U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai proses svchost.exe Windows, dan akan saya jelaskan apakah itu proses  layanan host atau virus.

Banyak sekali proses yang  berjalan pada sistem Windows, salah satunya adalah svchost.exe yang bisa agan lihat melalui Task Manager. Saya kadang juga merasa khawatir saat koneksi internet berjalan lambat, saya khawatir ada proses download program ilegal yang berjalan tanpa sepengetahuan saya.  Saya curiga bahwa ada malware yang bersarang pada komputer saya. Salah satu proses yang saya curigai sebagai malware adalah layanan svchost.exe yang memakan banyak bandwidth. Jika agan ingin tahu lebih jelas tentang apa itu svchost.exe, simak artikel ini sampai selesai, karena akan saya jelaskan secara terperinci.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita ingat-ingat lagi pada masa pengembangan Windows NT 3.1. Pada masa itu, Windows mulai mengoptimalkan kinerja Windows untuk mengurangi kosumsi sumber daya sistem.  Service Host atau SvcHost mulai diperkenalkan pada rilisnya Windows 2000.

Apa Itu Proses svchost.exe?

SvcHost adalah suatu proses yang dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan berbagai layanan pada Windows sekaligus, hal ini dapat memperingan beban kinerja sistem jika dibandingkan memenuhi kebutuhan setiap proses secara terpisah. Dengan menggunakan Service Host dapat memungkinkan  berbagi layanan untuk berbagai sumber daya pada sistem termasuk CPU, RAM, dan Hard drive. Layanan perpustakaan proses ini terhubung secara dinamis dengan bantuan file DLL.

Pada awalnya, semua layanan pada Windows menggunakan file EXE, namun saat ini lebih sering menggunan file DLL sebagai alternatif. File-file ini berisi kode yang dapat digunakan oleh beberapa program dan layanan. Dengan demikian, file DLL dapat digunakan secara bebas oleh layanan yang berbeda sehingga lebih mudah untuk membuat perubahan pada kode. Walaupun begitu, Service Host masih menjalankan file EXE yang terletak di folder System32 pada drive system Windows.

Proses SvcHost dapat berjalan pada lebih dari satu layanan, misalnya saat berbagi pada beberapa layanan seperti Windows Update, Task Scheduler, SuperFetch, BITS, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya agan bisa memantau jalannya proses-proses tersebut melalui Task Manager.

Cara Memeriksa Layanan yang Berjalan Dibawah SvcHost di Windows 10

Untuk memeriksa layanan yang berada dibawah SvcHost, ada 2 cara yang bisa agan lakukan. Salah satunya adalah dengan memeriksanya secara langsung melalui Task Manager. Caranya silahkan agan buka Task Manager, lalu buka pada kolom Process. Cari proses dengan nama awal Service Host, klik kanan lalu plih Go to Detail untuk melihat  lebih lengkapnya.


Selain dengan menggunakan Task Manager, agan juga bisa melihat semua layanan yangn berada dibawah proses Service Host dengan menggunakan Command Prompt. Caraya agan buka Command Prompt, lalu masukan perintah tasklist /svc /FI “imagename eq svchost.exe” lalu tekan Enter. Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah daftar semua proses dari svchost.exe beserta layanan Windows yang terkait.

Apakah SvcHost Adalah Virus?

Proses svchost.exe bukanlah virus, itu adalah progam resmi dari Windows. Windows tidak akan secara sengaja memasukan program ilegal pada softwarenya. Namun tidak menutup kemungkinan ada virus yang menyamar sebagai proses  Service Host. Walaupun kasusnya terbilang jarang, namun agan harus selalu memasang antivirus terbaru pada komputer agan untuk berjaga-jaga bila ada virus yang ingin menyusup kedalam sistem. Jika agan melihat ada proses dari Service Host yang mencurigakan, silahkan agan klik kanan dan periksa lokasi file proses tersebut.  Jika lokasi file tersebut tidak berada ada folder System32 maka bisa disimpulkan proses tersebut adalah virus.

Svchost.exe (netsvcs) Mengonsumsi Data Internet

Seperti yang sudah saya sampaikan diawal, proses netsvcs yang merupakan sub proses dari Service Host sering mengonsumsi data internet.  Proses ini digunakan oleh beberapa layanan seperti BITS dan Windows Update. Bagi yang belum tahu mungkin akan merasa curiga dengan proses ini karena diam-diam mengonsumsi bandwidth internet. Namun sebenarnya bandwidth yang digunakan oleh proses ini untuk mengunduh pembaruan sistem. Sebenarnya agan bisa menghetikan layanan ini dengan cara membuka Task Manager > Services > Klik kanan pada Backgroud Intelligent  Transfer service (BITS), lalu klik Stop untuk menghentikan semua proses download. Untuk lebih jelasnya silahkan agan lihat gambar dibawah ini.


Atau agan juga bisa menggunakan cara alternatif, yaitu buka Task Manager > Performance > Open Resurce Monitor > Network. Lalu agan klik kanan pada svchost.exe (netsvcs) dan klik End Process Tree.


#Catatan:

Mematikan salah satu proses svchost.exe merupakan hal yang tidak saya sarankan. Walaupun saya sendiri kadang juga mematikan proses svchost.exe untuk menghemat bandwidth internet, namun agan juga harus mau menerima segala konsekuensinya dan menyadari bahwa proses svchost.exe adalah sebuah proses sistem yang penting.

Sekian pembahasan singkat tentang proses svchost.exe, semoga bisa membuat kita semakin tahu bahwa layanan tersebut adalah asli milik Windows, bukan virus.

 Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...