U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi beberapa software yang berfungsi untuk mendinginkan suhu laptop, sangat cocok digunakan untuk laptop agan yang overheat atau panas.

Overheat atau panas sudah menjadi masalah paling umum yang terjadi pada laptop atau komputer jinjing. Dengan desainnya yang dibuat sekecil mungkin dan rapat, laptop sangat riskan panas atau overheat. Kipas pendingin yang ukurannya terbatas juga menjadi salah satu penyebab laptop sering panas.

Sama seperti komputer, laptop jika bekerja dengan berat misalnya CPU Usage sampai 100% maka suhu laptop akan naik dan kipas pendingin akan berputar maksimal. Namun banyak faktor-faktor lain yang juga menghambat proses pendinginan laptop, misalnya banyak terdapat debu didalam komponen laptop atau memang komputer sedang digunakan untuk pekerjaan berat.

Laptop yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan parah pada komponen internal komputer. Overheat juga memiliki dampak serius pada kinerja laptop. Karena akan mengurangi masa pakai baterai, menyebabkan kerusakan pada motherboard, dan juga mengakibatkan masalah pendinginan internal sistem yang serius. Motherboard adalah papan sirkuit utama dalam komputer yang menjadi tempat prosesor, memory, serta menghubungkan kipas pendingin laptop. Kerusakan pada motherboard dapat berdampak buruk paoda seluruh kinerja komputer.

Menggunakan pendingin yang besar adalah pilihan yang bijaksana. Agan juga dapat menggunakan aplikasi pemantauan komputer yang memonitor suhu laptop dan membantu menjaga laptop tetap dingin. Dalam artikel ini, saya akan membahas beberapa software pendinginan laptop terbaik yang mampu memonitor suhu laptop dan memberikan laporan terperinci tentang keadaan laptop. Tetapi sebelum memasang software, pastikan agan membersihkan kipas laptop secara teratur dan juga menggunakan cooling pad laptop yang akan meningkatkan kesehatan laptop.


Daftar Software Untuk Mendinginkan Laptop Overheat Terbaik


1. SpeedFan

SpeedFan adalah software gratis yang mudah digunakan untuk pendinginan laptop dan pemantauan hardware. SpeedFan adalah software  yang paling direkomendasikan untuk memonitor suhu sistem menggunakan sensor digital inbuilt yang disimpan di sistem agan. Sensor tersebut akan memberikan laporan rinci tentang suhu komputer yang membantu dalam analisis sistem dan juga membantu dalam mengambil beberapa tindakan pencegahan dasar untuk menghindari masalah pada kinerja komputer.

SpeedFan juga secara otomatis menyesuaikan kecepatan kipas CPU dengan memonitor suhu motherboard, dan hardware lainnya sehingga sangat membantu untuk menjaga laptop tetap dingin. SpeedFan mendukung berbagai macam sensor suhu dan chip pemantauan hardware yang mampu berjalan di semua versi sistem Windows. Selain itu, software ini menawarkan pengaturan kustomisasi yang mudah untuk mengelola semua beban berat dan membantu dalam analisis setiap reboot yang tidak dapat diprediksi.

2. HWMonitor

HWMonitor adalah software pendingin yang canggih untuk memonitor suhu seluruh sistem komputer agan. HWMonitor akan menampilkan laporan suhu terperinci yang berkaitan dengan CPU, hard disk, dan motherboard. Software ini memonitor chip sensor inbuilt dan sensor thermal untuk memantau suhu sistem komputer. Tidak hanya memantau temperatur laptop dengan chip internal dan sensor suhu saja, namun juga memonitor suhu GPU dan S.M.A.R.T.

3. Core Temp

Core Temp adalah program yang bagus untuk memonitor suhu CPU. Software ini menghasilkan laporan rinci dari setiap core CPU dan pembacaan suhu terkait. Core Temp mendukung semua prosesor seri terbaru, sensor suhu, dan sebagian besar chip hardware. Selain itu, software ini menawarkan pilihan kustomisasi yang mudah, memungkinkan pengguna untuk menambahkan plugin dan add-on untuk memperluas fungsionalitas dari perangkat lunak.

Laporan yang dibuat oleh software ini didapat dari memonitor sistem di dalam inbuilt Digital Thermal Sensor dan memastikan bahwa pembacaan dari masing-masing sensor hampir 100% akurat. Software ini juga memungkinkan pengguna memonitor suhu secara real time dengan berbagai beban pada kinerja CPU. Core Temp dapat bekerja pada komputer dengan prosesor AMD, Intel, VIA x86, dan didukung oleh semua versi Windows.

4. CoolSense

Kalau agan pengguna laptop HP mungkin agan pernah melihat aplikasi CoolSense terpasang di laptop agan, tapi mungkin belum menyadari apa kegunaannya. CoolSense adalah fitur manajemen suhu perangkat laptop yang disematkan pada laptop HP. Software membantu menyesuaikan suhu CPU dengan menata penggunakan komponen strategis penyebab laptop panas, menyesuaikannya, lalu menekan penyebab panas dan menjaga laptop dalam kondisi wajar namun optimal.

Sekian ulasan singkat mengenai beberapa software yang berfungsi untuk mendinginkan suhu laptop yang overheat atau panas kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog yang sederhana ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...