5 Software Perekam Layar Komputer Terbaik Dan Gratis 2018

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang software perekam layar komputer atau PC terbaik dan gratis pada tahun 2018 ini.

Perekam layar adalah suatu software yang akan menangkap dan merekam semua aktivitas yang tampak pada layar komputer. Software ini sangat berguna bagi agan yang suka merekam game yang sedang agan mainkan, entah itu untuk disimpan sendir, dibagikan ke teman, maupun diupload ke Youtube.

Perekam layar komputer sebenarnya tidak memerlukan fitur yang komplek. Cukup aplikasi sederhana yang mampu merekam aktivitas layar PC dalam format video AV dan bisa melakukan ekspor video misalnya. Namun karena banyaknya jenis software perekam layar, sehingga membuat mereka berlomba-lomba untuk membuat software perekam layar yang memiliki fitur lengkap. Terbuki banyak yang memiliki fitur menarik, seperti menawarkan fitur edit video, streaming live, dan lain sebagainya.

Namun agan juga harus lebih cermat saat memilih software perekam layar, karena banyak yang menambahkan watermark dan batasan durasi rekamnya untuk yang versi gratis. Jujur bagi saya watermark adalah sesuatu yang kurang nyaman dilihat dan sangat mengganggu. Oleh karena itu saya sudah mengumpulkan 5 software perekam layar komputer yang gratis, namun mempunyai performa yang terbaik.

Daftar Software Perekam Layar Komputer Terbaik Dan Gratis 2018


1. OBS Studio


Perekam layar gratis terbaik untuk menangkap atau streaming game, dikemas dengan fitur menarik untuk membantu agan menghasikan rekaman berkualitas tinggi.

•Kelebihan: Streaming HD dan rekaman
•Kelebihan: Tidak ada batasan panjang video
•Penyiapan membutuhkan waktu beberapa durasi saat

Jika agan adalah seorang gamer, OBS Studio adalah software perekam layar komputer terbaik yang mudah digunaka untuk agan. Tidak seperti perekam layar FRAPS yang hanya memungkinkan agan merekam selama 30 detik dan memberikan watermark pada rekaman yang dihasilkan untuk versi gratisnya. OBS Studio adalah software open source, dan memang bebas untuk digunakan tanpa ada batasnya.

Perekam layar OBS Studio mendukung streaming dan perekaman dalam high definition, tanpa batasan pada jumlah dan panjang video agan. Agan dapat melakukan streaming langsung ke Twitch atau YouTube gaming, menyimpan proyek dan kembali lagi nanti, atau memberikan password pada rekaman agan dalam format FLV dan menyimpannya dalam komputer.



2. FlashBack Express


FlashBack Expreas adalah software perekam layar penuh fitur lainnya yang cocok untuk merekam game dan menangkap rekaman dari webcam agan.

•Kelebihan: Antarmuka yang dirancang dengan baik
•Kelebihan: Editor video yang sudah built-in
•Kekurangan: Hanya bisa ekspor video ke format WMV

OBS Studio adalah pilihan utama bagi saya untuk merekam dari layar desktop atau webcam. Meskipun merupakan versi gratis dari program berbayar, FlashBack Express tidak akan memberi tanda watermark pada rekaman agan atau memberikan batas waktu rekakan. Walaupun gratis namun sudah dikemas dengan fitur dan alat yang menyaingi banyak program perekam layr premium lain.

Agan dapat merekam dari seluruh layar, jendela, area yang dipilih, atau webcam. Setelah selesai, rekaman layar agan akan muncul dalam video editor sederhana, di mana agan dapat memotong dan memangkasnya sesuai dengan kebutuhan agan, lalu agan bisa mengekspornya ke YouTube, server FTP, atau PC agan.

Dengan software ini agan akan menemukan banyak pengaturan yang dirancang dengan baik sehingga akan membuat rekaman layaragan terlihat bagus. Perekam dapat secara otomatis mengaburkan kata sandi yang dimasukkan di layar, mengganti wallpaper agan dengan yang biasa, menyembunyikan ikon desktop yang berantakan, dan menandai kursor mouse agan untuk membuatnya lebih mudah dilihat. Ada juga mode permainan khusus yang memungkinkan agan menentukan jumlah bingkai yang direkam per detik atau yang biasa disebut FPS (Frame Per Second).

Tidak ada batasan pada durasi rekaman agan kecuali agan memilih untuk mengaturnya, yang dapat berguna jika agan secara tidak sengaja meninggalkan perekam layar dalam kondisi berjalan berjalan. Agan juga bisa memilih untuk memecah rekaman panjang menjadi potongan beberapa video untuk menghindari ukuran file yang terlalu besar.

Kekurangannya yaitu agan harus meng-upgrade ke salah satu versi premium Flashback untuk bisa menyimpan video dalam format selain WMV. Pengembang Blueberry Software juga telah merilis perekam layar gratis yang dirancang khusus untuk game - FBX . Perekam ini menangkap rekaman HD dalam game, dengan akselerasi perangkat keras untuk kartu AMD, Nvidia, dan CPU Intel.



3. Apowersoft Free


Apowersoft merupakan aplikasi perekam layar berbasis browser, sehingga mempunyai banyak kelebihan daripada perekam layar pada umumnya.

•Kelebihan: Tidak ada batasan waktu atau watermark
•Kelebihan: Banyak pilihan format untuk video
•Kekurangan: Tidak cocok untuk game

Jika agan ingin merekam presentasi, peragaan perangkat lunak atau tutorial, maka aplikasi Apowersoft ini cocok untuk dicoba. Ini adalah tool berbasis browser, yang memang tidak cocok untuk merekam video game, namun untuk tugas lain sangat ideal.

Saat pertama kali agan menggunakan Apowersoft, agan akan diminta mendownload aplikasi launcher kecil. Agan kemudian akan diberikan dengan toolbar kontrol dengan lebih banyak pilihan daripada yang akan agan temukan di sebagian besar software perekaman layar PC. Agan dapat mengambil rekaman dari desktop atau webcam, dan merekam audio dari PC atau mikrofon.

Agan dapat merekam seluruh layar, memilih area secara manual atau memilih salah satu resolusi yang telah ditetapkan, sangat cocok jika agan merekam video klip untuk YouTube misalnya, dan tidak ingin menggunakan editor video terpisah untuk mengubah ukurannya nanti.

Apowersoft Free Online Screen Recorder juga menawarkan shortcut keyboard yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya. Agan dapat memilih apakah akan menyertakan kursor dalam rekaman serta memilih dari berbagai format output termasuk MP4, WMV, AVI, MOV, dan masih banyak lagi.

Setelah selesai, agan bisa memilih menyimpan rekaman sebagai file video ataupun gambar GIF. Agan juga bisa langsung mengunggahnya ke YouTube, Vimeo, Google Drive, dan Dropbox. Agan juga dapat mengedit video dengan menggunakan editor built in yang memiliki fitur lengkap.



4. TinyTake


Ini adalah software perekam layar yang memberikan penyimpanan cloud gratis 2GB sebagai bonusnya.

•Kelebihan: Perekaman sekali klik
•Kelebihan: Penyimpanan cloud disertakan
•Kekurangan: Tidak cocok untuk merekam game

TinyTake adalah perekam layar gratis yang dirancang untuk mengambil rekaman webcam dan rekaman desktop, namum bukan untuk permainan game. Saat ingin mulai perekaman, agan cukup klik tombol, lalu pilih area layar dan pencet [Ctrl] + [R].

Rekaman agan tidak akan diberi watermark, tetapi agan dibatasi hingga maksimal lima menit rekaman pada satu waktu. Setelah selesai, agan dapat melihat pratinjau video dan mengekspornya ke hard disk, YouTube, atau ke layanan penyimpanan cloud milik TinyTake sendiri, yang memberi agan 2GB penyimpanan gratus untuk agan.


TinyTake termasuk perekam layar ringan dan efisien, tetapi.memiliki kekurangan dari alat editing yang kurang mumpuni. Sehingga membuat performanya masih di bawah Apowersoft menurut saya.



5. Xsplit Broadcaster


Xsplit Broadcaster adalah perekam layar yang sangat cocok untuk game dan tanpa watermark, namun lebih terbatas untuk versi yang gratis.

•Kelebihan: Bisa merekan dari semua sumber
•Kelebihan: Bisa merekam dan langsung streaming
•Kekurangan: Pilihan output yang terbatas

Software streaming dan perekaman Xsplit hadir dalam dua pilihan, yaitu Broadcaster dan Gamecaster. Keduanya sangat mirip, tetapi yang terakhir dirancang khusus untuk gamer, sedangkan yang pertama adalah perekam layar yang lebih umum.

Xsplit Broadcaster adalah perekam layar gratis dengan tiga tingkatan: gratis, personal (untuk streamer), dan premium (untuk penggunaan komersial). Edisi gratis akan memberikan watermark jika agan merekam layar dengan kualitas di atas 60fps, atau pada resolusi lebih tinggi dari 720p. Ini adalah kekurangan besar dari software ini jika dibandingkan dengan OBS Studio.

Perekam layar gratis ini dapat menangkap tampilan layar dari semua sumber, termasuk layar, video card, webcam, file media, atau program tertentu. Fungsi detektor game akan memicu secara otomatis saat agan mulai bermain, dan hasilnya dapat direkam sebagai file video, atau live streaming melalui Twitch, YouTube Live, dan Facebook Live.


Itulah beberapa software perekam layar komputer terbaik namun tersedia gratis.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....