U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa gestur usapan pada layar smartphone Android yang berfungsi sebagai shortcut yang jarang diketahui.

Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang mudah untuk dioperasikan. Kita hanya perlu menyentuh apapun yang ditampilkan pada layar Android. Bahkan, Android sudah dibekali dengan sensor suara, sehingga kita bisa mengoperasikan smartphone hanya dengan bersuara.

Namun masih ada lagi kemudahan-kemudahan dalam pengoperasionalan smartphone. Yaitu dilengkapi dengan program yang dapat merespon gesture atau gerakan-gerakan jari kita diatas layar. Sehingga menambah kemudahan kita jika ingin membuka suatu layanan, istilahnya adalah jalan pintas atau shortcut.

Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa shortcut pada smartphone Android yang sangat berguna, berupa gestur gerakan jari pada layar. Banyak yang pengguna Android yang belum mengetahui shortcut geture ini, sehingga saya berinisiatif untuk membagikannya kepada para pembaca setia Indo Blogger.


Daftar Shortcut Gesture Pada Layar Android


1. Gesture Hapus Beberapa Kata Sekali Tap


Misalnya agan baru saja diputusin pacar dan menumpahkan semua isi hati agan di Facebook. Namun sebelum agan mempublishnya agan sadar kalau yang agan tulis itu ada beberapa kata yang memalukan. Jadi agan ingin menghapus beberapa kata tersebut sebelum mempublish status. Saya punya cara cepat untuk menghapus beberapa kata tersebut dengan cepat menggunakan shortcut gesture pada layar smartphone, sehingga agan bisa menghapusnya dalam sekali tap. Silakan lihat gambarnya dibawah ini.


Cukup tekan tombol backspace, lalu geser ke kiri, maka akan langsung mengeblok beberapa kata, dan setelah agan mengangkat jari agan maka kata-kata tersebut akan hilang. Cara ini hanya berlaku jika agan menggunakan Google Keyboard.

Oh satu, jika agan tidak sengaja menghapus terlalu banyak kata, silahkan lihat bilah saran (suggestion bar), semua kata yang agan ketik dan agan hapus ada disitu. Cukup tap bagian ini untuk membatalkan penghapusan teks tadi.


2. Gesture Untuk Memindah Cursor Mengikuti Baris Teks


Misalnya jika agan baru saja selesai mengetikkan 1600 kata teks dan menyadari ada kesalahan ketik di baris empat, agan dapat mencoba mengetuk tepat di mana agan ingin memindah kursor. Tetapi hai ini agak sulit, karena ukuran jari kita jauh lebih besar daripada ukuran teksnya. Nah saya mempunyai cara mudah menggeser cursor dengan menggunakan gesture pada Google Keyboard. Cukup pindah cursor didekat teks yang ingin agan perbaiki, lalu geser menggunakan tombol spasi. Untuk lebih jelasnya silahkan agan lihat gambar dibawah ini.


Cukup agan tekan pada bilah spasi, lalu segera geser ke arah yang agan inginkan untuk memindahkan kursor. Mudah, kan? Agan dapat menggeser di sepanjang baris bawah keyboard, bahkan sampai melewati tepi bilah spasi.


3. Cara Mengetik Lebih Cepat Dengan Satu Tangan


Dengan layar smartphone yang semakin besar ukurannya, mengetik dengan satu tangan adalah sesuatu yang agak merepotkan. Tapi Google Keyboard mempunyai fitur untuk memudahkan beralih ke mode satu tangan dengan sederhana. Silahkan agan lihat gambar dibawah ini untuk ilustrasinya.


Silahkan agan tekan dan tahan tombol koma (,), lalu geser ke logo resize. Maka ukuran keyboard agan akan mengecil dan bergeser ke tepi layar. Lalu jika agan ingin menggeser posisi keyboard, silahkan agan tekan tombol yang seperti panah yang berada di sisi kanan atau kiri layar. Jika agan ingin mengembalikan ukuran keyboard ke ukuran semula, silahkan agan tap pada icon full size dibawah icon panah.


4. Membuat Tampilan Google Maps Menjadi 3D


Secara default, Google Maps menggunakan tampilan flyover view. Untuk mengemudi atau navigasi umum, ini mungkin masih tidak masalah. Tetapi ketika agan masuk ke daerah yang lebih padat penduduknya, tampilan flyover view menjadi kurang efektif.


Jika agan membutuhkan sudut pandang yang berbeda, ada cara cepat untuk melakukannya, yaitu usap layar dengan dua jari. Ini akan mengubah sudut pandang dari flyover 2D menjadi lebih mudah untuk dipahami, karena agak 3D, hehehe. Namun jangan lakukan hal ini saat agan mengemudi, oke? Berbahaya!!!


5. Cara Membuka Kamera Dengan Cepat


Disetiap kehidupan kita terdapat banyak momen-momen menarik yang kadang berlalu dengan cepat. Untuk mengabadikannya maka pilihan paling mudah adalah dengan menggunakan kamera smartphone. Karena kita pasti membawa smartphone dimanapun berada. Saya mempunyai tips khusus untuk bisa menjalankan kamera dengan cepat. Yaitu menggunakan shortcut dengan menekan tombol power dua kali.

Shortcut kamera instan ini seharusnya bisa agan gunakan baik saat layar posisi mati ataupun hidup. Namun sepertinya tidak semua smartphone Android support shortcut instan kamera ini. Smartphone saya, Sony Xperia Z1 juga tidak support dengan cara ini. Karena memang sudah mempunyai tombol khusus untuk membuka kamera secara instan.


6. Masuk ke Menu Quick Setting Android


Menu Quick Setting Android adalah cara termudah untuk melakukan hal-hal sederhana seperti beralih ke Wi-Fi atau Bluetooth, menonaktifkan rotasi otomatis, dan banyak hal lainnya. Tapi masalahnya, hal ini membutuhkan beberapa kali usapan jari untuk bisa menampilkan semua menu di bar Quick Setting


Silakan agan mencoba menggesar menggunakan dua jari sekaligus pada bar, maka panel Menu Quick Setting akan langsung terbuka semua. Agan pasti belum tahu kan trik ini?


7. Cara Cepat Hapus Icon dan Widget


Bagi saya, layar utama pada smartphone harus bersih dari icon aplikasi dan widget yang tidak penting. Bahkan jarang saya menampilkan icon dan widget dilayar utama, jadi layar utama benar-benar kosong. Saya punya trik cepat untuk menghapus icon dan widget pada layar utama, silakan lihat gambar dibawah ini.


Daripada agan harus menekan icon dan menyeretnya untuk menghapus, lebih baik agan melemparkannya saja. Silahkan agan tekan pada icon atau widget yang ingin agan hapus, lalu lempar. Dan boom, icon tersebut akan meluncur dan hilang ditelan masa lalu, hehehe.


Sekian pembahasan mengenai beberapa gestur usapan pada layar smartphone Android yang berfungsi sebagai shortcut yang jarang diketahui.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

• Credit Gambar: hunxmax/Shutterstock.com

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.