Wednesday, 27 June 2018

Daftar Browser Internet Paling Aman (Android, Linux, MacOS, Windows)

Daftar Browser Internet Paling Aman (Android, Linux, MacOS, Windows)

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan referensi tentang beberapa browser internet paling aman dan manjamin kerahasiaan privasi untuk Android, Windows, dan Mac OS X.

Saya yakin pasti agan familiar dengan browser-browser seperti Google Chrome, Safari, dan Mozilla Firefox. Dari segi kinerja browser-browser tersebut sangat nyaman dan banyak fitur menarik. Bahkan dapat dipasang dengan banyak add ons yang bisa menambah keamanan browsing. Namun browser-browser tersebut menurut saya masih kurang dari segi keamanan karena belum tersedia fitur proxy secara built in.

Salah satu kegunaan dari proxy adalah untuk menjaga kerahasian dan mengenkripsi lalu lintas data kita sehingga keamanan privasi kita terjaga. Perbedaan dari browser reguler dan browser aman adalah bahwa browser yang aman dilengkapi dengan proxy secara built in sedangkan browser reguler tidak dibekali dengan proxy built ini.

Walaupun browser biasa bisa dipasangi dengan proxy dengan add ons atau software pihak ketiga, namun hal tersebut agak merepotkan karena harus mendownload dan menjalankan banyak program. Daripada agan harus repot-repot menginstal software VPN, akan lebih mudah kalau langsung menggunakan software yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan.

Karena sudah banyak para pengembang software browser yang sudah membekali produknya dengan fitur proxy untuk keamanan. Berikut ini sudah saya kumpulkan beberapa software browser yang paling aman dan sudah dilengkapi dengan fitur proxy.

Daftar Browser Internet Paling Aman


1. Epic Browser

Epic Browser mampu menonaktifkan script atau bagian dari suatu website yang dicurigai dapat membahayakan pengguna sehingga dapat meningkatkan keamanan agan. Epic Browser menjadi salah satu browser paling aman terbaik yang sudah dibekali proxy secara built in yang membuat agan selalu anonymous dan menyembunyikan lokasi agan. Browser ini menggunakan fitur DO NOT TRACK untuk mencegah privasi dan histori penjelajahan agan terlacak.
Download Epic Browser (Windows)
Download Epic Browser (Android)

2. SRWare Iron Browser

Browser ini sebenarnya basic nya dari Chromium, itulah kenapa tampilannya terlihat identik dengan Chrome. Perbedaan utama dari SRWare dan Chrome terletak pada keamanan datanya. Proxy yang sudah dibekalkan pada software ini akan mencegah situs untuk melacak data dan informasi agan sehingga privasi agan terjagan.
Download SRWare Iron Browser (Windows)
Download SRWare Iron Browser (Android)

3. Comodo Ice Dragon

Comodo Ice Dragon adalah browser internet aman yang sekaligus mampu melakukan pemindaian malware, DNS, SSL, dan validasi domain. Bukan hanya itu saja, browser ini juga mampu memblokir pelacakan, cookie, dan spyware. Sama seperti SRWare, Comodo Ice Dragon juga berbasis dari Firefox sehingga lebih user friendly.
Download Comodo Ice Dragon (Windows)

4. Avira Scout

Avira telah mengeluarkan browser berbasis Chromium yang mengutamakan pada keamanan dan privasi, browser ini adalah Avira Scout.  Browser ini mempunyai fitur keamanan yang luar biasa dan tidak perlu diragukan lagi. Karena sudah dibekali dengan fitur keamanan meliputi Avira Safe Browsing (yang memblokir situs phising yang terinfeksi virus),  Avira Safe Search, Secure WiFi (yang menerapkan HTTPS berdasarkan HTTPS Everywhere saat terhubung ke WiFi yang tidak aman), dan anti pelacakan.
Download Avira Scout (Windows)

5. Dooble Secure Browser

Double Secure Browser adalah software perambahan web yang mendukung Windows, Mac OS X, dan Linux. Browser ini menjanjikan pengalaman browsing yang aman dan anonymous. Jujur browser ini memang kurang nyaman karena mematikan Flash Player dan JavaScript, namun dengan dimatikannya dua komponen tersebut memang bisa membuat kita lebih aman.

Browser ini mempunyai fungsi dasar yang serupa dengan HTTPS Everywhere yang memaksa setiap permintaan HTTP dirubah ke HTTPS untuk mengenkripsi lalu lintas data. Selain itu iFrames dan cookie pihak ketiga juga diblokir

Ada beberapa opsi menarik yang diberikan oleh Dooble, yaitu riwayat penelusuran dan bookmark agan akan diubah menjadi bentuk teks yang tidak dapat dibaca (teks sandi) dan itulah cara untuk mengenkripsi semua preferensi.
Download Dooble Secure (Windows)
Download Dooble Secure (Linux)
Download Dooble Secure (MAC)

Selain dari 5 browser diatas, masih ada beberapa browser dengan keamanan terbaik, antara lain Tor Browser dan Brave Browser. Sekian pembahasan tentang beberapa browser terbaik kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon