyebabkan beberapa aktivitas berbahaya atau menyediakan backdoor ke sistem komputer agan.

• Virus

Virus adalah program yang ketika dijalankan, memiliki kemampuan untuk mereplikasi diri dengan menginfeksi program dan file lain di komputer agan. Program-program ini dapat memiliki banyak efek mulai dari memeriksa isi hard drive agan, menampilkan pesan usil, atau tidak melakukan apa pun kecuali untuk mereplikasi dirinya sendiri. Jenis infeksi ini cenderung dilokalisasi ke komputer agan dan tidak memiliki kemampuan untuk menyebar ke komputer lain dengan sendirinya. Kata virus telah salah menjadi istilah umum yang mencakup trojan, worm, dan virus.

• Worm

Worm adalah program yang saat dijalankan, memiliki kemampuan untuk menyebar ke komputer lain dengan menggunakan teknik surat massal ke alamat email yang ditemukan di komputer agan atau dengan menggunakan Internet untuk menginfeksi komputer jarak jauh menggunakan celah keamanan yang diketahui.

Proses Komputer Terkena Infeksi Malware

Sama seperti program lainnya, agar program berfungsi, program harus dimulai operasinya. Untuk sebagian besar infeksi ini dilakukan dengan membuat entri konfigurasi di Registry Windows untuk membuat program ini otomatis berjalan ketika komputer agan mulai dinyalakan.

Sayangnya, dalam sistem operasi Windows ada banyak cara berbeda untuk memulai program yang dapat menyulitkan pengguna komputer untuk menemukannya secara manual. Namun, untungnya ada program yang biasa saya gunakan untuk melihat berbagai program yang secara otomatis dimulai ketika Windows melakukan booting. Program yang saya sarankan untuk versi gratis dan lebih terperinci adalah Autoruns dari Sysinternals. Silahkan download melalui link ini.

Ketika agan menjalankan program ini maka akan ditampilkan daftar semua bprogram yang dimulai otomatis ketika komputer agan booting ke Windows.

Pada kondisi ini, agan harus mengunduh Autoruns dan mencobanya. Cukup jalankan Autoruns.exe dan lihat semua program yang mulai secara otomatis. Jangan hapus centang atau hapus apa pun pada langkah ini. Hanya memeriksa informasi untuk melihat ikhtisar jumlah program yang dimulai secara otomatis. Ketika agan merasa cukup dengan informasi yang agan lihat, lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Menggunakan Anti Virus dan Anti Malware Untuk Melindungi Komputer

Pastikan agan menggunakan program antivirus yang selalu diperbarui ke versi terbaru. Jika saat ini agan belum menginstal antivirus, agan dapat memilih salah satu dari daftar berikut dan menggunakannya untuk memindai dan membersihkan komputer agan. Daftar di bawah ini mencakup program anti-virus gratis dengan kemampuan yang bagus, namun versi gratis biasanya memiliki masa trial saat agan menggunakan untuk memindai dan membersihkan komputer.



Agan juga disarankan untuk menginstal dan memindai komputer agan dengan program Anti-Malware yang bagus. Seringkali program-program malware ini lebih cepat memperbarui versi mereka dari program anti-virus standar serta juga menargetkan lebih banyak adware dan program yang tidak diinginkan.
Program anti-malware terbaik yang saya sarankan adalah:



Sekian pembahasan lengkap tentang cara menghapus virus, trojan, malware, worm, dan sejenisnya di komputer.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

1 komentar so far

penghapus malware terbaik bagiku adalah
Comodo AV , Malbytes, Adaware , bitdefender

proteksi malware terbaik bagiku adalah
Comodo AV , total 360 security, avira,bitdefender,avast,adaware

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon