Sunday, 6 May 2018

Pengertian Dan Cara Mencegah Serangan Komputer IP Spoofing

Pengertian Dan Cara Mencegah Serangan Komputer IP Spoofing

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan cara mencegah salah satu jenis serangan komputer, IP Spoofing.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, banyak sekali jenis-jenis serangan pada komputer. Salah satunya adalah IP Spoofing sendiri. IP Spoofing secara garis besar dapat dianggap sebagai pemalsuan alamat IP. Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas satu persatu mulai dari pengertian hingga cara mencegah serangan komputer IP Spoofing.


Pegertian Dan Cara Mencegah IP Spoofing


Pengertian IP Spoofing

Dalam jaringan komputer, IP Adress Spoofing atau IP Spoofing adalah pembuatan paket IP dengan alamat IP sumber yang dipalsukan. Hal ini sering dilakukan untuk tujuan menyembunyikan identitas pengirim atau meniru sistem komputasi lain.

Mekanisme Kerja IP Spoofing
Setiap paket IP, berisi alamat IP sumber dan alamat IP tujuan di headernyanya. Dengan mengubah header seseorang dapat mengubah alamat IP sumber sehingga paket tersebut akan muncul berasal dari alamat IP yang berbeda. Komputer yang mendapat paket dengan IP palsu, akan mengirim respon ke alamat IP sumber yang dipalsukan.

Serangan IP Spoofing biasanya dilakukan oleh penyerang dalam kasus penolakan terhadap suatu layanan. Para penyerang mengirimkan banyak paket IP ke komputer yang memalsukan alamat sumbernya. Mereka biasanya memilih alamat IP yang berbeda sebagai alamat sumber dan menyebabkan paket-paket tersebut sulit disaring. Akibatnya, komputer target menjadi terbebani oleh lalu lintas jaringan yang padat.

IP Spoofing juga dilakukan oleh penyusup didalam jaringan untuk melewati sistem keamanan jaringan dengan memalsukan alamat IP menjadi IP komputer yang ada dalam jaringan tersebut. Terkadang, komputer yang ada dalam jaringan bisa terhubung tanpa perlu melakukan otentikasi karena sudah saling percaya. Jadi skenarionya, komputer penyerang akan memalsukan alamat IP dengan salah satu alamat IP komputer didalam jaringan, lalu mengakses komputer target.

Cara Mencegah Serangan Komputer IP Spoofing

Packet filtering adalah salah satu cara untuk melawan serangan IP Spoofing. Gateway harus bisa memblokir semua paket yang berasal dari luar jaringan namun memiliki alamat IP sumber sebagai salah satu komputer internal jaringan.

Kadang-kadang, Layer Protocol mempunyai cara sendiri untuk membendung serangan IP Spoofing. Sebagai contoh, pada saat membuat koneksi TCP kadang-kadang nomor acak dipertukarkan antara dua komputer yang membuat koneksi. Jika penyerang tidak menerima respon, tidak mungkin mereka bisa berhasil membuat koneksi TCP. Namun karena penerapan yang buruk pada Sistem Operasi yang lama atau perangkat jaringan, terkadang penyerang dapat menebak nomor tersebut.

Sekian pembahasan singkat tentang pengertian dan cara mencegah serangan komputer IP Spoofing.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon