Thursday, 19 April 2018

Perbedaan Firebase Dan GCM

Perbedaan Firebase Dan GCM

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan dari Firebase dan GCM.

Firebase dan GCM adalah sama-sama layanan dari Google. Sama-sama memiliki fungsi untuk mengirim notifikasi. Penerapan push notification Firebase sama dengan GCM, atau bisa dikatakan didalam Firebase ada GCM sebagai fungsi pengirim notifikasinya. Jik agan masih bingung, silakan agan simak penjelasan dari perbedaan firebase dan GCM berikut ini.


Perbedaan Firebase dan GCM


1. GCM

GCM adalah layanan push notification dari Google. Jika agan ingin aplikasi mobile ataupun website agan bisa mengirim dan menerima notifikasi dari. Maka agan bisa menggunakan layanan ini secara gratis (untuk saat ini masih gratis). Sebetulnya selain GCM juga ada layanan lainnya di luar negeri sana. Jadi sudah jelas GCM ini khusus untuk push notifcation.

2. Firebase

Lalu apa itu Firebase? Firebase adalah sebuah platform, layanan keseluruhan dari Google untuk solusi back-end aplikasi agan. Dengan demikian kompleksitas back-end di server agan bisa dikurangi. Didalam Firebase ada fitur push notification yang berdasarkan keterangannya, menggunakan GCM. Selain push notification, firebase menyedian Realtime Database, File Storage, Hosting, Authentication dan sebagainya.

Jika agan hanya membutuhkan fungsi push notification saja, maka agan tidak perlu Firebase, GCM saja sudah cukup. Karena fitur notifikasi yang ada di Firebase pun menggunakan GCM, implementasinya sama. Sepertinya Google telah membuat para programmaer/developer bingung dengan membuat tulisan di halaman GCM yang berkata kira-kira "Kini agan bisa menggunakan Firebase sebagai pengganti GCM". Hal ini membuat programmer/developer terkecoh, seolah-olah Firebase adalah pengganti GCM, padahal bukan.

Firebase adalah layanan All in One, sedangkan GCM adalah layanan notifikasi saja. Begitu kira-kira kesimpulannya.

Sekian pembahasan tentang perbedaan Firebase dan GCM.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon