Sunday, 27 May 2018

Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone Dan Meningkatkan Produktivitas

Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone Dan Meningkatkan Produktivitas

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kecanduan smartphone dan cara mengatasinya untuk menaikan produktifitas.

Pernahkah agan mendengar tentang Nomophobia? Nomophobia adalah suatu ketakutan ketika kita tidak membawa ponsel atau jauh dari smartphone. 87% generasi muda saat ini mengatakan bahwa mereka membawa smartphone hampir setiap waktu.

Sedangkan 80% pengguna smartphone memeriksa perangkat mereka dalam waktu 15 menit setelah mereka bangun. Kecanduan smartphone telah berubah menjadi masalah serius yang dulu bahkan tidak pernah terpikirkan.

Meskipun smartphone memiliki banyak manfaat, agan seharusnya tidak menggunakannya secara terus menerus dalam waktu yang lama. Agan harus mencoba mencari tahu apakah agan mengalami kecanduan smartphone atau tidak.

Jika agan selalu membawa smartphone setiap saat dan merasa gelisah jika tidak membawa smartphone maka bisa jadi agan mengalami kecanduan smartphone. Apalagi jika setiap saat agan mengecek Facebook, melihat timeline Instagram, bermain game, dan sejenisnya maka agan sudah bisa dikatakan kecanduan smartphone.

Saya mempunyai tips efektif untuk mengatasi kecanduan smartphone, yang jika agan praktekan setiap hari bisa menyembuhkan kecanduan agan terhadap smartphone secara pelan-pelan dan bisa meningkatkan produktifitas agan.


Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone Dan Meningkatkan Produktivitas


• Merubah Kebiasaan

Silahkan agan lihat rutinitas agan setiap hari, jika agan mempunyai kebiasaan terlalu sering mengecek smartphone, itu artinya ada yang salah dengan kebiasaan agan. Agan bisa merubah kebiasaan agan sedikit demi sedikit untuk mengurangi porsi membuka smartphone. Beberapa orang selalu membuka smartphone setelah bangun tidur, hal itu disebabkan karena banyak orang yang mempunyai kebiasaan menaruh smartphone didekatnya saat tidur.

Penelitian mengatakan bahwa meletakan smartphone dekat dengan kita waktu tidur berpengaruh negatif untuk kesehatan tubuh. Karena smartphone memancarkan radiasi yang bisa mempengaruhi otak. Saya juga mempunyai artikel terkait radiasi smartphone yang berjudul 15 Smartphone Dengan Radiasi Paling Tinggi

Tinggalkan smartphone agan di laci atau diatas meja sehingga mengurangi godaan untuk memainkan smartphone. Intinya jangan terlalu dekat dengan smartphone, gantilah dengan mengobrol dengan keluarga, kerabat, atau sahabat agar kita bisa lebih erat dengan orang lain. Selain bisa melupakan kecanduan smartphone, hal ini bisa bermanfaat untuk menyambung hubungan baik dengan orang lain.

• Mengatur Ulang Smartphone

Yang saya maksud dengan mengatur ulang smartphone adalah termasuk mematikan notifikasi pada smartphone. Karena dengan mematikan smartphone, akan mengurangi godaan untuk membuka smartphone. Notifikasi WhatsApp, Facebook, BBM, Line dan sejenisnya cukup untuk menggoda kita untuk membuka smartphone.

Pada smartphone terdapat pengaturan untuk mengurangi volume dering notifikasi, mematikan suara notifikasi, bahkan untuk mematikan smartphone secara terjadwal otomatis. Agan juga bisa mengaktifkan mode pesawat untuk mematikan notifikasi. Dengan begini setidaknya agan bisa sedikit mengurangi kecanduan smartphone.

• Menggunakan Aplikasi Khusus Untuk Kecanduan Smartphone

Jika agan masih kesulitan mengatasi kecanduan smartphone, agan bisa menggunakan bantuan agar lebih mudah. Salah satunya adalah menggunakan bantuan aplikasi yang memang didesain untuk membantu mengatasi kecanduan smartphone.

Social Fever bisa menjadi alternatif untuk mengekang kecanduan smartphone. Social Fever adalah sebuah aplikasi pemantau smartphone yang dapat membantu agan agar membagi waktu dalam porsi yang tepat antara kehidupan nyata dan digital. Dengan menggunakan aplikasi ini agan bisa membagi waktu untuk kegiatan yang positif seperti hobi yang bermanfaat maupun untuk pekerjaan yang produktif. Dengan begitu agan tetap bisa aktif didunia nyata dan juga tidak melupakan dunia digital.

Sekian pembahasan mengenai kecanduan smartphone dan cara mengatasinya untuk menaikan produktifitas kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

2 komentar

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon