U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bahaya dari radiasi smartphone yang dikabarkan dapat menyebabkan kanker.

Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Hal ini dibuktikan dengan semakin tingginya penjualan smartphone dari tahun ke tahun. Salah satu isu yang paling banyak diperdebatkan adalah dampak yang ditimbulkan dari paparan radiasi smartphone terhadap tubuh manusia. Bahkan ada kabar yang sempat menyebar luas bahwa radiasi smartphone dapat menyebakan kanker bagi manusia.

Sedangkan paparan radiasi setiap smartphone memiliki intensitas yang berbeda-beda. Ada beberapa smartphone yang memiliki paparan radiasi yang tergolong tinggi.

Energi radiasi yang dipancarkan oleh smartphone adalah sejenis radiasi elektromagnetik, yang artinya radiasi ini termasuk dalam radiasi non pengion. Radiasi jenis ini berbeda dengan radiasi pengion seperti X-ray. Radiasi elektromagnetik dari smartphone sama dengan yang dikeluarkan pada perangkat radio dan televisi. Tubuh kita akan menyerap energi dari pancaran radiasi elekgromagnetik tersebut.

Apakah radiasi smartphone memang benar-benar terbukti secara ilmiah menyebabkan penyakit kanker dan berbahaya bagi manusia? Untuk lebih jelasnya mengenai fakta dari dampak radiasi smartphone terhadap kesehatan manusia, simak artikel ini sampai selesai.


Fakta Bahaya Radiasi Smartphone Yang Dikabarkan Menyebabkan Kanker


• Belum Ada Bukti Ilmiah

Ternyata isu yang mengatakan bahwa radiasi smartphone dapat menyebabkan kanker belum terbukti secara ilmiah. Memang benar jika radiasi smartphone dapat berdampak negatif bagi kesehatan manusia, namun bukan menyebabkan kanker. Efek dari radiasi smartphone bagi kesehatan yang terbukti antara lain menyebabkan panas pada kepala dan telinga atau yang dekat dengan smartphone. Kadang disertai mual karena efek dari sakit kepala.

Namun kenaikan suhu pada tubuh yang disebabkan oleh radiasi smartphone juga belum diketahui secara pasti seberapa besar kenaikannya. Walaupun sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi smartphone bisa meningkatkan resiko tumor otak, namun sampai sekarag juga masih sulit untuk membuktikan hal tersebut.

Banyak para peneliti yang menduga bahwa efek radiasi smartphone lebih berefek pada anak kecil apalagi janin. Karena mereka masih muda dan jaringan tubuh masih rentan khususnya bagian otak. Namun hal ini dapat diminimalisir resikonya dengan mengatur jarak antara tubuh dengan smartphone minimal 20 cm. Kebijakan jarak 20 cm smartphone, komputer, dan tablet dari tubuh untuk anak-anak juga banyak direkomendasikan secara resmi oleh beberapa negara didunia.

• Meminimalisir Paparan Radiasi Smartphone

Para vendor smartphone juga berlomba-lomba menurunkan radiasi pada smartphone yang mereka kembangkan karena banyak negara yang memberlakukan batas maksimal paparan radiasi smartphone yang dapat beredar. Jika agan ingin membeli smartphone, saya sarankan untuk mempertimbangkan nilai radiasi yang dipancarkan oleh smartphone tersebut. Sebisa mungkin menghindari smartphone dengan paparan radiasi yang tinggi, untuk lebih jelasnya agan bisa melihat artikel saya yang berjudul 15 Smartphone Dengan Radiasi Paling Tinggi.

Ada beberapa tips yang dapat agan lakukan untuk meminimalisir dampak radiasi smartphone, antara lain:

  • Utamakan untuk menggunakan telepon kabel.
  • Menggunakan earphone saat menelepon untuk mengatur jarak antara smartphone dan tubuh.
  • Menaruh smartphone jauh dari tubuh.

Selain tips diatas, agan juga bisa membatasi penggunaan smartphone, gunakan hanya saat penting saja. Namun jika agan sudah terlanjur kecanduan smartphone, akan sangat sulit untuk jauh dari smartphone. Saya sudah membuat artikel yang berjudul Cara Mengatasi Kecanduan Smartphone Dan Meningkatkan Produktivitas, silahkan lihat artikel tersebut jika agan merasa kesulitan jauh dari smartphone.

Sekian pembahasan mengenai bahaya dari radiasi smartphone yang dikabarkan dapat menyebabkan kanker kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...