Sunday, 29 April 2018

RoomAlive, Membuat Rumah Menjadi Arena Game Reality

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu teknologi dalam game yang bisa mengubah ruangan rumah menjadi arena bermain game dengan perspektif reality 3D.

RoomAlive adalah sebuah teknologi dalam dunia game yang bisa membuat game bisa menjadi sangat realistis. Karena kita secara fisik terlibat langsung dalam game tersebut. RoomAlive pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft, dan hingga saat ini masih dilakakukan banyak penelitian untuk menyempurnakan teknologi game reality ini.


RoomAlive, Merubah Ruangan Menjadi Arena Game Reality


• Apa itu RoomAlive?

RoomAlive dianggap sebagai penemuan besar dalam dunia game digital. RoomAlive mampu mengubah ruangan dirumah menjadi arena bermain game raksasa. Ini adalah pengembangan dari proyek penelitian IllumiRoom yang dilakukan sebelumnya oleh Microsoft.

Secara garis besar, teknologi ini menggabungkan Kinect dan proyektor untuk menciptakan Augmented Reality Game yang unik pada sebuah ruangan. Agan dapat berinteraksi langsung dengan objek dan memainkannya. Pengaplikasian teknologi RoomAlive menggunakan enam kamera kedalaman Kinect untuk penginderaan yang lebih detail.

• Cara Kerja Proyeksi RoomAlive

Unit dasar dari RoomAlive disebut node. Sebuah node terdiri dari proyektor, Kamera Kinect, dan komputer. Node dipasang di langit-langit dan menciptakan proyeksi 3D pada ruangan. Penelitian Microsoft telah menggunakan sekitar tiga buah untuk bisa menjangkau semua bagian ruang tamu yang berukuran rata-rata.

• Sistem Deteksi Pemain Pada RoomAlive

RoomAlive melacak posisi agan secara terus-menerus secara real time. Setiap kali agan menyentuh permukaan proyeksi, sistem akan merespon dan bertindak seperti layar sentuh. Ini dimungkinkan karena proyektor mengetahui posisi agan. Sistem ini menggunakan teknologi paralaks yaitu menggunakan proyeksi 2D agar terlihat seperti proyeksi 3D. Microsoft juga telah mengaktifkan teknologi bernama Mano-a-Mano yaitu dimana dua orang dapat menikmati perspektif unik ini di ruangan yang sama.

• Contoh Game Yang Sudah Bisa Menggunakan RoomAlive

Game yang dikembangkan untuk RoomAlive salah satunya adalah Whack-A-Mole. Dalam permainan ini, pemain harus menggunakan senjata inframerah untuk memukul objek yang muncul di seluruh ruang proyeksi. Game lain yang juga support RoomAlive adalah Fighting Robot yang dapat dimainkan dengan controller Xbox biasa.

Sekian pembahasan singkat tentang teknologi RoomAlive yang digadang-gadang mampu mengubah ruangan menjadi arena permainan reality.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon