Sunday, 20 May 2018

Pengertian Kejahatan SMS Smishing Dan Cara Mencegahnya

Pengertian Kejahatan SMS Smishing Dan Cara Mencegahnya

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu jenis phising, yaitu smishing lengkap mulai dari pengertian, contoh kasus nyata, dan cara mencegahnya.

Saat ini kejahatan dengan phising kasusnya sangat banyak. Salah satunya adalah dengan metode smishing, dimana metode ini masih dalam kategori serangan phising.

Nah kali ini saya secara khusus akan mengupas tentang kejahatan dengan smishing, mulai dari pengertian smishing, contoh kasus, dan cara mencegah terkena smishing.


Pengertian Smishing, Contoh Kasus, Dan Cara Mencegahnya

Pengertian Smishing

Istilah "smishing" berasal dari dua kata "SMS" dan "phishing". Smishing adalah penipuan phising yang menggunakan media SMS. Pelaku akan mengirimkan SMS penipuan dengan isi teks tertentu kepada beberapa nomor calon korban.

Saya sendiri pun pernah beberapa kali mendapat SMS smishing semacam ini. Bagi saya SMS seperti ini tidak saya gubris, namun bagi orang yang belum mengetahuinya akan menjadi sangat berbahaya.

Karena dalam SMS tersebut biasanya terdapat lampiran nomor telepon atau link website. Jika agan mengunjungi link tersebut atau menelepon nomor tersebut maka agan akan menjadi korban penipuan tersebut.

SMS smishing biasanya memiliki format tertentu, misalnya seperti contoh dibawah ini:

Kami mengkonfirmasikan bahwa anda telah memesan jasa pemasaran dari kami dengan nilai transaksi sebesar Rp3.000.000,00,-
Jika anda ingin membatalkan pesanan ini, silahkan anda klik tautan http://webscam.com

Jika ada korban yang mengklik tautan pada SMS tersebut maka dia akan diarahkan menuju sebuah website yang mengandung malware atau sebuah situs yang memiliki tampilan yang sangat mirip dengan website resmi tertentu. Sehingga membuat korban percaya terhadap situs tersebut dan korban mau memberikan data-data kredensial atau detai pribadinya misalnya data Bank.

Contoh SMS Smishing yang Pernah Memakan Banyak Korban


•SMS Penipuan Smishing Amazon

Penipuan ini muncul pada bulan Januari 2017. Dalam penipuan ini, korban biasanya mendapat SMS yang berbunyi:

Order Confirmation (#101-2341765-1192723)Order total: 70$
If you did not authorize this purchase, click http://bit.ly/amazon-refund to Cancel and Refund.

Seperti biasa, tautan tersebut akan mengarah ke situs web palsu yang terlihat sangat identik dengan situs web Amazon dan akam meminta data kredensial dari korban. Situs web palsu tersebut bahkan meminta untuk memasukkan nomor kartu kredit kepada para korban.

Namun, jika agan perhatikan dengan teliti, agan dapat melihat beberapa petunjuk yang menunjukkan bahwa SMS tersebut memang palsu.

  • Seharusnya nominal uang ditulis sebagai $70, bukan 70$. Pemberitahuan yang resmi seharusnya tidak terdapat kesalahan seperti ini.
  • Sepertinya Amazon tidak akan mengirim tautan dengan menggunakan layanan pemendekan URL semacam itu. Karena mereka sudah mempunyai situs web resmi.


•SMS Penipuan Smishing Apple

SMS penipuan smishing ini muncul pada tahun 2016, umumnya korban mendapatkan kiriman SMS yang berbunyi:

Your Apple ID has been locked for invalid details and is pending termination. Confirm your details at http://somesmishing.link Apple.

Seperti biasa, jika korban mengklik tautan tersebut maka akan diarahkan ke situs palsu dari Apple. Tindakan terbaik saat mendapatkan SMS seperti itu bukanlah mengklik tautan yang dilampirkan, namun menghubungi customer service resmi dari Apple untuk meminta konfirmasi.

Cara Mencegah Agar Tidak Menjadi Korban Smishing


  • Jangan pernah memberikan informasi keuangan agan melalui SMS, panggilan telepon, atau email. Karena bank tidak akan pernah meminta hal itu kepada salah satu pelanggannya.
  • Jangan pernah mengikuti instruksi pada SMS yang dikirim oleh pengirim yang tidak dikenal.
  • Harap selalu waspada terhadap SMS yang mengaku berasal dari bank langganan agan, karena mungkin SMS tersebut palsu.
  • Jangan klik tautan apa pun dari SMS yang dikirim oleh pengirim yang tidak dikenal.
  • Jika agan mendapatkan SMS yang meminta agan memberikan informasi sensitif maka berhati-hatilah. Pelaku sering menggunakan rekayasa sosial untuk menciptakan rasa urgensi kepada korban dan meminta tanggapan cepat, sehingga korban tidak mendapatkan banyak waktu untuk berpikir dan dengan mudah memberikan semua informasi sensitif yang diminta.
  • Jika menemui SMS seperti itu, langsung blokir saja nomornya.
  • Selalu waspada, berfikir jernih, dan jangan mudah panik.


Sekian pembahasan tentang pengertian smishing, contoh kasus, dan cara mencegahnya kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon