Tuesday, 17 April 2018

Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Berjalan Kaki

Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke Dengan Berjalan Kaki

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara pencegahan penyakit stroke dan jantung dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki pasti sudah menjadi kebiasaan setiap insan dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari, namun karena dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini maka banyak dari kita malas untuk melaksanakan kegiatan berjalan jauh.

Dengan adanya kendaraan ibarat sepeda motor atau kendaraan beroda empat membuat aktifitas bergerak kita menjadi berkurang, rujukan untuk membeli sesuatu ke warung bersahabat rumah saja kita lebih senang naik sepeda motor dengan alasan lebih cepat dan tidak cape.

Namun menurut penelitian berjalan kaki rutin setiap hari ternyata mempunyai efek yang luar biasa bagi kesehatan kita, ibarat penelitian yang dilakukan oleh Leicester University menunjukan bahwa berjalan 4.000 langkah setiap harinya sangat baik untuk menurunkan resiko sebanyak 16 hingga 20 persen terkena penyakit kardiovaskular ibarat penyakit stroke dan juga jantung.


Berjalan Kaki Terbukti Bisa Mencegah Penyakit Stroke


Berjalan kaki 4.000 langkah sehari sama dengan berjalan kaki selama 40 menit sehari, dan ini cukup mudah untuk dilakukan bagi setiap kita dan efeknya membuat tubuh kita menjadi bugar dan terhindar dari aneka macam macam penyakit yang berbahaya.

Jika anda termasuk orang yang super sibuk, 2.000 langkah atau sekitar 20 menit sehari berjalan kaki rutin selama setahun sudah membuat tubuh kita bugar dan semakin lama kita berjalan akan semakin baik juga untuk tubuh kita.

Pernahkah kita membayangkan orang-orang jaman dahulu yang menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki, dan mereka jarang mengalami sakit penyakit ibarat jaman sekarang ini, jadi biasakanlah untuk sering-sering berjalan kaki di sela-sela acara anda.

Seperti yang dilansir oleh Daily Mail, seorang peneliti dari Diabetes Research membenarkan bahwa berjalan 4.000 langkah sehari secara rutin dapat menurunkan kolesterol dan juga menjaga kesehatan jantung bahkan dengan melaksanakan olahraga ini efeknya lebih besar dari pada mengkonsumsi obat statin adalah kelas obat yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati kesehatan 9306 orang cukup umur di sejumlah 40 negara dengan duduk perkara toleransi IGT atau gula yang dapat menjadikan penyakit ibarat jantung dan diabetes, dilakukan selama satu tahun menggunakan alat pedometer untuk menghitung langkah dan acara berjalan mereka.

Dan hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang suka berjalan jauh lebih dari 2.000 langkah setiap harinya atau sekitar 20 menit berjalan memiliki resiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung dan stroke, serta menurunkan resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh karena faktor ibarat gaya hidup , kebiasaan merokok serta kelebihan berat badan.

Untuk membiasakan diri berjalan setiap hari tentunya tidak sulit asalkan mempunyai kemauan dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan berjalan ini.

Beberapa tips untuk mampu melaksanakan kegiatan berjalan kaki setiap hari:


  • Biasakan untuk berjalan ketika hendak menuju suatu kawasan yang masih dalam satu kompleks di lingkungan rumah anda, misalnya kalau hendak pergi ke warung bersahabat rumah atau kawasan lainnya.
  • Disiplinlah untuk melaksanakan kegiatan berjalan ini, ingat akan dampaknya yang luarbiasa yang mampu didapat dari berjalan kaki.
  • Ajak keluarga atau sahabat untuk berjalan kaki bersama semoga suasana menjadi lebih menyenangkan.
  • Lakukan dipagi hari atau sore hari semoga tidak menggangu aktifitas rutin anda misalnya bekerja atau sekolah. 
  • Jika ada hari libur misalnya sabtu dan ahad gunakan 20 hingga 40 menit bersama keluarga atau sahabat untuk berolahraga atau berjalan kaki bersama.
  • Untuk anda yang senang shoping ke mall, manfaatkan kegiatan berjalan kaki anda sambil melihat-lihat isi mall ataupun shoping.
  • Jika anda mempunyai cukup uang belilah alat untuk olahraga berjalan di kawasan semoga mampu melaksanakan kegiatan berjalan kaki di rumah.


Sekian pebahasan tentang manfaat olahraga berjalan kaki yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Mari kita biasakan untuk selalu bergerak dan beraktivitas fisik supaya kelak jika kita sudah tua tetap sehat bugar, terhindar dari stroke dan penyakit jantung.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon