Wednesday, 13 June 2018

Cara Kerja Jaringan Dark Web Atau Deep Web

Cara Kerja Jaringan Dark Web Atau Deep Web

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara kerja dari jaringan underground deep web atau dark web.

Kita setiap hari beraktivitas menggunakan internet, baik untuk bekerja, berkomunikasi, maupun mencari suatu informasi. Namun ada sisi lain internet, atau underground internet terdapat jaringan besar yang berisi situs-situs terenkripsi yang tidak bisa diakses dengan cara biasa. Jaringan tersebut populer dengan sebutan deep web atau dark web.

Seperti apa cara kerja jaringan deep web tersebut, dan bagaimana caranya agar selalu bisa beroperasi?  Untuk pembahasan lebih lengkap, simak artikel ini sampai selesai.


Cara Kerja Jaringan Dark Web Atau Deep Web

Jaringan dark web atau deep web memang lebih populer dengan reputasinya yang berisi para mafia jaringan narkoba, penjahat, para hacker pencuri data, dan para penjahat politik. Hai ini didukung dengan pemberitaan di blog dan YouTube yang lebih menonjolkan sisi negatifnya. Internet yang terenkripsi memang menjadi sarana yang sangat mendukung untuk aktivitas ilegal, namun sebenarnya jika dimanfaatkan dalam tujuan yang baik bisa sangat bermanfaatkan.

Istilah deep web atau "internet dalam" memang masih terdengar asing untuk kalangan orang awam. Deep web mengacu pada situs dan halaman yang tidak tersedia untuk masyarakat umum dan tidak diindeks oleh mesin pencari biasa, seperti situs intranet perusahaan, posting media sosial pribadi, dan halaman dengan tag pencarian nofollow. Karena memang perlu prosedur khusus untuk bisa mengaksesnya.

Website yang terenkrpsi sebenarnya tidak hanya deep web saja, karena banyak situs biasa yang juga terenkripsi lalulintas datanya. Website ini disebut dengan clearnet, yang biasa diakses oleh miliaran orang setiap hari, baik melalui desktop maupun seluler. Clearnet adalah sebutan untuk website yang lalulintas datanya sudah terlindungi dengan enkripsi SSL, misalnya pada website bank yang harus melindungi data sensitif seperti password kartu kredit selama transaksi.

Perbedaan antara clearnet dengan deep web atau dark web salah satunya adalah dari segi anonimitas. Pada clearnet, identitas kita masih jelas dan hanya lalulintas data kita yang terenkripsi. Sedangkan dalam deep web, identitas kita benar-benar menjadi anonymous dan tidak terlacak. Walaupun secara teknis, dalam dunia internet untuk benar-benar anonymous adalah suatu hal yang sulit dilakukan.

Karena alamat IP dari perangkat kita akan terus dicatat oleh server dan bisa ditelusuri. Bahkan ada cookies yang membantu browser dalam melacak kegiatan online kita.

Perbedaan yang paling menonjol adalah bahwa untuk mengakses deep web membutuhkan tool khusus seperti Tor. Saya sudah membahas secara lengkap cara mengakses deep web dalam artikel yang berjudul Cara Mengakses Deep Web Menggunakan Tor Broswer.

Tor adalah singkatan dari The Onion Router, yaitu sebuah alat yang keamanan open source yang dikembangkan untuk browser Mozilla Firefox versi khusus yang dapat berjalan pada sistem operasi Windows, OS X, dan Linux. Tor akan mengenkripsi lalulintas data lalu mencatat IP komputer dan menyambungkan dengan node jaringan Tor yang kompleks.

Layer onion membantu melindungi anonimitas pengguna dan memberikan akses ke situs web yang dilindungi. Situs-situs ini berkisar dari forum ke halaman wiki ke blog dan berfungsi seperti situs clearnet. Domain dark web sering menggunakan URL yang tidak beraturan (acak) dan menggunakan top level domain .onion. Situs-situs ini memblokir semua sumber lalu lintas masuk dari sumber internet yang tidak aman. Saya sudah mengumpulkan beberapa situs deep web dengan domain .onion, agan bisa melihatnya dalam artikek saya yang berjudul 47 Link Situs Deep Web Yang Berisi Konten Ilegal (Forbiden).

Dengan menggunakan Tor, komputer biasa pun bisa mengakses deep web. Namun jika komputer tersebut terdapat data-data penting maka riskan terjadi pencurian data. Kita tidak akan tahu situs mana saja yang aman atau yang sudah disusupi malware. Salah satu alternatifnya agan bisa menggunakan OS khusus yang boot melalui flashdisk. Yang paling saya rekomendasikan adalah Tails OS. Tails OS adalah distribusi Linux yang dapat diinstal dan dijalankan dari flashdisk portabel. Dengan mengakses Dark Web via Tails, agan akan lebih aman ketika mengakses deep web atau dark web.

Dark web banyak juga digunakan untuk kegiatan yang baik seperti enkripsi keamanan privasi, menyebarkan berita, platform website perusahaan, universitas, dan forum aktiivis. Departemen Luar Negeri AS membantu mendanai proyek Tor, dan menurut PBB enkripsi keamanan privasi adalah hak asasi manusia yang fundamental. Bahkan sosial media sudah ada yang menggunakan deep web, misalnya Facebook versi deep web.

Deep web adalah sebuah media yang seperti pedang bermata dua. Secara global bisa sangat bermanfaat untuk menjadi alat menjaga privasi yang bagus, namun disisi lain bisa menjadi wadah kejahatan skala besar yang tidak bisa kita bayangkan. Sudah banyak kasus-kasus besar yang menyangkut nama deep web, misalnya kasus perdagangan narkotika besar Silk Road.

Walaupun deep web tidak sepenuhnya berbahaya, namun saat kita mengaksesnya setidaknya kita harus sudah menyediakan perisai keamanan dan harus tau sedikit-sedikit tentang keamanan sisten internet. Karena dalam deep web atau dark web tidak ada filter yang menyaring konten website aman dan tidak aman. Untuk mempelajarinya, agan bisa membaca artikel-artikel saya dengan kategori Security.

Sekian pembahasan tentang cara kerja dari jaringan underground deep web atau dark web kali ini.
Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon