Tuesday, 17 April 2018

Penyebab Bayi Susah Makan Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bayi Susah Makan Dan Cara Mengatasinya

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa penyebab kenapa bayi susah makan dan cara membujuknya agar bayi mau makan.

Mempunyai seorang bayi merupakan sebuah kebahagiaan yang sangat istimewa dalam keluarga. Apalagi bayi itu adalah anak pertama agan. Namun terkadang si bayi susah sekali kalau disuruh makan. Tentu saja sebagai orang tua kita juga merasa khawatir jika si bayi susah makan. Karena jika bayi susah makan bisa jadi ada indikasi si bayi tersebut sakit. Belum lagi bayi membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa selalu sehat dan berkembang dengan baik.

Memang jika ada suatu masalah terhadap bayi maka akan lebih baik jika langsung diperiksakan ke dokter anak supaya tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Namun sebagai orang tua kita juga wajib mengetahui sedikit tentang kesehatan bayi, agar bisa merawat bayi dengan baik. Nah kali ini saya sudah menyusun beberapa hal yang bisa menjdi penyebab bayi susah sekali untuk makan dan cara membujuknya supaya bayi mau makan.



Penyebab Bayi Susah Makan Dan Cara Mengatasinya


•Penyebab Bayi Susah Makan


Pada waktu-waktu tertentu kadang bayi susah untuk makan. Penyebabnya ada beberapa macam, untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasan dibawah ini.

1. Menolak Makanan Baru
Penyebab bayi susah makan, salah satunya adalah menolak makanan baru yang diberikan kepadanya. Hal ini bisa dimaklumi, karena si bayi mungkin merasa asing dengan rasa dan tekstur makanan yang baru pertamakali dia rasakan. Hal ini cukup wajar kok, jadi agan tidak perlu khawatir karena bayi masih dalam proses adaptasi.

Cara mengatasinya tidak terlalu susah sebenarnya. Agan hanya perlu memberikan makanan baru yang tekstur dan rasanya hampir sama dengan makanan yang ssbelumnya pernah diberikan kepada si bayi. Misalnya si bayi sebelumnya diberi bubur sumsum, maka agan bisa mencari makanan lain yang hampir mirip tekstur dan rasanya dengan bubur sumsum, misalnya bubur beras.

Pada saat memberikan pertama kali, berikan saja dalam porsi yang kecil, cukup beberapa sendok saja. Biar bayi bisa beradaptasi dengan makanan barunya. Setelah dirasa sudah bisa menerima, agan boleh menambah porsinya menggunakan porsi normal.

2. Refluks Gastroesofagus (GER)
Resfluks Gastroesofagus atau disingkat GER adalah suatu kondisi dimana setelah bayi diberi makanan, makanan yang sudah ada dalam perutnya teesebut kembali keluar. Kalau orang Jawa biasa menyebutnya dengan sebutan gumoh. Perlu dicatat, GER ini berbeda dengan muntah, karena makanan yang keluar adalah makanan yang baru saja masuk ke dalam perut bayi.

Untuk penanganannya, saya sarankan agan agak menegakan posisi bayi saat sedang disuapi sampai sekitar 15 menit setelah makan. Yang saya maksud dengan ditegakan ini bukan bayinya disuruh duduk atau disandarkan. Namun posisi menggendong saat sedang menyuapi. Dan juga berikan makanan dalam porsi yang kecil saja.

3. Sariawan
Sariawan bisa juga menjadi penyebab bayi susah untuk makan. Karena terjadi trauma pada mulutnya sehingga sakit saat digunakan untuk makan. Penyebab dari sariawan bisa karena tergigit sendiri, alergi makanan, infeksi virus, kekurangan vitamin, dan lain sebagainya.

Sebenarnya kasus sariawan pada bayi usia dibawah 10 bulan sangat jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi. Untuk mengatasinya usahakan untuk menyembuhkan penyakit sariawan tersebut atau setidaknya menghilangkan rasa sakitnya agar bayi tidak sakit saat makan.

Selain tiga penyebab diatas sebenarnya masih ada beberapa pebyebab lain yang membuat bayi susah makan antara lain karena lelah, sakit, kenyang, dan lain sebagainya. Yang penting agan sabar untuk nenyuapi makanan sedikit demi sedikit.


•Cara Membujuk Bayi Susah Makan Supaya Mau Makan


1. Ganti jenis makanan. Bisa jadi bayi kurang suka dengan tekstur dan rasa makanan tersebut. Agan bisa menambahkan kecap dan garam untuk menambah rasa, namun sedikit saja hanya sekedar untuk penyedap. Namun agan jangan menambahkan MSG, sangat tidak disarankan untuk bayi.

2. Gantilah sendok yang digunakan untuk menyuapi. Sendok juga bisa menjadi penyebab bayi susah makan. Bisa karena bayi tidak tertarik dengan tampilannya atau karena ukurannya tidak sesuai. Agan jangan menyuapi bayi dengan sendok dewasa dari logam. Saya sarankan menggunakan sendok bayi kecil yang terbuat dari plastik, lebih aman untuk mulit bayi yang sensitif.

3. Ganti menu makanannya secara berkala. Bisa jadi bayi bosan dengan menu makanan yang itu-itu aja sehingga susah makan. Coba diselang seling, misalnya saat ini menggunakan bubur tim, besok bisa menggunakan bubur sumsum atau pisang sebagai selingannya.

4. Berikan air putih. Saat si bayi susah makan, agan bisa menyuapinya dengan air putih hangat satu sendok agar bayi mau membuka mulutnya. Setelah itu baru disuapi dengan bubur tim.

5. Tepuk tangang. Siapa sangka, cara sederhana ini sangat ampuh untuk mengatasi bayi yang susah makan. Jika masih susah makan, coba agan bertepuk tangan lebih kencang sambil berteriak "Horee" sambil menyuapi bayi. Agan tidak perlu malu, orang-orang juga pasti memaklumi karena momong anak. Kecuali kalau agan sendirian, hehehe.

6. Makan bersama. Bayi yang susah makan biasanya mau makan ketika ada orang lain yang sedang makan didekatnya. Entah itu agan atau orang lain.

7. Berikan aroma yang sedap pada makanan. Aroma yang sedap bisa menambah nafsu makan pada bayi, misalnya serai, jahe, vanili, kayu manis, dan pandan. Agan tidak perlu mencampur bahan-bahan tersebut dengan makanan bayi, cukup dekatkan saja bayi dengan aroma tersebut.

8. Untuk bayi yang senang menggigit benda di sekitarnya, berikan mainan yang bisa digigit (mainan harus aman dan bersih) untuk memancing gigitannya. Sehingga ketika bayi siap memasukkan mainan tersebut ke mulutnya, secepatnya agan masukkan sendok berisi makanan ke mulutnya.

9. Tayangan film kartun. Bayi duduk di high chair sambil menikmati tayangan kartun, agar nantinya ia membuka mulut tanpa sadar saat didekatkan sendok ke mulutnya.

10. Mainan yang berbunyi akan lebih menarik perhatian sang bayi, ketika ia lengah maka lebih mudah membuka mulut ketika sendok ditempelkan ke ujung bibirnya.

11. Ringtone HP. Bunyikan ringtone HP dan pegang HP agak tinggi sehingga bayi melihat ke atas sambil membuka mulut.

12. Membuatnya melihat ke atas: Gunakan mainan atau benda yang menarik perhatian bayi agar ia melihat ke atas. Ketika mulutnya terbuka, masukkan sendok berisi makanannya.

13. Makan setelah mandi. Air hangat membuat peredaran darah lebih lancar, serta memicu rasa lapar. Bayi susah makan bisa jadi lebih bernafsu makan setelah ia mandi.


Itulah beberapa kemungkinan penyebab bayi susah makan dan cara untuk membujuk bayi supaya mau makan.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon