U2FsdGVkX1+Cd3x+Yum2k+Q2ccYEBuPsyPlW+eN8gDwNRZmZSHUrykCc9KzxVbhZm9CaGpo44SQgbquHUtFpsw==
Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tutorial tentang cara kalibrasi baterai Android dengan dan tanpa root.

Baterai yang cepat habis adalah salah satu masalah terbesar bagi pengguna smartphone. Jika agan merasa bahwa performa dan daya tahan baterai menurun, inilah saatnya untuk melakukan kalibrasi ulang baterai. Kali ini saya akan menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai pada perangkat Android dan bagaimana melakukannya.

Salah satu tanda yang paling jelas adalah ketika baterai Android cepat habis atau tidak bisa di charge. Pengguna yang mengalami masalah ini mungkin berpikir kalau baterai atau smartphonenya yang rusak, saya sarankan untuk coba mengkalibrasi baterai dengan benar.

Sistem operasi Android memiliki pengaturan yang disebut Battery Stats yang menunjukkan kapasitas baterai saat kondisi penuh atau kosong. Masalahnya adalah terkadang Battery Stats rusak sehingga menampilkan data yang tidak benar, ini menyebabkan smartphone mati sebelum mencapai 0%. Proses kalibrasi baterai akan memperbaiki data tersebut.

Cara Kalibrasi Baterai Android


1. Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root


Cara #1

Pertama-tama kita harus memeriksa kapasitas baterai, yang dapat kita lihat pada baterai atau dengan mencari spesifikasinya di internet.

Instal aplikasi Current Widget: Battery Monitor 


Aplikasi ini akan menunjukkan daya baterai dalam milliamps (mAh). Charge smartphone agan selama waktu yang diperlukan sampai mencapai jumlah total milliampere sesuai spesifikasi baterai agan.

Ketika jumlah yang diperlukan sudah tercapai, matikan smartphone dan restart. Sekarang baterai sudah penuh 100% dan secara teori seharusnya tidak bermasalah lagi.

Cara #2

Isi penuh baterai dalam keadaan smartphone menyala, bila sudah terisi penuh cabut charger dan matikan smartphonenya.

Ketika smartphone agan mati, hubungkan ke charger dan biarkan terisi sampai 100% lagi. Lampu LED hijau menunjukkan kalau proses pengisian sudah selesai.

Langkah selanjutnya cabut charger, hidupkan smartphone dan atur layar smartphone agar terus menyala. Kemudian pasang kembali ke charger dan tunggu sampai terisi 100% lagi.

Setelah terisi 100%, cabut charger dan biarkan sampai smartphone mati sendiri setelah mencapai level baterai 0%. Setelah mati, isi lagi dalam keadaan smartphone mati sampai penuh. Selanjutnya hidupkan dan pengaturan layar dikembalikan pada settingan normal lagi.


2. Kalibrasi Baterai Android  Dengan Root


Cara #1

Pertama, instal aplikasi Battery Calibration.


Kemudian hubungkan perangkat agan dengan charger sampai baterai penuh 100%.

Setelah itu buka aplikasi Battery Calibration dan periksa jumlah 'mV' yang ada di sebelah persentase, akan terlihat bahwa indikator angkanya akan terus meningkat. Charge terus baterainya meskipun angkanya terus naik bahkan jika baterai sudah 100%.

Ketika angka berhenti naik dan baterai terisi 100%, tekan tombol Kalibrasi baterai kemudian restart. Level saat ini akan dicatat sebagai titik kapasitas maksimum dan data lama dihapus dari statistik baterai ketika data yang baru telah dibuat.

Cara #2

Masuk ke recovery mode pada Android agan dan arahkan ke advanced section di mana kita akan menemukan opsi "hapus statistik baterai". Ini akan menghapus kalibrasi yang sebelumnya dilakukan baik oleh pengguna atau ketika telah diinstal ROM.

Kedua, agan harus sepenuhnya menguras baterai kemudian menghubungkan smartphone ke charger. Pengisian harus dilakukan tanpa gangguan dengan keadaan mati.

Ketika mencapai 100%, hidupkan lagi tanpa mencabut charger kemudian buka aplikasi Battery Calibration. Klik tombol tengah, yang akan meminta izin SuperUser, klik accepted. Tak lama setelah itu akan muncul pesan yang mengatakan kalibrasi "berhasil". Tekan OK, lepaskan perangkat dari charger dan tutup aplikasi.

Demikian tutorial cara kalibrasi baterai dengan root dan tanpa root.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Baca Juga

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.
Loading...