Wednesday, 9 May 2018

Pengertian, Penyebaran, Dan Cara Mencegah Serangan Botnet

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang botnet, yaitu mulai dari pengertian, penyebaran, hingga cara menghindari serangan botnet.

Pengetian, Penyebaran, dan Cara Mencegah Botnet


Pengertian Botnet

Botnet adalah kumpulan komputer yang terhubung ke Internet, yang berkomunikasi satu sama lain untuk melakukan beberapa tugas.

Biasanya, istilah ini digunakan dalam konotasi negatif dan menunjukkan ada sekelompok komputer yang dipengaruhi oleh malware. Dimana malware tersebut mengendalikan  komputer tanpa sepengetahuan pemilik komputer.

Pennyebaran Botnet

Komputer bisa menjadi bot ketika komputer tersebut tanpa sengaja terinfeksi oleh malware seperti virus, worm, dan trojan.

Virus komputer tersebut akan menyamarkan diri dengan program komputer lainnya. Sehingga  ketika pengguna menjalankan program yang terinfeksi virus, misalnya dokumen Microsoft Word, maka komputer juga akan ikut terinfeksi oleh virus. Setelah itu mereka akan menggandakan diri dan menginfeksi lebih banyak komputer.

Worm komputer biasanya menyebar melalui jaringan, memanfaatkan celah keamanan dari berbagai program. Untuk trojan secara umum menyebar sendiri dengan memanfaatkan beberapa tipuan phising. Misalnya melalui spam link pada email yang mencurigakan, mengklik link yang belum diverifikasi, atau mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak tepercaya, sehingga bisa menginfeksi komputer.

Kadang-kadang, penyerang bahkan menampilkan iklan pada halaman web yang dipalsukan dari perangkat lunak anti-virus dan ketika mengkliknya akan menginfeksi komputer. Untuk menghindarinya, agan bisa menggunakan browser dengan keamanan ekstra. Untuk lebih jelasnya silakan agan lihat artikel saya yang berjudul Daftar Browser Paling Aman (Android, Linux, Windows, Mac).

Ketika komputer terinfeksi oleh malware maka akan sangat mungkin untuk dikendalikan oleh orang lain dan digunakan sebagai bot.

Cara Kerja Botnet

Seorang pengguna botnet mampu mengendalikan komputer yang masuk kedalam jaringan botnetnya melalui IRC atau Internet Relay Chat . Server yang mengendalikan botnet dikenal dengan sebutan Command and Control Server .


Operator botnet menggunakan beberapa protokol untuk mengendalikan botnet. Protokol ini termasuk program server, program client, dan program yang menyisipkan client pada komputer korban. Komputer-komputer botnet terhubung melalui jaringan menggunakan mode enkripsi tertentu sehingga dapat tetap tersembunyi.

Apa Yang Biasa Dilakukan Oleh Botnet?

  • Mengirim email spam.
  • Melakukan serangan DDoS.
  • Menampilkan Adware tanpa sepengetahuan pengguna.
  • Mencuri data dan informasi sensitif menggunakan spyware.
  • Untuk melakukan klik iklan secara ilegal.
  • Menyebarkan malware botnet untuk memperluas jaringan botnet.
  • Menyebarkan worm komputer.
  • Menyebarkan ransomeware.

Cara Mencegah Botnet

  • Jangan buka lampiran email yang mencurigakan, jangan klik link yang mencurigakan, dan instal perangkat lunak hanya dari sumber tepercaya.
  • Waspada terhadap ancaman ketika menggunakan layanan berbagi file Peer-to-Peer seperti BitTorrent.
  • Selalu update komputer agan dengan patch keamanan terbaru dari perangkat lunak yang agan gunakan. Malware sering menyebar dengan mengeksploitasi kerentanan keamanan perangkat lunak.
  • Selalu lengkapi komputer agan dengan perangkat lunak anti-virus terbaru.
  • Berbagai perusahaan keamanan komputer dan jaringan telah merilis perangkat lunak untuk melawan botnet. Sebagai contoh, Norton AntiBot mampu membantu para penggunanya dengan mematikan Command and Control Servers atau seluruh server IRC dari botnet. Pdengan menggunakan perangkat lunak ini dapat membantu agan terhindar dari botnet.

Sekian pembahasan tentang pengertian, penyebaran, dan cara menghindari serangan botnet kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon