U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Bot Spam dan juga cara untuk menghentikan Bot Spam.

Apakah agan pernah mendengar istilah Bot Spam atau Bot Spam?
Dua kata tersebut seharusnya sudah familiar jika agan sering beraktifitas di dunia internet. Spam sendiri adalah sesuatu yang sebenarnya kurang baik dan kadang sangat mengganggu. Spam sendiri pengertiannya adalah suatu aktifitas mengirim pesan dengan alat elektronik secara bertubi-tubi. Spam biasanya dilakukan oleh orang dengan tujuan jahil, iseng, provokasi, kampanye, maupun promosi.

Untuk saat ini saya tidak akan membahas itu semua karena terlalu panjang, untuk itu pembahasan kali ini hanya terfokus pada pengertian Bot Spam dan cara untuk mengatasi Bot Spam.


Pengertian Bot Spam dan Cara Mengatasinya


Pengertian Bot Spam

Bot Spam adalah program otomatis yang digunakan untuk mengirim spam. Seorang spammer menggunakan program untuk melakukan posting secara otomatis ke berbagai forum atau bahkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Bot Spam banyak digunakan untuk mengirim pesan spam ke akun email acak maupun tertarget. Saya sendiri sering sekali mendapatkan kiriman pesan spam di email dan Facebook yang mayoritas isinya adalah promosi.

•Pengertian Bot Spam Email

Bot Spam Email secara luas digunakan untuk mengirim email spam ke berbagai akun email.

Pertama-tama, penyerang akan menggunakan menggunakan software browser khusus yang secara otomatis dapat mengumpulkan (grabing) alamat email orang-orang dari berbagai situs web, NewsGroup, Chat Room, dan forum. Setelah mengumpulkan cukup banyak alamat email, mereka menggunakan script otomatis untuk mengirim email spam ke semua akun email tersebut sekaligus.

•Pengertian Bot Spam Forum

Banyak para anggota forum yang menggunakan cara-cara ilegal untuk memposting sesuatu di Forum. Mereka menggunakan script bot otomatis dan mulai memposting ke berbagai forum, blog, dan wiki. Postingan otomatis tersebut tidak ditujukan agar dibaca oleh manusia, namun ditujukan untuk robot crawl spider milik Google.
Pada spam tersebut mengandung hyperlink atau yang biasa disebut dengan backlink yang mengarah ke situs web mereka, untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dari situs web tersebut. Di dunia blogger, aktifitas spam dengan tujuan memperbanyak backlink disebut suntik backlink. Tool paling populer untuk melakukan aktifitas ini adalah GSA Search Engine Ranker.

•Pengertian Bot Spam Twitter

Terkadang para pengguna menggunakan Bot Spam untuk membuat posting otomatis secara ilegal di situs jejaring sosial seperti Twitter. Bot Spam ini bisa secara otomatis melakukan Follow pengguna lain, mengirim komentar, atau bahkan re-tweet, dan semua ini dilakukan untuk tujuan yang kurang baik.

Cara Menghentikan Bot Spam

Kita dapat mengambil beberapa langkah untuk melindungi akun kita dari Bot Spam ini.

  • Jangan pernah menulis alamat email agan di laman web apa pun. Namun agan masih bisa mengakali dengan cara merubah format penulisan email. Misalnya email nama.agan@xmail.com ditulis menjadi nama.agan[AT]xmail.com. Biasanya, para pelaku spammer ini menggunakan dork email umum untuk mengumpulkan alamat email dari halaman web. Jika agan mengikuti tata penulisan alamat email diatas (email munging),sulit bagi mereka untuk mengumpulkan alamat email agan untuk di spam.
  • Beberapa Bot Spam cukup pintar dan mereka menggunakan teknik untuk mengatasi alamat munging. Mereka memodifikasi script mereka untuk mengatasi teknik ini. Jadi, untuk mengecoh teknik mereka, agan bisa menggunakan metode lain. Agan dapat menampilkan alamat email agan sebagai gambar, bukan teks. Dengan teknik ini mereka sudah tidak bisa melakukan grabbing terhadap email agan.
  • Untuk mencegah Bot Spam melakukan posting otomatis ke forum agan, agan dapat menggunakan pertanyaan keamanan chaptca atau meminta pengirim untuk mengirim email verifikasi dua langkah. Saat Bot Spam memberikan alamat email palsu di postingan, maka mereka akan sulit untuk melakukan verifikasi.
  • Agan juga dapat menandai email tertentu sebagai spam saat agan mendapatkannya. Penyedia layanan email biasanya menggunakan algoritma khusus untuk mendeteksi spam. Jadi, semakin sering agan menandai email sebagai spam, semakin efisien sistem ini untuk mendeteksi spam di masa mendatang.


Sekian pembahasan mengenai Bot Spam dan cara mengatasinya.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...