Sunday, 29 April 2018

Facebook Tor: Dengan Domain Onion (Deeb Web) Agar Selalu Anonymous

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Facebook versi Tor yang menggunakan domain .onion deep web untuk meningkatkan keamanan privasi agar selalu anonymous.

Facebook merupakan layanan sosial media yang terbesar dan paling banyak digunakan saat ini. Hal ini ditunjuang dengan kelengkapan Facebook dari segi fitur, tampilan yang friendly, dan kemudahan dalam operasionalnya.

Dari segi keamanan Facebook sudah tidak perlu diragukan lagi, karena sudah sangat aman. Antara lain verifikasi dua langkah dg nomor telepon dan email, deteksi lokasi login, penggunaan SSL HTTPS, Perfect Forward Secrecy, dan HTTP Strict Transport Security (HSTS).

Namun sebenarnya sudah lama Facebook merilis Facebook Tor, yaitu Facebook dengan menggunakan domain .onion yang hanya bisa diakses dengan browser yang mendukung jaringan Tor atau yang lebih populer disebut dengan jaringan deep web. Nah dibawah ini akan saya bahas secara khusus Facebook Tor yang berdomain .onion, silahkan disimak sampai selesai.


Facebook Tor, Dengan Domain Onion Untuk Menjaga Privasi dan Anonimitas


Seperti yang sudah saya sampaikan di awal tadi, bahwa Facebook merupakan layanan sosial media aman, yang sudah menggunakan verifikasi dua langkah dg nomor telepon dan email, deteksi lokasi login, penggunaan SSL HTTPS, Perfect Forward Secrecy, dan HTTP Strict Transport Security (HSTS).

Namun ternyata nenurut Facebook hal tersebut masih belum bisa menjamin keamanan privasi. Oleh karena itu dirilislah Facebook Tor dengan domaim khusus .onion yang mempunyai keamanan privasi tinggi sehingga membuat pengguna tetap anomymous.

Sebenarnya latar belakang dibuatnya Facebook domain khusus .onion bukan hanya itu saja. Namun karena banyak para pengguna Facebook yang sering membuka Facebook versi biasa (www.facebook.com) melalui browser Tor dan sering dianggap sebagai botnet oleh sistem keamanan Facebook sehingga tidak dapat masuk. Maka dari itu dibuatlah Facebook Tor dengan domain khusus, yaitu https://facebookcorewwwi.onion.

Untuk bisa mengakses Facebook Tor tersebut, agan harus menggunakan browser yang bisa mengakses jaringan Tor atau bisa membuka website dengan domain .onion seperti yang biasa digunakan untuk menelusuri deep web.

Untuk mengaksesnya agan bisa menggunakan Tor Browser, yang dikeluarkan secara resmi oleh Tor Project. Untuk mendownloadnya silahkan agan kunjungi website resminya di https://www.torproject.org. Jika agan masih kesulitan untuk mengakses Tor, silahkan agan baca tutorial tentang cara mengakses situs deep web di blog ini. Masukan saja kata kunci "deep web" di kolom pencarian blog ini, nanti akan muncul artikelnya.

Akan saya jelaskan sekilas tetang Tor Project, sekedar untuk pelengkap saja. Tor adalah proyek open source yang diluncurkan pada tahun 2002 untuk membantu orang menggunakan internet tanpa berbagi informasi seperti alamat IP dan lokasi dengan penyedia layanan dan situs web mereka. Intinya Tor itu menekankan keamanan privasi agar tidak diketahui informasi kita seperti IP, lokasi geografis, alamat email, informasi perangkat, dan sejenisnya.

Sekian pembahasan tentang Facebook Tor, akses domain .onion deep web, dan sedikit tentang Tor Project.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon