Pengertian, Sistem Kerja, dan Cara Mencegah Serangan Cyber Zero Day

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian, sistem kerja, dan cara mencegah Zero Day Attack, yang merupakan salah satu serangan cyber atau hacker yang sangat sulit dihentikan.

Serangan cyber adalah serangan yang dilakukan oleh hacker atau sekolompok hacker di dunia maya. Serangan tersebut biasanya menyasar pada suatu sistem server tertentu. Salah satu yang sangat berbahaya adalah serangan Zero Day (0day), karena serangan ini hampir tidak bisa dihentikan.

Seperti apa sih serangan Zero Day itu?
Kenapa bisa sampai sebegitu mengerikan?
Jika agan ingin tahu, silakan simak artikel ini sampai selesai. Dibawah ini akan saya bahas lengkap tentang Zero Day Attack atau yang biasa disingkat 0day. Pembahasan ini meliputi pengertian serangan Zero Day, sistem kerja, dan cara pencegahannya.


Pembanasan Lengkap Tentang Serangan Zero Day (0day)


Pengertian Serangan Zero Day

Serangan Zero Day adalah serangan cyber yang mengeksploitasi kerentanan keamanan yang tidak diketahui yang disebut kerentanan Zero Day, bahkan sebelum pengembang perangkat lunak tersebut menyadarinya.

Teknik ini menggunakan kerentanan yang tidak diketahui dalam perangkat lunak dan menciptakan masalah rumit seperti pencurian data dan pencurian identitas. Serangan ini dikenal sebagai "Zero Day" karena setelah serangan ini terdeteksi, pengembang mempunyai waktu "nol hari" untuk merencanakan dan menyarankan mitigasi terhadap ancaman tersebut. Artinya pihak pengembang sudah tidak punya waktu untuk menghentikan serangan ini, inilah alasan kenapa disebut "Zero Day"

Cara Penyerang Memanfaatkan Kerentanan Dalam Serangan Zero Day

Kerentanan Zero Day dapat dimanfaatkan oleh penyerang melalui beberapa vektor serangan:
Ketika pengguna mengunjungi situs web jahat, kode berbahaya di situs web tersebut dapat mengeksploitasi beberapa kerentanan keamanan di browser web untuk menginfeksi sistem.

Para hacker dapat menggunakan rekayasa sosial untuk menginfeksi suatu sistem. Misalnya, mereka mengirim email phishing dengan lampiran link URL maupun kode khusus, saat mengklik kode berbahaya tersebut, script dapat memulai eksekusi dan mengunduh malware ke dalam sistem, sehingga menginfeksinya.

Penyerang dapat menggunakan malvertising untuk menyisipkan iklan online yang mengandung malware ke dalam jaringan iklan online yang sah, sehingga mampu masuk ke halaman web dan menginfeksi suatu sistem.
Penyerang dapat menggunakan unduhan Drive-By untuk menginfeksi sistem dengan malware saat pengguna mengunjungi situs web tertentu.

Para penyerang bahkan dapat memanfaatkan kerentanan keamanan Sistem Operasi yang diketahui dan perangkat lunak lain yang biasa digunakan untuk menginfeksi sistem dengan malware.

Cara Mencegah Serangan Zero Day

Beberapa cara yang dapat agan lakukan untuk mencegah serangan Zero Day antara lain:

  • Konfigurasikan firewall dengan benar.
  • Install aplikasi yang penting-penting saja. Ancaman serangan Zero Day sebagian besar memanfaatkan kerentanan keamanan aplikasi untuk menginfeksi sistem. 
  • Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, ancaman Zero Day memanfaatkan kerentanan keamanan Sistem Operasi dan perangkat lunak lain yang biasa digunakan untuk menginfeksi sistem. Maka silahkan patch Sistem Operasi dan perangkat lunak dengan patch keamanan terbaru.
  • Gunakan IDS (Intrusion Detection and Prevention System), NGFW (Next Generation Firewall), NGAV (Next Generation Anti-Virus), SSL Inspectors untuk mendeteksi dan mencegah ancaman.


Sekian pembahasan tentang pengertian, sistem kerja, dan cara mencegah serangan Zero Day kali ini.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....