Sunday, 10 June 2018

10 Film Tentang Hacking Atau Hacker Terbaik 2018

10 Film Tentang Hacking Atau Hacker Terbaik 2018

Hai minna-san, jumpa lagi di Indo Blogger.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa film bagus yang mengisahkan tentang seorang hacker atau seputar dunia hacking.

Saat ini adalah era teknologi dimana smartphone, komputer, dan internet menjadi pusatnya. Bagi agan yang menyukai dunia teknologi akan selalu menarik jika membicarakan seputar para hacker dan dunia hacking. Hacker adalah seseorang yang bisa melakukan banyak hal tanpa diketahui dengan berbekal perangkat komputer dan sejenisnya. Menyerang sistem tertentu, melakukan protes, dan ada yang melakukan kejahatan.

Dengan begitu, hacker menjadi sesuatu yang sangat menarik karena kemampuannya yang jenius dan identitasnya yang rata-rata masih menjadi misteri. Berbekal dari ketertarikan orang-orang terhadap dunia hacking, akhirnya banyak produser film yang membuat film tentang hacker. Dan ternyata antusiasme masyarakat sangat bagus, hingga bermunculan film-film baru tentang hacking.

Nah dibawah ini akan saya suguhkan beberapa film terbaik yang mengangakat cerita seputar hacker dan dunia hacking. Namun dalam film tersebut terdapat beberapa adegan dan istilah yang mungkin bagi orang awam susah dipahami. Untuk itu agan bisa membaca dulu artikel saya tentang hacking dan security agar lebih mudah memahami jalan cerita film tersebut.

Film Tentang Hacking Atau Hacker Terbaik


1. War Games 



Jika agan baru mengenal genre film tentang hacker, agan bisa mulai dengan menonton fil War Games. Film yang dirilis tahun 1983 ini menciptakan animo yang besar pada masyarakat dan membentuk opini publik tentang hacker. WarGames, yang dibintangi Matthew Broderick, Ally Sheedy, dan John Wood, menampilkan seorang hacker muda yang menemukan backdoor di komputer pusat militer dan semuanya berubah secara mengejutkan. Agam bisa menontonnya langsung agar bisa merasakan sensasi yang mendebarkan dari film ini.

2. BlackHat 



Film WarGames memang menggambarkan tentang peristiwa hacking jaman dahulu, namun untuk film BlackHat saya yakin tidak akan mengecewakan agan karena sudah termasuk modern. Film ini menampilkan Chris "Thor" Hemsworth yang ikut menjalankan misi gabungan antara Amerika dan China untuk melacak jaringan cybercrime kelas kakap di dunia. Karakter utama dalam film ini mengalami lumpuh fisiknya, membuat film ini semakin menarik.

3. Ghost In The Shell 



Berdasarkan manga dengan judul yang sama, Ghost In The Shell adalah film anime fiksi ilmiah yang populer. Anime ini menceritakan seorang polisi wanita cyborg dan rekannya dalam memburu hacker tangguh bernama Puppet Master. Dianggap sebagai salah satu film anime terbaik sepanjang masa, anime ini menunjukkan hal yang menarik tentang dunia hacking dan dilengkapi dengan tema filosofis yang kental. Disutradarai oleh Mamoru Oshii, Ghost In The Shell adalah anime yang diproduksi dengan kerjasama Jepang dan Inggris. Pada tahun 2017, film ini mendapatkan remake live-action yang menampilkan aktris Scarlett Johansson.

4. The Girl With the Dragon Tattoo



Jika agan ingin menonton film hacking dengan kisah mencekam yang juga menampilkan detail teknis, tonton saja film The Girl With the Dragon Tattoo. Awalnya film ini diproduksi di Swedia, film ini memperkenalkan Lisbeth Salander (diperankan oleh Noomi Repace) sebagai penyelidik yang bermasalah dan seorang hacking komputer. Untuk film versi remake Hollywood, menampilkan Rooney Mara untuk peran Salander. Dia juga mendapat nominasi Academy Award sebagai Aktris Terbaik. Salander disewa oleh wartawan Mikael Blomkvist untuk menyelidiki pembunuhan yang dicurigai.

5. Who Am I: No System Is Safe



Who Am I: No System Is Safe adalah film hacking asal Jerman yang disutradarai oleh Baran bo Odar. Seringkali dibandingkan dengan Fight Club dan Mr. Robot, film ini mendapatkan ketenaran secara global dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat dengan dunia hacking. Film ini diawali dengan wawancara dengan seorang hacker di ruang interogasi yang menceritakan tentang perjalanannya. Film ini dikenal karena menggabarkan IRC, darknet, dan lain sebagainya dengan penggambaran orang-orang underground bertopeng. Jika agan menyukai alur cerita yang penuh kejutan, jangan lewatkan Who Am I karena mempunyai banyak sekali kejutan.

6. The Matrix 



Jika kita membahas tentang daftar film tentang hacker terbaik, kita tidak dapat melupakan film The Matrix. Film ini menampilkan Keanu Reeves menjadi bintang dengan peran sebagai Neo. Dia menjalani kehidupan dua kehidupan sekaligus. Di dunia underground dia adalah hacker, sedangkan dikehidupan sehari-hari dia adalah seorang programmer komputer biasa. Neo terbiasa mempertanyakan realitas di sekitarnya dan mencari seorang hacker misterius bernama Morpheus.

7. Sneakers 



Sneakers adalah film hacking yang sering diabaikan, namun sebenarnya layak mendapat perhatian lebih karena membahas pentingnya pengawasan pemerintah untuk menekan risiko kejahatan cyber. Film ini berkisah tentang sekelompok pakar sistem keamanan, yang pemimpinnya diperas oleh agen pemerintah untuk mencuri perangkat dekripsi canggih. Selama runtime, Sneakers berfokus pada yurisdiksi FBI, CIA, dan NSA.

8. Hackers 



Hackers adalah film yang tentang keamanan komputer yang rilis tahun 90-an ketika negara Amerika Serikat mulai menggunakan komputer secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Film ini menceritakan kisah “Zero Cool”, seseorang yang membuat virus yang sangat berbahaya pada usia 11 tahun yang menyebabkan crash bursa saham terbesar dalam sejarah. Akibatnya, ia secara hukum dilarang menggunakan komputer sampai usia 18 tahun. Setelah pelarangannya dicabut, ada cerita menarik dalam film ini yang wajib ditonton.

9. Office Space 



Office Space bukan sepenuhnya film hacking karena hanya menampilkan tentang hacking dalam jumlah kecil. Meskipun itu hanya dalam bagian kecil namun penting. Proses hacking yang ditampilkan dalam film ini menggunakan teknik hacking yang real. Jangan lewatkan film klasik ini.

10. Live Free or Die Hard 



Live Free or Die Hard adalah film yang menyenangkan untuk ditonton dengan banyak action dan komedi. Sebelum agan mulai menonton film ini, saya akan memberi tahu agan bahwa jangan terlalu berharap dengan teknik hacking yang real dan mungkin terjadi didunia nyata. Dalam film hacking ini, para hacker berperan sebagai penjahat dan mereka mampu melakukan hampir semua hal dengan keterampilan mereka. Sekali lagi, tontonlah untuk hiburan semata.

Sekian pembahasan tentang beberapa film bagus yang mengisahkan tentang seorang hacker atau seputar dunia hacking kali ini.

Pantau terus blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya.
Agan juga bisa request artikel melalui form yang sudah tersedia di panel blog.
Terimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Saya adalah seorang mekanik permesinan yang mempunyai hobi menulis.

2 komentar

Keren. Tapi masih ada loh 1 film hacker yang paling ane sukai yaitu Mr.Robot. Kenapa tidak masuk list min? :)

Jujur saya baru mendengar nama tersebut gan, jadi kemarin gak saya masukan ke list hehe. Nanti akan saya tambahkan. Terimakasih masukannya.

Komentar bebas tapi sopan. Jangan menyinggung SARA ya gan....
EmoticonEmoticon